Ini Alasan Mantan Pembalap F1 Memilih Berkarir di Formula E

Berita Kawasan

Perlukah Formula E Digelar ditengah Wabah Corona?

Virus Corona yang melanda Indonesia akhir-akhir ini membuat situasi di wilayah ibu kota menjadi terganggu. Beberapa event yang sedianya berlangsung pada bulan Maret 2020 terancam tidak dapat digelar akibat wabah virus tersebut.

Sampai saat ini, sudah ada tiga event internasional yang ditangguhkan jadwalnya oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) DKI Jakarta seperti konser Head in the Clouds, konser Babymetal, dan Foals Live in Jakarta.

[Baca Juga: OC Formula E Jakarta Sukses Uji Coba Bongkar Pasang Aspal di Monas]

Selain nama-nama tersebut, ada lebih dari enam artis musik yang juga membatalkan konsernya di Jakarta menyusul merebaknya wabah Virus Corona. Mereka adalah DJ Khalid, Ari Lennox, Stormzy, Lacuna Coil, dan Vulvodynia.

Penangguhan beberapa event internasional yang dilakukan Pemprov DKI itu pun mendapat kritikan dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta. Menurut Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo, seharusnya peninjauan tidak hanya terbatas pada kegiatan yang digelar oleh pihak swasta, tapi juga kegiatan yang diselenggarakan pemerintah termasuk gelaran Formula E Jakarta 2020.

Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata

“Pemprov harus bersikap adil, berkaca dan menjadi contoh. Kegiatan milik pemerintah yang melibatkan kerumunan seperti Formula E harusnya menjadi yang pertama yang ditangguhkan izinnya,” ujar Anggara.

Ia pun berharap Pemprov DKI mengikuti jejak negara lain yang juga membatalkan event internasional akibat tingginya risiko penyebaran virus Corona. Seperti diketahui pada event seperti MotoGP Thailand, MotoGP Qatar, Grand Prix Formula 1 Cina dan Formula E Sanya Cina batal diadakan.

Bahkan penyelenggaraan olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo, Jepang pun dipertimbangkan untuk tidak diselenggarakan tahun ini akibat wabah Corona.

Panpel Formula E Prioritaskan Keselamatan Publik

Sementara itu, Panitia Pelaksana Formula E Jakarta masih menunggu arahan terkait digelarnya ajang balap listrik tersebut ditengah ancaman Virus Corona. Apalagi penyelenggaraannya terhitung masih tiga bulan lagi dari sekarang.

Direktur Komunikasi Operational Committee (OC) Jakarta E-Prix, Felicia Idama pun telah berkoordinasi dengan Formula E Operations untuk terus memantau perkembangan situasi terlebih dulu.

"Yang jelas kami mengutamakan keselamatan orang banyak sambil menunggu dan berharap korban virus corona bisa sembuh dengan perawatan yang baik dan perkembangannya bisa positif," ujar Felicia.

[Baca Juga: Ilmuwan dari HKUST Temukan Formula untuk Lawan Virus Corona]

Untuk diketahui, Formula E Jakarta akan digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada 6 Juni 2020.Untuk menggelar event ini, Pemprov DKI pun harus menggelontorkan sekitar Rp1,3 triliun. Dari angka tersebut, sekitar Rp360 miliar dikeluarkan untuk pembayaran commitment fee sementara sisanya untuk biaya penyelenggaraan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.