Perlukah Orang Tua Mendidik Anak Berdasarkan Pancasila

Pendidikan

Perlukah Orang Tua Mendidik Anak Berdasarkan Pancasila?

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila jatuh pada tanggal 1 Oktober. Pada tahun ini, peringatan Hari Pancasila mengambil tema Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia. Sebagai warga negara, kita patut menjadikan Pancasila sebagai salah satu semangat dan nilai dasar kehidupan berbangsa.

Nilai yang dikandung pancasila merupakan nilai baik yang digunakan sebagai dasar dan ideologi maupun falsafah negara. Pancasila merupakan rumusan untuk membentuk negara yang utuh dan tentunya bisa diaplikasikan ke kehidupan pribadi.

Sejauh ini, masyarakat masih mencari formula pasti bagaimana caranya Pancasila bisa jadi dasar membentuk karakter generasi muda agar mampu mengerti dan diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari agar membentuk karakter yang sesuai dengan karakter bangsa.

Perlukah Orang Tua Mendidik Anak Berdasarkan Pancasila

Lalu, apakan pendidikan yang berdasarkan Pancasila diperlukan?

Melansir dari tirto.id (1/10/2019) pengamat pendidikan Doni Koesoema menyebutkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ingin menyempurnakan pendidikan Pancasila sangat diperlukan karena selama tiga tahun terakhir, implementasi nilai pancasila sudah muat dikuatkan kembali melalui Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

[Baca Juga: Pendidikan Karakter Perlu Tekankan Nilai-Nilai Pancasila]

Menurut penelitian yang dilakukan Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Y. CH. Nany S dengan judul Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini menyebutkan, selain mendidik di rumah, orangtua juga harus memasukkan anaknya pada lembaga sekolah mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) agar mendapatkan nilai-nilai Pancasila yang lebih variatif. Serta, anak bisa menanamkan nilai pancasila dan memahami betul nilai yang diberikan.

Pengajaran nilai pancasila terhadap anak tentu memiliki tujuan seperti, munculnya dampak positif yang berkembang seperti akan pikiran, akhlak, dan kemampuan sosial, mempersiapkan agar tumbuh menjadi anak yang bermoral yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang diharapkan bangsa, dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Mendalami Sejarah Perjuangan Indonesia Pertahankan Pancasila]

Sebagai orangtua, Anda bisa mengajak dan memulai membantu mendidik anak untuk pendidikan karakter dengan cara yang menyenangkan, misalnya permainan yang mendidik, mendatangi atau pun memperingati hari-hari besar nasional maupun keagamaan, mengunjungi tempat bersejarah, menyanyikan lagu, mengikuti upacara bendera, mengajak berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat seperti gotong royong, lomba 17 Agustus, dan lain sebagainya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.