Autoimun.jpg

Kesehatan

Perlu Kesadaran Agar Penyakit Autoimun dapat Terdiagnosis Sejak Awal

Kesadaran masyarakat terhadap penyakit autoimun saat ini masih rendah karena gejalanya yang bervariasi dan menyerupai beragam penyakit lainnya.

Diperkirakan ada 16 ribu kasus baru penyakit autoimun lupus setiap tahunnya di seluruh dunia. Hal ini bersumber dari data The Lupus Foundation of America.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Stevent Sumantri menyebutkan penyakit autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang tubuh sendiri karena tidak dapat membedakan antara sel asing dan sel tubuh sendiri.

“Sistem kekebalan tubuh salah mengira bagian tubuh sendiri, seperti persendian atau kulit, sebagai benda asing dan melepaskan protein yang disebut autoantibodies untuk menyerang sel-sel sehat,” katanya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Stevent Sumantri.jpg

Saat ini ada lebih dari 150 jenis penyakit autoimun yang diketahui. Hal ini ditandai dengan munculnya gejala-gejala umum seperti kelelahan, otot pegal, bengkak dan kemerahan, demam ringan, mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki, rambut rontok, serta ruam kulit.

Dosen kedokteran ini memaparkan bahwa penyakit autoimun dapat menyebabkan timbulnya penyakit lainnya. Bahkan berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik dan tepat.

“Namun pasiennya dapat menjalani hidup dengan baik dan nyaman jika terdiagnosis sejak awal serta mendapatkan perawatan yang tepat secara konsisten.”

Puteri Indonesia 2009 Qory Sandioriva menceritakan pengalaman pribadinya terkait penyakit autoimun yang dia derita sejak usia 16 tahun.

“Dulunya saya sering beraktivitas olahraga di luar rumah. Tiba-tiba mengalami sakit kepala hebat, sering pingsan dan badan terasa mudah kelelahan bahkan sesak nafas,” kisahnya di seminar virtual DBS eTalk Series yang bertema “Autoimmune Won’t Keep You Apart: Living Well with Loved Ones“ di Jakarta.

Qory Sandioriva.jpg

“Saat itu dokter mendiagnosa saya menderita darah rendah. Tetapi hasil laboratorium menunjukkan hasil yang normal. Saat dinobatkan sebagai Puteri Indonesia di usia 17 tahun, kondisi saya memburuk dengan gejala seperti kulit terasa perih, ngilu sendi dan tulang, otot dan saraf kaku hingga saya mengalami koma selama 3-4 hari,” ujarnya.

Duta Autoimmune Indonesia ini melanjutkan,”Berat badan pun turun drastis sebanyak 10 kilogram. Setelah beberapa kali salah diagnosis, seperti thypus, demam berdarah, akhirnya salah satu dokter menyatakan saya terkena systemic lupus erythematosus tahap awal atau early lupus.”

Qory merasakan bagaimana tiga organ yang masih dalam tahap penyembuhan bertambah menjadi tujuh organ. Penyakit autoimun tersebut kembali muncul akibat terpapar COVID-19 pada pertengahan 2021 lalu.

[Baca Juga: Inilah Tanda dan Gejala Awal Terkena Penyakit Autoimun]

Seminar virtual DBS eTalk Series ini merupakan bagian dari peluncuran produk asuransi terbaru MiEarly Critical Protection (MiECP). Produk ini menyediakan perlindungan pertanggungan terhadap 65 penyakit kritis yang didiagnosis di tahap awal, dan pertanggungan terhadap hingga 85 penyakit kritis di tahap akhir.

Produk ini memiliki fitur unik dan terbaru Power Reset, di mana nasabah dapat memperbaharui uang pertanggungan menjadi 100 persen setelah klaim pertama di tahap awal penyakit kritis atau setelah klaim perawatan di ICU. Para nasabah akan mendapatkan perlindungan kesehatan yang optimal, termasuk penyakit autoimun.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.