MIXED-KAWASAN-SIMAK PERSIAPAN KEAMANAN RUMAH SEBELUM PERGI LIBUR AKHIR TAHUN-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Keamanan Rumah Sebelum Pergi Libur Akhir Tahun

Menghabiskan waktu liburan akhir tahun bersama keluarga tentu merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi, jika liburan akhir tahun tersebut dilakukan dengan mengunjungi tempat wisata yang menarik.

Namun sebelum pergi berlibur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah menjaga keamanan rumah agar tidak disambangi pencuri. Ini sangat penting, terlebih jika rumah ditinggalkan untuk waktu yang cukup lama. Mengutip lama grid.id, berikut adalah beberapa tips menjaga keamanan rumah sebelum ditinggal penghuni untuk pergi berlibur.

Meletakkan Tanaman di Dekat Jendela

Tak hanya mempercantik, tanaman yang diletakkan atau ditanam di bawah jendela juga akan menjadi penghalang bagi pencuri untuk masuk melalui jendela. Pencuri bisa terhalang oleh beberapa jenis tanaman hijau yang berduri. Untuk pohon yang tingginya mencapai jendela lantai dua, pastikan untuk membersihkan cabang yang lebih rendah secara teratur sehingga tidak dapat berfungsi sebagai tangga.

Pastikan Jendela Benar-benar Terkunci

Ilustrasi pencurian rumah.

Selain pintu, Anda juga harus memastikan jendela rumah benar-benar terkunci, apalagi saat malam hari atau saat Anda harus meninggalkan rumah.

Perhatikan Kebersihan Rumah

Pencuri akan mudah mengenali target rumah dari kondisi fisiknya. Jika kondisi fisik rumah tidak terawat dan kotor, pencuri berasumsi rumah tersebut dalam keadaan tidak berpenghuni. Untuk itu, Anda harus rajin membersihkan pekarangan rumah.

[Baca Juga : Tips dan Trik Meningkatkan Pengamanan Rumah]

Memasang Alarm

Memasang alarm tidak menghabiskan banyak biaya. Jika memasang sistem alarm berkualitas, Anda bisa mencegah pencuri, apalagi kalau tinggal di lingkungan yang tingkat kejahatannya tinggi. Pilihlah perusahaan alarm terkemuka karena pencuri biasanya tahu tanda-tanda sistem alarm buruk dan palsu.

Pertimbangkan pula pilihan teknologi tinggi, seperti alarm dengan kamera yang memungkinkan Anda untuk memantau rumah dari mana saja.

Menjalin Hubungan Baik dengan Tetangga

Selain alat-alat pengamanan, hal penting lainnya ialah menjalin hubungan yang baik dengan tetangga. Ketika hubungan dengan para tetangga terjalin dengan baik, mereka akan dengan suka rela membantu saat Anda sedang tidak berada di rumah.

[Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi Rumah]

Lapor ke Ketua RT, RW, dan Petugas Keamanan

Sebelum pergi liburan atau mudik dalam jangka waktu agak lama, pastikan ketua RT, RW, hingga satpam mengetahui jika rumah Anda sedang kosong. Dengan begitu, mereka bisa membantu mengawasi dan memprioritaskan keamanan rumah. Saat ada sesuatu yang janggal atau orang tak dikenal, mereka bisa cepat bertindak.

Biarkan Rumah Terlihat Hidup

Ilustrasi pencurian rumah.

Kalau aliran listrik atau lampu di rumah Anda punya pengaturan waktu otomatis, ada baiknya atur lampu agar tetap menyala di malam hari dan padam di siang hari. Buat kesan rumah tetap "hidup" dan berpenghuni. Kalau tidak, pilih untuk tetap menyalakan lampu teras selama pergi.

Simpan Barang Berharga di Tempat tak Terduga

Kita memang tak pernah tahu hal apa yang bisa terjadi selama meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk waktu panjang. Namun, langkah antisipasi untuk kemungkinan terburuk bisa dilakukan. Salah satunya menyimpan barang berharga, seperti perhiasan dan uang.

Hal yang bagus kalau Anda punya brankas khusus di rumah. Tapi buat Anda yang tidak punya safety box, bisa simpan perhiasan di tempat yang tak terduga. Misalnya, selipkan dalam kaus kaki dan simpan di sepatu, atau simpan dalam toples gula yang tidak transparan dan isinya telah dikosongkan.

Read More

Artikel Lainnya

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.


Comments


Please Login to leave a comment.