CEMPAKA PUTIH-PROPERTI-IKUTI 4 HAL INI UNTUK PERSIAPKAN RUMAH HADAPI MUSIM HUJAN-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Properti dan Solusi

Persiapan di Rumah untuk Hadapi Musim Hujan

Tanpa disadari belakangan ini, hujan rutin membasahi Jakarta. Sejak akhir tahun 2018, hujan rutin turun di beberapa titik. Pasalnya sebelum hujan turun, biasanya matahari akan sangat terik. Cuaca esktrem ini tentu akan mempercepat kerusakan pada bangunan. Terlebih lagi bangunan yang umurnya sudah lama, akan lebih mudah rusak. Misalnya tembok sudah mulai retak, atap yang sudah mulai bocor, dan masalah lainnya yang dapat menganggu kenyamanan tempat tinggal Anda.

Maka dari itu, sebelum hujan semakin intens ada baiknya Anda mempersiapkan rumah Anda agar siap untuk menghadapi musim hujan. Melansir dari sunstar.com.ph (3/1/2019), langkah yang harus Anda persiapkan untuk hadapi musim hujan di antaranya adalah:

1. Periksa dan Persiapkan Atap

Bagian rumah yang akan terkena hujan pertama kali adalah atap, sehingga atap harus diperiksa setidaknya dua kali dalam setahun. Perbaiki atau ganti genteng yang sudah mulai retak dengan yang baru. Jangan lupa cek apakah ada lubang. Sekecil apapun lubang yang ada di atap harus segera ditangani, karena air yang masuk bisa berpotensi merusak interior rumah dan menimbulkan air meresap ke dinding, menimbulkan bintik-bintik hitam, kuning, atau cokelat.

[Baca Juga: 5 Masalah dan Cara Mengatasi Kerusakan di Rumah Dekat Pantai]

Setelah melakukan pengecekan pada atap, pastikan aliran air dari atap mengalir dengan baik ke tempat yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk memotong dahan pohon yang berada di atas atap untuk mencegah dahan pohon yang rumbang dan merusak atap.

2. Perkuat Tembok Bagian Luar

Selain atap, tembok bagian luar juga sering terkena paparan sinar matahari atau hujan. Paparan terus menerus tanpa proteksi yang baik akan merusak kelembapan dan mengubah fungsi utamanya. Jika cat tembok luar Anda sudah berubah warna, segera lapisi dengan yang baru. Gunakan cat khusus eksterior sehingga lebih kuat dan tahan lama, pililah cat yang memiliki keunggulan weather proof dan weather resistance. Cat eksterior juga dapat melindungi rumah dari kotoran dan jamur.

Cek Kebocoran di Bagian Dalam Rumah

3. Jangan Lupa Cek Bagian Dalam Rumah

Selain memeriksa bagian terluar rumah, bagian dalam rumah jangan sampai terlewat. Lakukan pemeriksaan pada langit-langit, dinding, dan lantai. Jika ada dinding dan langit-langit yang berubah warna, menggelembung, dan timbul bintik-bintik hitam menandakan jika air dari luar sudah masuk ke bagian dalam. Kelembapan ini dapat merusak tampilan interior rumah dan memengaruhi perabotan lainnya.

[Baca Juga: 6 Taman Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Cempaka Putih]

4. Lakukan Pencegahan Banjir

Jika Anda tinggal di daerah langganan banjir, jangan lupa persiapkan diri Anda untuk mencegah banjir kembali datang. Letakkan karung pasir disekeliling rumah dan letakkan perabotan serta dokumen penting di tempat yang lebih tinggi, untuk menghindari kerusakan.

Itulah persiapan menghadapi musim hujan untuk rumah Anda agar tak terjadi banyak kerusakan dan Anda tetap nyaman selama musim hujan.

Read More

Artikel Lainnya

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

Hobi dan Hiburan

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

31 October 2020, 18:01

Setelah berbagai rumor, Miles Films akhirnya mengonfirmasi bahwa film Petualangan Sherina 2 sedang diproduksi dan dijadwalkan tayang pada 2021 mendatang.

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.