Perkuat Posisi di Pasar e-commerce B2B, Warung Pintar Akusisi Bizzy Digita l.jpg

Bisnis

Perkuat Posisi di Pasar e-commerce B2B, Warung Pintar Akusisi Bizzy Digital

Perusahaan Warung Pintar yang berfokus dalam ranah bisnis mikro-ritel tampaknya ingin semakin menguatkan posisinya di pasar e-commerce business to business (B2B) di Tanah Air. Ini terlihat dengan langkah perusahaan teknologi tersebut yang baru-baru ini mengumumkan pengakusisian platform logistik serta distribusi rantai B2B Bizzy Digital. Dengan akusisi ini maka Warung Pintar siap untuk bekerjasama dengan 600 brand sekaligus melayani ratusan ribu pengusaha retail yang tersebar di 65 kota di Indonesia.

Langkah akusisi ini disinyalir sejalan dengan perkembangan dari pasar e-commerce B2B di Indonesia dan diperkirakan dapat tumbuh hingga tiga kali lipat bila dibandingkan pasar Business to Consumer atau B2C. Di mana keputusan ini diambil Warung Pintar untuk membantu proses pendekatan distribusi antara pelanggan serta produsen.

Perkuat Posisi di Pasar e-commerce B2B, Warung Pintar Akusisi Bizzy Digital.jpg

“Lewat akuisisi ini kami berharap untuk mengubah pendekatan distribusi berbasis platform digital di lapangan, yang saat ini sangat bergantung pada promosi dan diskon sebagai motor akusisi pelanggan. Pendekatan promosi dan diskon ini yang tidak disukai oleh para produsen FMCG (fast-moving consumer goods). Kehadiran Bizzy Digital di ekosistem Warung Pintar membuat kami bisa memberikan jaminan keandalan distribusi, ketersediaan produk, dan harga yang fair dengan bekerja berdampingan bersama distributor brand,” ungkap Cofounder sekaligus CEO Warung Pintar Agung Bezharie, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (24/2/2021).

Warung Pintar yang berdiri pada 2017 fokus pada mikro-retail dengan berusaha mendorong warung sebagai retail tradisional ke arah digital. Hal ini tak terlepas dari data yang mengungkapkan bahwa warung sebenarnya memiliki kontribusi hingga 70 persen transaksi retail di Indonesia. Hingga akhir tahun lalu, Warung Pintar telah berhasil menggandeng lebih dari 100.000 pemilik warung yang tersebar di 35 kota/kabupaten di Indonesia. Perusahaan yang mendapatkan suntikan dana dari East Ventures ini mengklaim telah berhasil membantu meningkatkan pendapatan harian pemilik warung yang bergabung menjadi penggunanya hingga 20-34 persen.

[Baca Juga: Permudah Logistik untuk Penggunanya, Warung Pintar Luncurkan Grosir Pintar]

Sedangkan Bizzy Digital sendiri fokus dalam peningkatan efisiensi rantai distribusi dengan platform yang menghubungkan brand serta distributor. Dengan akusisi dari Warung Pintar, Bizzy Digital pun sudah memiliki rencana bagaimana langkah pengembangan selanjutnya terhadap platform mereka serta hubungannya dengan brand dan distributor yang sudah digandengnya.

“Setelah bergabungnya Bizzy Digital sebagai bagian dari Warung Pintar, tidak ada satupun pemain lain di industri yang terintegrasi dari hulu ke hilir seperti kami. Akuisisi ini membuat kami bisa menawarkan brand dan distributor strategi yang bertumpu kepada data (data-driven) dengan berbagai nilai tambah, yang fleksibel untuk dikembangkan lebih besar (at scale),” imbuh CEO Bizzy Digital Andrew Mawikere.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.