Sepuluh Pasien COVID-19 di Kota Semarang Sembuh dalam Sehari

Kesehatan

Persentase Pasien Sembuh COVID-19 di Kota Semarang Tinggi, Ini Alasannya

Kota Semarang memiliki persentase pasien sembuh COVID-19 yang tinggi. Dari total 201 kasus positif COVID-19 di kota tersebut, 49 orang di antaranya dinyatakan sembuh. Dengan jumlah ini, persentase pasien sembuh di Kota Semarang adalah 24,37 persen.

Bila dibandingkan dengan DKI Jakarta, Kota Bandung, dan Kota Surabaya, jumlah pasien sembuh Kota Semarang masih lebih tinggi. Pada Rabu, 22 April 2020, jumlah pasien sembuh di DKI Jakarta yaitu 291 orang dari 3.399 kasus positif. Persentase pasien sembuh COVID-19 di ibu kota negara itu hanya 8,56 persen.

Sementara itu, di Kota Bandung ada 20 pasien sembuh dari total kasus positif 157, persentasenya hanya 12,73 persen. Sedangkan di Surabaya, persentase pasien sembuh adalah 15,28 persen.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan alasan di balik tingginya persentase tersebut. Menurutnya, keterlibatan psikolog menjadi kunci tingginya persentase pasien sembuh COVID-19 di wilayahnya.

Wali Kota dengan sapaan karib Hendi itu mengungkapkan, psikolog memberi semangat pada pasien penderita COVID-19 di Kota Semarang.

“Di Kota Semarang, ada keterlibatan psikolog untuk membangkitkan semangat pasien agar segera sembuh,” ujarnya, melansir semarang.kompas.com (23/4/2020).

[Baca Juga: RSND Semarang Lakukan Tes Swab Secara Drive Thru]

Ia menerangkan, bila ditinjau dari penanganan secara medis, tidak ada perbedaan dari kota lainnya. Pengobatan di Kota Semarang sama dengan pengobatan di rumah sakit daerah lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam menyebutkan ada penambahan tujuh pasien sembuh COVID-19 pada Rabu, 22 April 2020. Sebelumnya, jumlah pasien sembuh di Kota Atlas itu pernah mencapai sepuluh orang dalam sehari, yaitu pada 8 April lalu.

Tujuh pasien sembuh yang dimaksud Abdul merupakan pasien COVID-19 yang dirawat di RSUP Kariadi, RS Tentara Bhakti Wira Tamtama, dan Rumah Sakit Telogorejo.

[Baca Juga: Seniman Ngesti Pandowo Ditantang Tampil Daring]

“Ada penambahan tujuh pasien sembuh, 5 dari Rumah Sakit dokter Kariadi, 1 dari Rumah Sakit Tentara Bhakti Wira Tamtama, dan 1 dari Rumah Sakit Telogorejo, sehingga totalnya ada 49 pasien sembuh di Kota Semarang,” papar Abdul.

Selain 49 pasien COVID-19 yang sudah sembuh, menurut Abdul, kini ada 61 pasien lainnya yang menunjukkan perbaikan klinis. Pasien-pasien yang menunjukkan kemajuan kondisi kesehatan ini masih harus menunggu hasil tes swab untuk benar-benar dinyatakan sembuh.

Dengan banyaknya pasien sembuh, Hendi tetap mengingatkan warganya agar tak berleha-leha. Peningkatan jumlah pasien sembuh bukan berarti masyarakat bisa mengabaikan pola hidup bersih. Pemerintah dan masyarakat Kota Semarang masih harus saling berjuang untuk menekan laju penyebaran COVID-19.

“Maka dari itu, penting bagi masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan,” tandas Hendi.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 2 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys......