Pernah Dengar Acanthopanax Ini Dia Manfaat Ginseng Siberia

Kesehatan

Pernah Dengar Acanthopanax? Ini Dia Manfaat Ginseng Siberia

Acanthopanax atau ginseng siberia (siberian ginseng) adalah spesies semak kayu kecil dalam famili Araliaceae, yang berasal dari Asia Timur Laut. Telah digunakan selama berabad-abad di Tiongkok dan Rusia untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Ini adalah ramuan adaptogen yang memperkuat dan meningkatkan resistensi umum terhadap stres sehari-hari.

Akar tanaman Centicocus Eleutheroccocus yang disebut siberian ginseng atau Eleuthero, juga diketahui banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini masuk dalam keluarga ginseng dan tumbuh abadi di antara alam liar setinggi 25-50 cm. Ginseng ini secara botani berbeda dengan ginseng sejati, yaitu Korea dan Amerika.

Setiap tanaman Siberian gingseng dapat memakan waktu beberapa tahun untuk tumbuh tetapi akarnya dapat hidup lebih seratus tahun. Orang Cina telah menggunakan ginseng siberia lebih dari 4.000 tahun untuk berbagai manfaatnya.

[Baca Juga: 3 Manfaat Ginseng Untuk Rambut]

Melansir dari beberapa literatur, senyawa aktif yang ditemukan dalam ginseng siberia adalah eleutherosida, polisakarida, fenilpropanoid, lignan, kumarin, dan saponin. Yang dimana kandungan tersebut sebagai sifat antiinflamasi, antioksidan, antivirus, antistres, dan antitumor. Berikut rangkuman PingPoint.co.id untuk manfaat ginseng siberia bagi tubuh.

  • Eleutherococcus dapat meningkatkan energi dan membantu mengatasi kelelahan.
  • Meningkatkan fungsi kognitif dengan meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan meningkatkan fungsi mental seperti memori dan konsentrasi.
  • Mengelola kanker karena eleutherococcus memiliki sifat anti kanker atau antitumor, hal ini juga memungkinkan terjadi pada kasus kanker paru-paru.
  • Meningkatkan olahraga, karena sebagai stimulan, eleutherococcus dapat meningkatkan kemampuan otot dalam melakukan pekerjaan terutama pada masa aktivitas fisik yang intens.
  • Menyembuhkan luka dan mencegah bisul karena dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, eleutherococcus juga dapat mempercepat proses penyembuhan.
  • Meningkatkan tekanan darah rendah, karena sebagai stimulan, eleutherococcus dapat meningkatkan sirkulasi dan detak jantung serta dapat meningkatkan tekanan darah terutama bagi mereka yang memiliki tekanan darah rendah.
  • Mengurangi osteoporosis, karena eleutherococcus dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang.
  • Mengatasi menopause karena eleutherococcus berkaitan dengan situs reseptor estrogen dan mengurangi efek penarikan estrogen pada wanita yang mengalami menopause.
  • Mengurangi infeksi saluran pernapasan karena sebagai stimulan imun, eleutherococcus dapat mempersingkat tingkat keparahan infeksi paru-paru, seperti influenza dan pneumonia.
  • Meningkatkan fungsi limfatik jaringan kelenjar getah bening sehingga dapat mengurangi edema (pembengkakan yang disebabkan penumpukan cairan).
  • Mencegah dan memperbaiki kerusakan saraf karena eleutherococcus dapati dgunakan sebagai obat pencegahan atau penatalaksanaan potensial untuk kondisi neurologis progresif seperti penyakit Alzheimer.
  • Menurunkan atau menstabilkan kadar gula darah karena eleutherococcus terbukti mengurangi resistensi insulin.

Pernah Dengar Acanthopanax Ini Dia Manfaat Ginseng Siberia

Ramuan Antipenuaan

Ginseng siberia juga merupakan ramuan antipenuaan yang kuat dan digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit. Adapun manfaat ginseng siberia untuk kulit, yakni:

  • Meremajakan kulit, mengencangkan kulit kendur, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.
  • Mencerankan warna kulit, mengurangi bintik-bintik penuaan, meratakan warna kulit, meningkatkan sirkulasi darah, membuat kulit segar dan sehat.
  • Mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Menyeimbangkan produksi minyak alami kulit, mengatasi jerawat dan eksim.

Obat herbal tersebut di atas terdapat dalam kemasan kapsul, tablet, cairan atau tincture, dan bubuk. Bahkan di Cina pedesaan masih ada yang langsung memasaknya menjadi sebuah menu makanan sehat. Anda bisa mendapatkan dalam produk-produk kesehatan, terjual juga di toko online. Pastikan toko online terpercaya.

[Baca Juga: Akupunktur sebagai Pengobatan Alternatif Kesehatan Anda]

Perlu diperhatikan, khususnya bagi pengidap penyakit tertentu dan para ibu hamil. Sebaiknya, konsultasi terlebih dahulu ke dokter jika Anda ingin mengonsumsi ginseng siberia ini, karena terdapat efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan. Pastinya memiliki dosis pemakaiannya.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.