Perlukah Orang Tua Mendidik Anak Berdasarkan Pancasila

Pendidikan

Perlukah Orang Tua Mendidik Anak Berdasarkan Pancasila?

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila jatuh pada tanggal 1 Oktober. Pada tahun ini, peringatan Hari Pancasila mengambil tema Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia. Sebagai warga negara, kita patut menjadikan Pancasila sebagai salah satu semangat dan nilai dasar kehidupan berbangsa.

Nilai yang dikandung pancasila merupakan nilai baik yang digunakan sebagai dasar dan ideologi maupun falsafah negara. Pancasila merupakan rumusan untuk membentuk negara yang utuh dan tentunya bisa diaplikasikan ke kehidupan pribadi.

Sejauh ini, masyarakat masih mencari formula pasti bagaimana caranya Pancasila bisa jadi dasar membentuk karakter generasi muda agar mampu mengerti dan diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari agar membentuk karakter yang sesuai dengan karakter bangsa.

Perlukah Orang Tua Mendidik Anak Berdasarkan Pancasila

Lalu, apakan pendidikan yang berdasarkan Pancasila diperlukan?

Melansir dari tirto.id (1/10/2019) pengamat pendidikan Doni Koesoema menyebutkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ingin menyempurnakan pendidikan Pancasila sangat diperlukan karena selama tiga tahun terakhir, implementasi nilai pancasila sudah muat dikuatkan kembali melalui Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

[Baca Juga: Pendidikan Karakter Perlu Tekankan Nilai-Nilai Pancasila]

Menurut penelitian yang dilakukan Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Y. CH. Nany S dengan judul Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini menyebutkan, selain mendidik di rumah, orangtua juga harus memasukkan anaknya pada lembaga sekolah mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) agar mendapatkan nilai-nilai Pancasila yang lebih variatif. Serta, anak bisa menanamkan nilai pancasila dan memahami betul nilai yang diberikan.

Pengajaran nilai pancasila terhadap anak tentu memiliki tujuan seperti, munculnya dampak positif yang berkembang seperti akan pikiran, akhlak, dan kemampuan sosial, mempersiapkan agar tumbuh menjadi anak yang bermoral yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang diharapkan bangsa, dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Mendalami Sejarah Perjuangan Indonesia Pertahankan Pancasila]

Sebagai orangtua, Anda bisa mengajak dan memulai membantu mendidik anak untuk pendidikan karakter dengan cara yang menyenangkan, misalnya permainan yang mendidik, mendatangi atau pun memperingati hari-hari besar nasional maupun keagamaan, mengunjungi tempat bersejarah, menyanyikan lagu, mengikuti upacara bendera, mengajak berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat seperti gotong royong, lomba 17 Agustus, dan lain sebagainya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.