Perpustakaan untuk Generasi Milenial di Tangsel.jpg

Pendidikan

Perpustakaan untuk Generasi Milenial di Tangsel

Dunia perpustakaan hadapi tantangan besar untuk tetap miliki citra positif sebagai lembaga penting di masyarakat. Untuk itu Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mengingatkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah untuk melakukan inovasi.

Dalam Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah di SMAN 6 Tangsel, Pamulang, Airin menyatakan, jika perpustakaan mengandalkan unsur dinas saja, tidak akan berkembang. Perpustakaan saat ini harus milenial. Berbeda dengan perpustakaan jaman dulu, tidak hanya buku saja, namun ruang-ruang belajar yang ditata lebih nyaman dengan dilengkapi fasilitas komputer, internet dan Wi-Fi. “Karena perkembangan teknologi saat ini semakin maju dan luar biasa berkembangnya,” ungkapnya seperti dilansir laman berita.tangerangselatankota.go.id (11/03/2019).

Perpustakaan untuk Generasi Milenial di Tangsel 1.jpg

Seiring perkembangan teknologi yang maju dengan cepat, gaya hidup dan perilaku masyarakat juga mulai berubah. Begitu pula dengan perpustakaan yang harus dikelola sesuai gaya hidup masyarakat kini, dengan menjadikan perpustakaan tempat yang fleksibel, tak hanya tempat untuk baca buku namun tempat untuk berkumpul dan diskusi sambil minum kopi.

[Baca Juga: Polsek Kelapa Gading Jakarta Ternyata Memiliki Perpustakaan Mini]

Airin mengungkapkan perilaku masyarakat yang berubah di era disrupsi perlu ditanggapi oleh setiap perpustakaan untuk memberikan layanan yang lebih baik. Terutama kepada generasi milenial selaku pengguna. “Generasi milenial sekarang ini sangat suka informasi yang sifatnya detail. Anak muda sekarang lebih suka segala sesuatu terhubung ke smartphone, dari mencari buku dengan cepat, bentuknya harus digital dan selalu terkoneksi internet,” katanya.

Untuk itu dirinya meminta Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah harus melakukan inovasi mulai dari kegiatan yang kecil hingga besar.

[Baca Juga: Manfaat Literasi untuk Anak Sejak Dini]

Sedangkan untuk bidang kearsipan, Airin meminta agar penyusunan arsip tidak menyusahkan bagi kelanjutan pemkot Tangsel. “Dari sekarang kita cicil, dirapikan, sehingga ketika kita membutuhkan tidak perlu mencari-cari ke kabupaten, dan kita tidak meninggalkan kesusahan untuk penerus kita,” pintanya.

Bahkan Airin berharap agar Arsip di Tangsel dapat menjadi percontohan di tingkat Provinsi Banten maupun nasional. “Kalau belum bisa se Banten, setidaknya untuk di Tangsel pengelolaan arsipnya rapi dan jika ingin mencari tidak mengalami kesulitan,bahkan bentuknya digitalisasi,” pintanya.

[Baca Juga: Post Santa, Komunitas Pecinta Buku di Pasar Santa]

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel Dadang Raharja menjelaskan, dalam isu strategis tahun 2016 hingga 2021 pihaknya akan meningkatkan kompetensi pegawai dinas perpustakaan dan arsip daerah, pustakawan dan arsiparis.

Demi optimalisasi pembudayaan minat budaya baca masyarakat Tangsel, pembangunan gedung perpustakaan akan selesai di 2019 dan pembangunan depo arsip yang akan selesai di 2020. “Bahkan kami akan mengembangkan layanan kearsipan berbasis teknologi, dan optimalisasi peningkatan layanan perpustakaan melalui penambahan fiture dan konten pustaka pada I tangsel,” ucapnya.

Read More

Artikel Lainnya

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco.jpg

Kuliner

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco

30 September 2020, 18:14

Brand takoyaki Gindaco baru-baru ini menghadirkan menu baru dengan rasa kari otentik dari Negeri Sakura.

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

Properti dan Solusi

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

30 September 2020, 16:07

Memilih palet warna monokromatik berarti berkomitmen pada satu warna, tentu saja, tetapi penggemar warna sejati tidak akan menghindar tantangan itu.

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.


Comments


Please Login to leave a comment.