Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

Melalui program Jakpreneur, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan platform untuk memfasilitasi serta kolaborasi dalam pengembangan ekosistem kewirausahaan untuk ranah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pemprov DKI Jakarta pun terus berusaha mengembangakan program ini agar semakin mampu mewadahi para UMKM di Ibu Kota termasuk dari sisi kualitasnya. Hal ini terlihat dalam perjanjian kerjasama yang baru-baru ini digelar dengan empat perguruan tinggi di Jakarta terkait agenda pelaksanaan pengembangan kewirausahaan terpadu.

Empat perguruan tinggi yang digandeng Pemprov DKI Jakarta adalah Perbanas Institute, Universitas Persada Indonesia YAI, Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan Universitas Prof. Dr. Hamka atau UHAMKA. Di mana Pemprov DKI Jakarta yang diwakili Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) bertemu dengan para rektor empat perguruan tinggi tersebut pada 23 Februari 2021 di Ruang Serbagunan Dinas PPKUKM di Jakarta Utara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi.jpg

Berdasarkan penjelasan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Andri Yansyah, terdapat empat tujuan dari program kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dan empat perguruan tinggi tersebut. Di mana hal ini sejalan dengan misi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama periode kepemimpinannya di tahun 2017-2022.

“Kegiatan ini bertujuan agar dapat: (1) Menumbuhkembangkan potensi kewirausahaan dengan mendorong dan memfasilitasi penciptaan wirausaha di Provinsi DKI Jakarta (2) Meningkatkan kualitas dan pendayagunaan sumber daya manusia sebagai wirausaha melalui pemanfaatan teknologi dan sumber daya lokal agar memiliki keunggulan kompetitif bagi penguatan ekonomi Provinsi DKI Jakarta; (3) Mengurangi penggangguran dan kemiskinan melalui peningkatan kesempatan berwirausaha; dan (4) Meningkatkan jumlah wirausaha yang mandiri, berkualitas, tangguh, dan handal melalui pengembangan skala usaha produktif, baik yang dikelola perorangan maupun kelompok,” papar Andri sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman ppid.jakarta.go.id (23/2/2021).

[Baca Juga: Warga Kecamatan Gambir Ikut Program Kewirausahaan]

Dari sisi jumlah wirausaha yang telah bergabung dalam program Jakpreneur, Andri menyebut sudah ada 226.280 yang tergabung hingga tahun 2020 dengan 33.482 di antaranya yang telah memiliki perizinan. Melalui perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi tersebut dalam Jakpreneur, Pemprov DKI Jakarta juga menyimpan harapannya terkait pertumbuhan ekonomi di masa pandemi hingga menekan angka pengangguran di Ibu Kota. Karena berdasarkan data dari BPS Provinsi DKI Jakarta hingga Agustus 2020, angka pengangguran di wilayahnya sudah menyentuh angka 572.780 orang.

“Selain sebagai wadah bagi peserta Jakpreneur, kami juga berharap melalui kegiatan ini dapat mengurangi pengangguran dan pengentasan kemiskinan, serta membantu menggerakkan roda perekonomian pelaku UMKM,” imbuh Plt Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta itu.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM.jpg

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.