Perpusnas-Kesultanan Oman Sebarkan Toleransi Lewat Pameran Budaya

Pendidikan

Perpusnas & Kesultanan Oman Sebar Toleransi Lewat Pameran Budaya

Dalam memperingati HUT ke-49 Hari Nasional Kesultanan Oman dan Hari Toleransi Internasional, Kementerian Wakaf dan Agama Kesultanan Oman menggelar pameran budaya dengan tema Toleransi, Pemahaman, Koeksistensi: Pesan Islam Oman di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Pameran budaya yang digelar pada 14-18 November 2019 ini dimaksudkan untuk mempererat kerjasama Indonesia dengan Oman, khususnya tentang pemahaman antarbudaya dan dialog antaragama.

Perpusnas-Kesultanan Oman Sebarkan Toleransi Lewat Pameran Budaya

Acara tersebut juga menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk menyebarkan toleransi antar umat beragama serta menunjukan tentang bagaimana Islam dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Arab modern di Oman. “Pameran ini dimulai dari Oman sejak tahun 2010 lalu dengan niat untuk memajukan toleransi di seluruh dunia agar menciptakan perdamaian,” ujar Konselor di Kementerian Wakaf dan Agama Kesultanan Oman, Muhamad Said Al-Mamari di Jakarta.

[Baca Juga: Pameran Electric & Power Indonesia Hadir Kembali di JIEXpo]

Nantinya, akan ada banyak kegiatan untuk memeriahkan acara tersebut, seperti diskusi tokoh, lokakarya, dan mewarnai bagi anak-anak. Acara juga dimeriahkan oleh para seniman asal Oman yang akan memamerkan karyanya berupa kaligrafi, lukisan pasir, serta penampilan nasyid, qori, dan qosidah. Tak ketinggalan ada sesi pemutaran film dokumenter pendek berjudul "Toleransi Beragama di Oman" yang dibuat sutradara Jerman Wolfgang Ettlich.

Selain di Indonesia, pameran budaya yang sudah berlangsung selama 9 tahun ini juga pernah digelar di lebih dari 120 kota di 38 negara di seluruh dunia, diantaranya: Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, Belanda, Brasil, dan Jepang.

[Baca Juga: Film Festival Madani Rayakan Keragaman Dunia Islam]

Untuk diketahui, Oman termasuk salah satu negara yang dikenal sangat toleran. Sama seperti Indonesia, negara yang terletak di semenanjung Arab itu dihuni oleh penduduk dengan latar belakang dan budaya yang berbeda-beda. Mayoritas penduduk negara Oman adalah Arab Muslim dengan populasi sebesar 77 persen. Sedangkan, sisanya adalah minoritas India, Pakistan, Iran, dan Afrika.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.