Persiapan Tanggap Darurat Bencana di Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

Persiapan Tanggap Darurat Bencana di Kepulauan Seribu

Sebanyak 30 warga Kepulauan Seribu yang mengikuti pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB), dikukuhkan sebagai kader penanggulangan bencana. Ketua PMI Kepulauan Seribu, Natsir Sabara mengatakan, pelatihan pengkaderan dilakukan selama tiga hari sejak Jumat, 4 Oktober 2019 di Pulau Pramuka dan ditutup pada Minggu 6 Oktober 2019 di Pulau Karya, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pelatihan yang diberikan berupa teori dan praktik teknik penanggulangan bencana. "Hari ini kita kukuhkan sebagai kader yang siap membantu dan menjadi relawan kemanusiaan saat terjadi bencana," ujar Natsir seperti dilansir dari beritajakarta.id (6/10/2019).

Persiapan Tanggap Darurat Bencana di Kepulauan Seribu

Para peserta ini sebelumnya telah dibekali beberapa penanganan dasar bantuan medis dan cepat tanggap bencana. Misalnya, penanganan secara dini, bantuan penyelamatan, pembangunan tenda dan menyiapkan dapur umum serta pengetahuan lain yang biasa dilakukan PMI dalam membantu korban saat terjadi bencana alam dan kebakaran.

[Baca Juga: Menilik Sekolah Aman Bencana di Pulau Tidung]

Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Kepulauan Seribu, Purnomo mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PMI Kepulauan Seribu yang telah memberikan pengetahuan dan membentuk kader penanggulangan bencana di wilayahnya. "Harapannya, pengetahuan dan kapasitas warga dalam kebencanaan semakin meningkat dan warga lebih tanggap bencana," dia menjelaskan.

Acara ini diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Seribu. "Pembukaan di Pulau Pramuka dan Penutupan akan dilangsungkan di Pulau Karya. Setelah mengikuti pelatihan ini warga akan menjadi kader penanggulangan bencana," ujar Natsir.

[Baca Juga: Kemendagri Beri Penghargaan Tangsel dalam Penanggulangan Bencana]

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Kepulauan Seribu Purnomo mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PMI Kepulauan Seribu. Sebab, pelatihan ini meningkatkan kapasitas warga dalam siaga bencana. "Semoga melalui pelatihan ini, warga Kepulauan Seribu lebih siap dan tanggap bencana," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.