Perpusnas-Kesultanan Oman Sebarkan Toleransi Lewat Pameran Budaya

Pendidikan

Perpusnas & Kesultanan Oman Sebar Toleransi Lewat Pameran Budaya

Dalam memperingati HUT ke-49 Hari Nasional Kesultanan Oman dan Hari Toleransi Internasional, Kementerian Wakaf dan Agama Kesultanan Oman menggelar pameran budaya dengan tema Toleransi, Pemahaman, Koeksistensi: Pesan Islam Oman di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Pameran budaya yang digelar pada 14-18 November 2019 ini dimaksudkan untuk mempererat kerjasama Indonesia dengan Oman, khususnya tentang pemahaman antarbudaya dan dialog antaragama.

Perpusnas-Kesultanan Oman Sebarkan Toleransi Lewat Pameran Budaya

Acara tersebut juga menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk menyebarkan toleransi antar umat beragama serta menunjukan tentang bagaimana Islam dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Arab modern di Oman. “Pameran ini dimulai dari Oman sejak tahun 2010 lalu dengan niat untuk memajukan toleransi di seluruh dunia agar menciptakan perdamaian,” ujar Konselor di Kementerian Wakaf dan Agama Kesultanan Oman, Muhamad Said Al-Mamari di Jakarta.

[Baca Juga: Pameran Electric & Power Indonesia Hadir Kembali di JIEXpo]

Nantinya, akan ada banyak kegiatan untuk memeriahkan acara tersebut, seperti diskusi tokoh, lokakarya, dan mewarnai bagi anak-anak. Acara juga dimeriahkan oleh para seniman asal Oman yang akan memamerkan karyanya berupa kaligrafi, lukisan pasir, serta penampilan nasyid, qori, dan qosidah. Tak ketinggalan ada sesi pemutaran film dokumenter pendek berjudul "Toleransi Beragama di Oman" yang dibuat sutradara Jerman Wolfgang Ettlich.

Selain di Indonesia, pameran budaya yang sudah berlangsung selama 9 tahun ini juga pernah digelar di lebih dari 120 kota di 38 negara di seluruh dunia, diantaranya: Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, Belanda, Brasil, dan Jepang.

[Baca Juga: Film Festival Madani Rayakan Keragaman Dunia Islam]

Untuk diketahui, Oman termasuk salah satu negara yang dikenal sangat toleran. Sama seperti Indonesia, negara yang terletak di semenanjung Arab itu dihuni oleh penduduk dengan latar belakang dan budaya yang berbeda-beda. Mayoritas penduduk negara Oman adalah Arab Muslim dengan populasi sebesar 77 persen. Sedangkan, sisanya adalah minoritas India, Pakistan, Iran, dan Afrika.

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

Berita Kawasan

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

10 December 2019, 15:00

Warga Kelurahan Kebagusan baru-baru ini dikejutkan dengan kemunculan ular yang panjangnya lebih dari satu meter. Petugas pun sigap menangkapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.