Permudah Pengetesan Masif COVID-19, Pemprov Jawa Barat Terima Mobill Lab PCR.jpg

Kesehatan

Permudah Pengetesan Masif COVID-19, Pemprov Jawa Barat Terima Mobil Lab PCR

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat baru-baru ini mendapatkan bantuan yang dapat semakin menguatkan usaha mereka dalam melakukan proses pelacakan COVID-19. Bantuan yang diserahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPD pada 23 Juli 2020 itu dalam bentuk satu unit mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR). Di mana mobil lab ini disinyalir dapat memudahkan usaha jemput bola Pemprov Jawa Barat untuk melakukan pengetesan masif di wilayahnya.

Sekadar informasi, sesuai namanya, mobil lab PCR ini berfungsi layaknya laboratorium berjalan untuk mengecek sample tes swab COVID-19. Di dalamnya, mobil ini sudah memiliki berbagai perlengkapan seperti bio safety cabinet hingga HEPA filter yang yang sesuai dengan standar fasilitas lab PCR yang ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Permudah Pengetesan Masif COVID-19, Pemprov Jawa Barat Terima Mobill Lab PCR .jpg

Prosesi penyerahan simbolis satu mobil lab PCR itu digelar di Gedung Sate, Kota Bandung. Dengan Staf Ahli Kepala BNPB Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak yang menyerahkannya langsung kepada Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja. Pihak Pemprov Jawa Barat pun mengapresiasi bantuan itu yang nantinya akan langsung digunakan oleh Divisi Pelacakanan Kontak, Pengujian Massal, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Jawa Bawat.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari BNPB. Dengan bantuan (mobil lab PCR), kami tinggal fokus tentukan target mana yang harus dites. Bapak Gubernur (Ridwan Kamil) juga titip untuk menyampaikan terima kasih kepada BNPB,” sebut Setiawan, sebagaimana dikutip dari jabarprov.go.id (23/7/2020).

[Baca Juga: Laboratorium IPB Bantu Uji 273 Sampel Pasien Terduga COVID-19]

Apresiasi ini diberikan karena mobil lab PCR itu dapat menjadi bagian dari usaha mereka untuk melakukan pelacakan kontak erat atau contact tracing serta pengetesan masif di masa new normal seperti saat ini yang masih dibayangi pandemi COVID-19. Apalagi menurut Setiawan, Pemprov Jawa Barat masih terus mengejar target dari WHO terkait contact tracing yang harus dilakukan ke 10 hingga 30 orang di area dengan satu kasus positif COVID-19.

“Jabar saat ini ada sekitar 5.700 (kasus terkonfirmasi), jadi jika kita kalikan 30 artinya ada kurang lebih 150 ribu orang yang butuh kita uji dengan PCR,” sebut Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat itu. Sebenarnya dalam usaha mengejar target itu, Pemprov Jawa Barat ternyata sudah mengajukan kepada BNPB tiga unit mobil lab PCR.

Komaruddin pun menyampaikan permintaan maaf dari BNPB, karena untuk saat ini mereka baru bisa menyanggupi satu dari jumlah yang diajukan. “Nanti mungkin bisa ada lagi,” tambah Staf Ahli Kepala BNPB.

Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan.jpg

Berita Kawasan

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan

06 August 2020, 19:00

Pekan ini Damkar Depok mengerahkan anggotanya untuk menyisir area Kali Pesanggarahan demi memastikan tak ada buaya yang berkeliaran.

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris.jpg

Kuliner

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris

06 August 2020, 18:00

Jika berbicara mengenai menu sate populer di kawasan Jakarta Selatan, maka warung Sate H. Romli atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sate RSPP bisa dipastikan sebagai salah satunya.

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

Kesehatan

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

06 August 2020, 16:50

Penyandang diabetes akan lebih rentan mengalami perparahan bahkan menyebabkan kematian jika terinfeksi COVID-19.

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020

Bisnis

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020?

06 August 2020, 15:30

Sektor industri, penurunan kinerja ekspor impor, dan tingginya pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mengakibatkan peningkatan angka kemiskinan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 1 week, 4 days lalu
    hanna56

    Jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 dan jangan lupa join now yach… bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan