Persiapan Pasar Cisalak Menghadapi Penilaian Kota Sehat

Berita Kawasan

Persiapan Pasar Cisalak Menghadapi Penilaian Kota Sehat

Pasar Cisalak adalah sebuah kelurahan yang terletak di Kecamatan Cimanggis menjadi salah satu lokasi khusus (lokus) penilaian Kota Sehat Tahun 2019 pada 29-30 Agustus 2019. Sejak bulan Juli, Kota Depok berhasil lolos pada tahap dokumen kota sehat yang akan dilanjutkan dengan verifikasi lapangan yang dilakukan langsung Tim Verifikasi Pusat. Karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memaksimalkan berbagai persiapan agar pasar tersebut memenuhi klasifikasi sebagai tempat sarana publik yang sehat dan berharap memperoleh penghargaan Swasti Saba Wistara 2019. Persiapan tersebut dilakukan bersama dengan wilayah kelurahan, kecamatan, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), maupun kelompok kerja (pokja) kelurahan.

Melansir laman depok.go.id (21/08/2019), Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti mengatakan, Pasar Cisalak menjadi salah satu lokasi khusus (lokus) binaan yang masuk pada tatanan Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum.

[Baca Juga: Cisalak Pasar Dirikan Taman Guna Dukung Program KLA]

Untuk diketahui, ada tiga wilayah yang menjadi lokus penilaian verifikasi tatanan kota sehat di Depok, yaitu Kecamatan Sukmajaya, Sawangan, dan Cimanggis yang termasuk Pasar Cisalak. Dinkes melakukan berbagai upaya demi mewujudkan tatanan tersebut. Pihaknya juga mendirikan Pos Kesehatan di lantai 4, yang buka setiap Jumat pukul 10.00 WIB.

May menambahkan, di Pasar Cisalak juga sudah ada ruang menyusui (laktasi) yang cukup representatif. Hal tersebut agar para pembeli atau pedagang bisa menyusui anaknya dengan aman dan nyaman. “Kami juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) hari ini untuk mewujudkan tatanan tersebut. Dengan begitu, pembeli dan pedagang tidak merokok di sembarang tempat,” katanya.

[Baca Juga: Kolaborasi RSUD Kota Depok dan Halodoc Permudah Tebus Obat]

Selain menyediakan sejumlah fasilitas, Dinkes Depok juga kerap mengadakan berbagai pembinaan. Salah satunya sosialisasi cara mencuci tangan dengan benar. “Kami juga memasang berbagai informasi dalam bentuk poster atau leaflet di berbagai sudut di bangunan pasar. Semoga dengan upaya ini Kota Depok meraih hasil positif, lebih dari itu kondisi Pasar Cisalak yang sehat bisa terjaga,” tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.