106551480_l.jpg

Pendidikan

Permainan Edukatif Untuk Anak Selama Masa New Normal

Di masa tatanan kehidupan baru, kegiatan belajar mengajar di sekolah kini dilakukan secara online untuk memperlambat penyebaran virus COVID-19. Si kecil tidak lagi belajar di kelas, dan bertemu dengan guru maupun teman-temannya secara tatap muka.

Meskipun adanya physical distancing, anak-anak dapat terus belajar dengan asyik di rumah bersama orang tua. Belajar dapat dilakukan dengan permainan agar menghibur si kecil dan menghindarinya dari perasaan bosan. Pada artikel kali ini, PingPoint.co.id akan memberikan beberapa ide untuk bersenang-senang dengan permainan yang edukatif.

  • Berburu Bentuk

Anak-anak menyukai permainan yang menantang. Maka, permainan berburu cocok untuk meningkatkan semangat si kecil untuk belajar. Orang tua dapat meminta si kecil untuk mencari benda-benda di rumah yang memiliki bentuk tertentu.

Permainan ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menggambar bentuk seperti lingkaran, bujur sangkar, persegi panjang, dan segitiga di kertas, kemudian kertas tersebut dilipat kecil. Kertas yang sudah dilipat dimasukan kedalam toples dan dikocok agar kertas tercampur.

Mintalah si kecil untuk mengambil kertas secara acak dari toples tersebut, kemudian mulai lakukan perburuan pada benda-benda yang memiliki bentuk yang sama seperti gambar dalam kertas yang dipilih. Untuk menghindari rumah menjadi berantakan, berikan ponsel berkamera untuk si kecil memfoto hasil temuannya.

  • Bermain Ular Tangga

Permainan Edukatif Untuk Anak Selama Masa New Normal

Permainan ular tangga merupakan permainan yang menyenangkan sekaligus menghibur bagi si kecil. Selain itu, permainan ini dapat membantu melatih kemampuan berhitung. Hal ini dikarenakan jumlah langkah dalam permainan ular tangga ditentukan berdasarkan dadu yang keluar setelah dilempar. Mintalah si kecil untuk melemparkan dua dadu dan menambahkan angka-angka yang keluar. Kemudian, minta si kecil untuk melangkah sesuai dengan jumlah tersebut

  • Tebak Kata

Permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan literasi berupa pengetahuan kosa kata. Permainan ini dapat dilakukan dengan menuliskan kata-kata yang mudah dan sulit dalam potongan-potongan kertas.

Kemudian, mencampurkan potongan kertas secara acak. Lalu, mintalah anak untuk mengambil kertas tersebut dan memperagakannya di depan orang tua. Orang tua yang tidak mengetahui kata apa yang diambil oleh si kecil, harus menebak kata tersebut melalui gerakan yang dilakukan si kecil. Lakukanlah hal ini secara bergantian.

  • Kata Berima

Permainan kata berima juga dapat membantu memperkaya kosa kata si kecil. Permainan ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan musik sebagai salah satu media hiburan bagi si kecil. Lakukan permainan dengan menentukan satu kata. Kemudian, orang tua dan anak berkumpul membentuk lingkaran dan memutar musik.

Setelah itu, lakukan pengoperan bola selama musik dimainkan. Apabila musik berhenti, maka orang terakhir yang memegang bola harus mengucapkan satu kata yang berirama dengan kata yang telah ditentukan diawal. Permainan ini juga melatih anak untuk memahami instruksi dengan baik.

Permainan Edukatif Untuk Anak Selama Masa New Normal

Pembelajaran menggunakan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan membuat si kecil bergerak secara aktif dan menikmati belajar di rumah. Sehingga ketika sekolah dibuka nanti, si kecil akan kembali ke ruang kelas dengan kenangan indah dan pikiran yang segar. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.


Comments


Please Login to leave a comment.