Permainan Olahraga Tradisional Lari Balok populer di 17an

Berita Kawasan

Permainan Olahraga Tradisional Lari Balok Populer di 17an

Di era sekarang, memang tak bisa dipungkiri jarang sekali anak-anak memainkan permainan tradisional seperti bermain egrang, galasin, dan lain-lain. Dengan terus berkembangnya teknologi, permainan tradisional sudah semakin tertinggal. Namun, dalam rangka melestarikan permainan tradisional yang juga termasuk olahraga tradisional, berbagai kejuaraan atau lomba baik dari tingkat Provinsi maupun Nasional masih tetap diselenggarakan, termasuk dalam perayaan 17an.

Salah satu permainan olahraga tradisional yang cukup menarik adalah lari balok. Lari balok juga biasanya sering dilombakan pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau 17an. Olahraga tradisional ini memiliki karakter permainan yang menyenangkan sekaligus mendidik. Karena pemain menggunakan seluruh tubuhnya untuk bergerak dan setiap gerakannya membutuhkan kelincahan, kekuatan, dan ketepatan berpikir dalam membuat strategi sebagaimana dilansir pengetahuanku13.net (24/5/2018).

Permainan Olahraga Tradisional Lari Balok populer di 17an

Alat permainan ini hanya menggunakan balok yang terbuat dari bahan kayu dengan ukuran panjang 23 cm, lebar 9 cm, dan ketebalan sekitar 4 cm, serta berat balok sekitar 50-100 gram. Olahraga tradisional lari balok dimainkan dengan cara lari di atas lintasan dua balok dari empat balok yang tersedia untuk masing-masing pelari.

[Baca Juga: Melatih Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Tradisional Egrang]

Adu kecepatan menempuh suatu jarak tertentu di atas empat buah balok kecil yang menyerupai batu bata menjadi tantangan tersendiri dari olahraga tradisional ini. Setiap habis melangkah, pemain harus memindahkan balok yang di belakangnya ke depan sebagai tempat berpijak dan seterusnya hingga mencapai batas akhir atau garis finish sebagaimana dilansir ilmukeolahragaan.blogspot.com (31/7/2019).

Untuk memindahkan balok dibutuhkan kelincahan agar pemain bisa dengan cepat memindahkan balok kayu yang dipijak pada kaki kanan dan kiri ke arah garis finish. Pemain yang berhasil mencapai garis akhir yang telah ditentukan lebih dulu akan dinyatakan sebagai pemenang. Olahraga tradisional ini bisa dimainkan perorangan atau beregu. Biasanya, lari balok membutuhkan sebuah lapangan atau ruang terbuka lainnya yang berukuran panjang 15 meter, lebar 7,5 meter yang dibagi menjadi lima garis lintasang dengan masing-masing lintasan berukuran 1,5 meter.

[Baca Juga: Balap Bakiak atau Terompah, Permainan Tradisional Langganan di 17an]

Lari balok ini bisa dimainkan baik untuk laki-laki maupun perempuan, atau mulai anak-anak hingga dewasa. Jadi, lari balok ini bisa juga loh dijadikan sebagai perlombaan di Hari Kemerdekaan di tanggal 17 Agustus mendatang. Cukup sediakan alat permainan berupa balok dari kayu seperti yang telah disebutkan di atas.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.