Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

Mulai besok 28 Oktober 2020, libur panjang sudah dimulai dengan banyak warga dari berbagai wilayah Tanah Air yang memiliki agenda mudik atau bahkan liburan dan salah satu wilayah yang berpotensi didatangi banyak masyarakat adalah kawasan Jawa Barat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pun sudah langsung bergerak untuk mengantisipasi potensi penyebaran COVID-19 dengan melakukan beragam persiapan bahkan akan ada rencana untuk mengadakan rapid test dadakan.

Antisipasi penyebaran COVID-19 ini muncul karena masyarakat dari berbagai wilayah berpotensi berbondong-bondong ke kawasan Jawa Barat. Sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Provinsi Jawa Barat sekaligus Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami memberikan pengumuman terkait langkah persiapan serta mitigasi pihaknya dalam mengantisipasi potensi penularan COVID-19. Di mana tempat wisata menjadi lokasi yang paling memiliki potensi tersebut.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan .jpg

“Kita sudah mulai besok (27/10/2020). Jumlah personel kepolisian akan ditambah di destinasi wisata, khususnya Lembang, Kawasan Puncak, Pantai Pangandaran, dan Cirebon,” ujar orang nomor satu di Jawa Barat, sebagaimana dikutip dari humas.jabarprov.go.id (26/10/2020).

[#R]

Kemudian dalam rangka penegakan protokol kesehatan, pihak Pemprov Jawa Barat disebut sudah meminta komitmen dari para pengelola lokasi wisata di wilayahnya, khususnya terkait jumlah maksimal warga yang boleh masuk ke destinasi liburan. “Kalau janjinya 50 persen (pengunjung dari total kapasitas), tolong dijaga komitmen itu,” tegas pria yang akrab disapa dengan nama Kang Emil itu.

Menariknya dalam langkah mitigasi Pemprov Jawa Barat yang harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya, selain pengelola destinasi wisata, warga yang sedang menikmati libur panjang juga harus memastikan kondisi mereka dalam keadaan fit karena Pemprov Jawa Barat sudah mengerahkan personel untuk menggelar rapid test serta swab tes dadakan.

[#R]

“Yang berbeda adalah para pemudik dan wisatawan akan dites swab dan rapid secara acak. Jangan Kaget kalau naik mobil atau motor di perjalanan akan diberhentikan dengan sopan oleh tim satgas untuk di-random sampling melalui swab dan rapid,” jelas Ridwan Kamil, sebagaimana dikutip dari ayobandung.com (26/10/2020)

Jika sesuai rencana maka tes dadakan tersebut akan digelar di dekat area akses keluar-masuk wilayah Jawa Barat, contohnya adalah di jalan tol. Dari sisi Kang Emil sendiri, ia berharap agar semua orang yang mengikuti tes dadakan ini negatif dari paparan COVID-19.

Read More

Artikel Lainnya

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

26 November 2020, 19:08

Dengan tantangan pandemi COVID-19, Sinarmas World Academic dapat beradaptasi dalam menerapkan kurikulumnya untuk para siswanya walau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Kolaborasi GoPlay dan Citilink Suguhkan Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

Hobi dan Hiburan

GoPlay Dukung Film Maker Independen Indonesia

26 November 2020, 17:09

Layanan ini merupakan bentuk komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat tanah air.

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

Berita Kawasan

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

26 November 2020, 16:07

Alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

Kesehatan

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

26 November 2020, 15:07

Layanan Bunga Tanjung yang menjadi pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak di RSUD Tarakan terpilih sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.


Comments


Please Login to leave a comment.