Perlahan Tapi Pasti, Kasus COVID-19 di Jakarta Kembali Meningkat.jpg

Kesehatan

Perlahan Tapi Pasti, Kasus COVID-19 di Jakarta Kembali Meningkat

Saat ini tak bisa dipungkiri bahwa masyarakat di Tanah Air sudah semakin terbuai dengan kondisi pandemi yang diarahkan menjadi endemi. Di mana saat ini hampir semua aspek aktivitas berjalan dengan normal bahkan tak sedikit masyarakat yang sudah enggan menggunakan masker, baik itu ketika di dalam dan luar ruangan. Dampak dari kelonggaran serta kelengahan ini pun lambat laun sudah mulai terlihat di Ibu Kota. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat telah terjadi peningkatan kembali kasus COVID-19 di wilayahnya selama beberapa pekan terakhir.

Kabar ini disampaikan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan yang memberikan laporan tren kasus COVID-19 di Ibu Kota. Berdasarkan penjelasan dari Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta Dwi Oktavia, telah terjadi peningkatan kasus yang terjadi pada periode 16 Mei-12 Juni 2022. Di mana ini diawali dengan penemuan kasus COVID-19 di Ibu Kota ada 616 kasus, lalu meningkat lagi di pekan selanjutnya dengan 782 kasus. Tak berhenti sampai di sana saja, peningkatan kasus kembali terjadi di pekan ketiga dengan temuan 1.165 kasus dan terakhir hampir menyentuh 2.000 kasus, yakni di angka 1.940 kasus.

Perlahan Tapi Pasti, Kasus COVID-19 di Jakarta Kembali Meningka t.jpg

“Data sementara saat ini menunjukkan tren kenaikan kasus positif terjadi pada seluruh kelompok usia, termasuk kelompok anak, baik yang berusia kurang dari 6 tahun (belum divaksinasi) maupun usia 6-18 tahun. Walaupun terjadi peningkatan kasus COVID-19, tetapi tidak terjadi peningkatan persentase kematian yang disebabkan COVID-19 selama 1 pekan terakhir,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman ppid.jakarta.go.id (14/6/2022).

Peningkatan kasus ini disinyalir terjadi akibat dari mobilitas masyarakat yang dilakukan seperti sebelum pandemi dan ditambah dengan pelonggaran protokol kesehatan. Faktor selanjutnya dipicu oleh masyarakat yang telah divaksinasi sebanyak dua kali telah turun antibodinya dan belum mendapatkan atau menunda menerima vaksinasi booster. Oleh karena itulah Dwi meminta warga Ibu Kota untuk menyegerakan mendapatkan suntikan vaksis dosis ketiga bagi yang belum.

[Baca Juga: Kasus Aktif COVID-19 di DKI Jakarta Terhitung Ada 27.977]

Peningkatan kasus COVID-19 di Ibu Kota ini datang bersamaan dengan pengumuman Kementerian Kesehatan terkait munculnya subvarian baru dari Omicron jenis BA.4 dan BA.5. Sebagaimana dilansir dari Sehatnegeriku.Kemkes.go.id (10/6/2022), subvarian ini transmisinya lebih cepat dibandingkan Omicron BA.1 dan BA.2, tapi dari sisi gejalanya untuk saat ini disebut tidak lebih parah dibandingkan varian Omicron lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.