Tren Tahun 2021 di Pendidikan, Kembalinya Sekolah Tatap Muka .jpg

Pendidikan

Persiapan Pemkot Tangerang Selatan untuk Sekolah Tatap Muka

Sejak pandemi COVID 19, sektor pendidikan terkena dampak yang cukup besar. tak terkecuali sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP, SMA hingga Universitas. Akibatnya, pembelajaran dilakukan secara daring dari tahun 2020. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di sekolah.

Melalui Surat keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yang melakukan penyesuaian kebijakan untuk memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah, Kanwil atau Kemenag dalam memberikan izin pelaksanaan pembelajaran tatap muka atau PTM.

Menyikapi kebijakan tersebut, Pemerintah Kota Tangerang Selatan melakukan berbagai persiapan Sekolah Tatap Muka yang rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2021 di wilayah Tangerang Selatan atau Tangsel.

walikotatangsel.jpg

Beberapa langkah yang dilakukan oleh Pemkot Tangsel sebelum PTM yaitu mendata ulang sekolah-sekolah yang sudah siap melakukan pembelajaran tatap muka, seperti fasilitas, protokol kesehatan dan lain-lain. Dilansir dari Kompas.com, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan Taryono menjelaskan, pihaknya ingin kembali memastikan apakah sekolah di Tangsel sudah menerapkan protokol kesehatan atau belum.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga terus mendistribusikan vaksin kepada parra pengajar dan pihak sekolah yang lainnya sehingga bisa menjadi indikator kesiapan guru melaksanakan PTM.

Selanjutnya, melakukan penyiapan sarana dan prasarana untuk bisa menjalankan protokol kesehatan di sekolah. dikutip tangerangselatankota.go.id (7/4/2021), hampir 80 persen sekolah negeri maupun swasta sudah memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut.

[Baca Juga: Hari Ini Pemprov DKI Terapkan Sistem Pembelajaran Tatap Muka dan Daring di Sekolah]

Kemudian dalam tahapan pelaksanaan STM ini, sekolah yang akan melakukan pembelajaran secara tatap muka harus lolos tahap verifikasi. Setelah itu, hanya 50 persen siswa yang diperbolehkan datang ke sekolah untuk belajar. Artinya, kegiatan tersebut dilakukan secara bertahap. (humastangsel-kominfo).

Selain itu, pemerintah kota Tangerang Selatan giat melakukan pengkajian untuk Sekolah Tatap Muka ini dengan mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya, apakah zonanya sudah aman atau belum, dan apakah COVID-19 di Tangerang Selatan sudah bisa terkendali atau belum.

Kebijakan Sekolah Tatap Muka perlu disambut baik oleh semua pihak terutama orang tua. Namun, pihak-pihak yang terliba tpun harus patuh dan mengikuti aturan menerapkan protokol kesehatan. Sehingga tidak terjadi penyebaran COVID-19 di sekolah.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.