Permainan Olahraga Tradisional Lari Balok populer di 17an

Berita Kawasan

Permainan Olahraga Tradisional Lari Balok Populer di 17an

Di era sekarang, memang tak bisa dipungkiri jarang sekali anak-anak memainkan permainan tradisional seperti bermain egrang, galasin, dan lain-lain. Dengan terus berkembangnya teknologi, permainan tradisional sudah semakin tertinggal. Namun, dalam rangka melestarikan permainan tradisional yang juga termasuk olahraga tradisional, berbagai kejuaraan atau lomba baik dari tingkat Provinsi maupun Nasional masih tetap diselenggarakan, termasuk dalam perayaan 17an.

Salah satu permainan olahraga tradisional yang cukup menarik adalah lari balok. Lari balok juga biasanya sering dilombakan pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau 17an. Olahraga tradisional ini memiliki karakter permainan yang menyenangkan sekaligus mendidik. Karena pemain menggunakan seluruh tubuhnya untuk bergerak dan setiap gerakannya membutuhkan kelincahan, kekuatan, dan ketepatan berpikir dalam membuat strategi sebagaimana dilansir pengetahuanku13.net (24/5/2018).

Permainan Olahraga Tradisional Lari Balok populer di 17an

Alat permainan ini hanya menggunakan balok yang terbuat dari bahan kayu dengan ukuran panjang 23 cm, lebar 9 cm, dan ketebalan sekitar 4 cm, serta berat balok sekitar 50-100 gram. Olahraga tradisional lari balok dimainkan dengan cara lari di atas lintasan dua balok dari empat balok yang tersedia untuk masing-masing pelari.

[Baca Juga: Melatih Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Tradisional Egrang]

Adu kecepatan menempuh suatu jarak tertentu di atas empat buah balok kecil yang menyerupai batu bata menjadi tantangan tersendiri dari olahraga tradisional ini. Setiap habis melangkah, pemain harus memindahkan balok yang di belakangnya ke depan sebagai tempat berpijak dan seterusnya hingga mencapai batas akhir atau garis finish sebagaimana dilansir ilmukeolahragaan.blogspot.com (31/7/2019).

Untuk memindahkan balok dibutuhkan kelincahan agar pemain bisa dengan cepat memindahkan balok kayu yang dipijak pada kaki kanan dan kiri ke arah garis finish. Pemain yang berhasil mencapai garis akhir yang telah ditentukan lebih dulu akan dinyatakan sebagai pemenang. Olahraga tradisional ini bisa dimainkan perorangan atau beregu. Biasanya, lari balok membutuhkan sebuah lapangan atau ruang terbuka lainnya yang berukuran panjang 15 meter, lebar 7,5 meter yang dibagi menjadi lima garis lintasang dengan masing-masing lintasan berukuran 1,5 meter.

[Baca Juga: Balap Bakiak atau Terompah, Permainan Tradisional Langganan di 17an]

Lari balok ini bisa dimainkan baik untuk laki-laki maupun perempuan, atau mulai anak-anak hingga dewasa. Jadi, lari balok ini bisa juga loh dijadikan sebagai perlombaan di Hari Kemerdekaan di tanggal 17 Agustus mendatang. Cukup sediakan alat permainan berupa balok dari kayu seperti yang telah disebutkan di atas.


Read More

Artikel Lainnya

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 2023

28 September 2022, 16:11

Konser internasional Woke Up Fest 2023 yang menampilkan musisi ternama dari berbagai negara diumumkan akan digelar pada Februari 2023 di Istora Senayan Jakarta.

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta.jpg

Hobi dan Hiburan

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta

28 September 2022, 14:08

Setelah tampil di Candi Prambanan dan mengumumkan konser di Solo, konser Dewa 19 full team yang lengkap dengan anggota serta mantan anggotanya kali ini melirik JIS sebagai venue konser selanjutnya.

Melalu Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya.jpg

Hobi dan Hiburan

Melalui Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya

28 September 2022, 12:06

Penyanyi solois pria Aldiv kembali menunjukkan eksistensinya di blantika musik Tanah Air dengan single Menanti.

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.


Comments


Please Login to leave a comment.