Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Berita Kawasan

Perpanjang Status Tanggap Darurat, DIY Baru Siap New Normal Juli

Pemerintah pusat mengucapkan akan menerapkan new normal atau berdamai dengan COVID-19 agar ekonomi kembali hidup dan berjalan normal sembari menyelesaikan persoalan pandemi di saat yang bersamaan. Presiden pun mengimbau para kepala daerah untuk mempersiapkan kesiapan daerahnya untuk menjalani new normal.

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan menerapkan tata kehidupan baru (new normal) di tengah pandemi COVID-19 paling cepat Juli 2020 mendatang. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan persiapan menuju new normal dilakukan dengan memperpanjang masa tanggap darurat COVID-19 hingga 30 Juni 2020.

Menurut Baskara seperti dilansir dari harianjogja.com (27/5/2020), new normal paling cepat bisa diterapkan pada Juli mendatang. Pasalnya saat ini, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY dan pemerintah kabupaten serta kota tengah menyusun sejumlah prosedur standar di setiap bidang dan subbidang agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

"Misal bidang ekonomi, ada sub bidang pariwisata, hotel dan lainnya. Intinya bagaimana masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, cuci tangan, mengantongi hand sanitizer, hindari berkerumun, dan menghindari memegang gagang eskalator,” kata Baskara

Rencananya pada akhir Juni mendatang, Pemda DIY akan melihat dan mengevaluasi perkembangan di masyarakat, apakah peraturan yang sudah ada bisa dipatuhi atau tidak. Jika dari hasil evaluasi tersebut masyarakat dinilai sudah bisa mematuhi protokol maka akan dilaksanakan new normal.

Status masa tanggap darurat COVID-19 di DIY yang semula berakhir pada Jumat 29 Mei 2020 diperpanjang menjadi Selasa 30 Juni 2020. Keputusan ini diambil karena kasus COVID-19 belum menurun. Perpanjangan ini diputuskan berdasarkan hasil kesepakatan dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) DIY serta pemerintah kabupaten dan kota di Kantor Gubernur DIY.

Baskara menyebutkan, perpanjangan juga mempertimbangkan keputusan Presiden yang menyatakan pandemi COVID-19 tidak ada batas waktunya dan perlu ditinjau ulang jika kondisi sudah membaik.

“Kami melihat kondisi kesehatan masyarakat, penularan COVID-19 masih berlangsung di DIY. Meski dalam dua hari terakhir zero case, tetapi kami tidak bisa memastikan ke depan apakah bisa tetap zero case. Makanya masih perlu dasar regulasi tanggap darurat,” lanjut Baskara.

Dalam keputusan perpanjangan tanggap darurat ini, Pemda DIY, kabupaten, dan kota tidak hanya bicara masalah kesehatan, tetapi juga masalah sosial dan ekonomi. Menurutnya bantuan sosial ke masyarakat juga akan masih tetap berlangsung.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana, menyebutkan perpanjangan tanggap darurat akan memudahkan berbagai prosedur yang perlu dilakukan pemerintah daerah dan instansi kesehatan.

Anggaran penanganan COVID-19, juga bisa menggunakan biaya tidak terduga yang direlokasi dari berbagai instansi di DIY. Ia meminta dalam masa perpanjangan ini, Pemda dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.