Perpusnas-Kesultanan Oman Sebarkan Toleransi Lewat Pameran Budaya

Pendidikan

Perpusnas & Kesultanan Oman Sebar Toleransi Lewat Pameran Budaya

Dalam memperingati HUT ke-49 Hari Nasional Kesultanan Oman dan Hari Toleransi Internasional, Kementerian Wakaf dan Agama Kesultanan Oman menggelar pameran budaya dengan tema Toleransi, Pemahaman, Koeksistensi: Pesan Islam Oman di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Pameran budaya yang digelar pada 14-18 November 2019 ini dimaksudkan untuk mempererat kerjasama Indonesia dengan Oman, khususnya tentang pemahaman antarbudaya dan dialog antaragama.

Perpusnas-Kesultanan Oman Sebarkan Toleransi Lewat Pameran Budaya

Acara tersebut juga menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk menyebarkan toleransi antar umat beragama serta menunjukan tentang bagaimana Islam dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Arab modern di Oman. “Pameran ini dimulai dari Oman sejak tahun 2010 lalu dengan niat untuk memajukan toleransi di seluruh dunia agar menciptakan perdamaian,” ujar Konselor di Kementerian Wakaf dan Agama Kesultanan Oman, Muhamad Said Al-Mamari di Jakarta.

[Baca Juga: Pameran Electric & Power Indonesia Hadir Kembali di JIEXpo]

Nantinya, akan ada banyak kegiatan untuk memeriahkan acara tersebut, seperti diskusi tokoh, lokakarya, dan mewarnai bagi anak-anak. Acara juga dimeriahkan oleh para seniman asal Oman yang akan memamerkan karyanya berupa kaligrafi, lukisan pasir, serta penampilan nasyid, qori, dan qosidah. Tak ketinggalan ada sesi pemutaran film dokumenter pendek berjudul "Toleransi Beragama di Oman" yang dibuat sutradara Jerman Wolfgang Ettlich.

Selain di Indonesia, pameran budaya yang sudah berlangsung selama 9 tahun ini juga pernah digelar di lebih dari 120 kota di 38 negara di seluruh dunia, diantaranya: Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, Belanda, Brasil, dan Jepang.

[Baca Juga: Film Festival Madani Rayakan Keragaman Dunia Islam]

Untuk diketahui, Oman termasuk salah satu negara yang dikenal sangat toleran. Sama seperti Indonesia, negara yang terletak di semenanjung Arab itu dihuni oleh penduduk dengan latar belakang dan budaya yang berbeda-beda. Mayoritas penduduk negara Oman adalah Arab Muslim dengan populasi sebesar 77 persen. Sedangkan, sisanya adalah minoritas India, Pakistan, Iran, dan Afrika.


Read More

Artikel Lainnya

UM UndipOK3.jpg

Pendidikan

Tak Lolos SBMPTN 2021? UNDIP Buka Jalur Mandiri Hingga 17 Juni 2021

16 June 2021, 18:06

Ujian Mandiri (UM) UNDIP akan dilaksanakan dengan menggunakan dua macam tes sekaligus, yaitu ujian online dan unggahan portofolio.

pengaruh-media-untuk-anak.jpg

Pendidikan

Perkembangan Anak Akan Terhambat Karena Informasi Tak Seusai Usia

16 June 2021, 16:04

Hal itu mengemuka dalam webinar Eksploitasi Anak Di Media yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Medan Area (Fisipol UMA).

jalur-mandiri-unimed.jpg

Pendidikan

Unimed Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

16 June 2021, 15:35

Seleksi Jalur Mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara mandiri berdasarkan hasil ujian tertulis berbasis komputer (CBT) dan penilaian portofolio.

3 Pilar Datangi Kantor di Glodok yang T etap Beroperasi Setelah Pegawainya Positif COVID-19.jpg

Berita Kawasan

3 Pilar Datangi Kantor di Glodok yang Tetap Beroperasi Setelah Pegawainya Positif COVID-19

16 June 2021, 15:03

Unsur tiga pilar di Kelurahan Glodok mendatangi kantor di wilayahnya yang nekat beroperasi setelah empat pegawainya positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.