Wali Kota Malang Tinjau Persiapan Pelaksanaan UTBK

Pendidikan

Persiapan Pelaksanaan UTBK di 2 Universitas Kota Malang

Wali Kota Malang Sutiaji bersama Komandan Kodim 0833 Kota Malang Letkol Inf. Tommy Anderson meninjau kesiapan hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Negeri Malang pada 5 Juli 2020.

“Kunjungan saya kali ini untuk memastikan apakah protokol kesehatan COVID-19 telah diterapkan dengan baik sesuai dengan surat permohonan yang diajukan beberapa waktu lalu,” jelas Wali Kota Malang seperti dilansir dari malangkota.go.id (8/7/2020).

Wali Kota Malang Tinjau Persiapan Pelaksanaan UTBK

Sutiaji mengatakan, pihaknya tidak menginginkan UTBK menjadi kluster baru penyebaran COVID-19, sehingga ia menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan UTBK. “Bayangan saya sebelumnya, ada penumpukan peserta ketika menaiki lift. Ternyata sudah difilter dengan baik. Secara keseluruhan sudah bisa diatur dengan bagus,” terangnya.

Penerapan protokol kesehatan yang ditinjau yakni mulai tahapan peserta datang, mencuci tangan, penggunaan thermo gun, meletakkan tas, menggunakan sarung tangan dan masker medis bukan kain, masuk ruang transit, antrean masuk lift/ruangan, hingga duduk di depan komputer.

[Baca Juga: Wali Kota Malang Siap Jalankan Amanat Presiden, 2 Minggu Kendalikan COVID-19]

“Di FK (Fakultas Kedokteran) tadi sudah bagus dan bisa diseragamkan untuk semua gedung. Contohnya di Filkom (Fakultas Ilmu Komputer), ketika transit seharusnya tas sudah tidak dibawa, tinggal masuk ruangan saja. Tas tidak boleh ditumpuk agar tidak terjadi transmisi antar tas,” Sutiaji menambahkan.

Sutiaji menjelaskan, penggunaan komputer antara sesi pertama dan sesi kedua dapat bergantian. Artinya komputer yang digunakan pada sesi pertama dan sesi kedua itu berbeda sehingga dapat menghindari transmisi virus melalui komputer. Menurutnya dengan penyemprotan disinfektan pun akan lebih maksimal dalam mencegah penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Tak Pakai Masker di Kabupaten Malang, Bisa Kena Denda & Sanksi Sosial]

Jumlah pendaftar UTBK di UB adalah 19.859 orang, dengan menggunakan 56 ruang lab komputer dan 2.180 komputer yang terbagi ke dalam 17 lokasi di Kampus UB. Untuk penggunaan komputer diterapkan harus separuh ruangan, seperti 20 komputer hanya dipakai 10 komputer per sesi berdasarkan jarak. Dengan waktu sesi pertama pada pukul 09.00-11.15 WIB, dan sesi kedua pada pukul 14.00-16.15 WIB.

Sama halnya dengan pelaksanaan UTBK di Universitas Negeri Malang, satu ruangan maksimal hanya di isi 15 peserta dengan tujuan untuk physical distancing pada masing-masing peserta.

Read More

Artikel Lainnya

RS Lapangan Beroperasi Harapan Kota Bogor yang Kritis

Kesehatan

RS Lapangan GOR Pajajaran Beroperasi, Harapan Kota Bogor yang Kritis

19 January 2021, 14:03

Kondisi Kota Bogor masih kritis dan darurat. Kedisiplinan untuk taat pada protokol kesehatan harus ketat dilakukan jika tak ingin rumah sakit penuh.

Kegawatdaruratan Psikiatri di Rumah Sakit Duren Sawit

Kesehatan

Wisma Atlet Kemayoran Kini Khusus Rawat Pasien Bergejala

19 January 2021, 13:02

Pengaturan bentuk antisipasi yang disiapkan mengingat sejak sebelum libur Natal dan Tahun Baru pihaknya sudah diingatkan tentang risiko lonjakan kasus positif dua pekan pascalibur panjang.

Catat! Ini Jadwal MRT dan Transjakarta di PSBB Masa Transisi.jpg

Bisnis

HUT ke-17, Transjakarta Ingin Tingkatkan Penumpang & Patuhi Protokol Kesehatan

19 January 2021, 12:01

Ada pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan Transjakarta, yaitu mengembalikan lagi "mantan-mantan" penggunanya untuk mau menggunakan bus berjalur khusus tersebut.

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.


Comments


Please Login to leave a comment.