Persiapan Tanggap Darurat Bencana di Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

Persiapan Tanggap Darurat Bencana di Kepulauan Seribu

Sebanyak 30 warga Kepulauan Seribu yang mengikuti pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB), dikukuhkan sebagai kader penanggulangan bencana. Ketua PMI Kepulauan Seribu, Natsir Sabara mengatakan, pelatihan pengkaderan dilakukan selama tiga hari sejak Jumat, 4 Oktober 2019 di Pulau Pramuka dan ditutup pada Minggu 6 Oktober 2019 di Pulau Karya, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pelatihan yang diberikan berupa teori dan praktik teknik penanggulangan bencana. "Hari ini kita kukuhkan sebagai kader yang siap membantu dan menjadi relawan kemanusiaan saat terjadi bencana," ujar Natsir seperti dilansir dari beritajakarta.id (6/10/2019).

Persiapan Tanggap Darurat Bencana di Kepulauan Seribu

Para peserta ini sebelumnya telah dibekali beberapa penanganan dasar bantuan medis dan cepat tanggap bencana. Misalnya, penanganan secara dini, bantuan penyelamatan, pembangunan tenda dan menyiapkan dapur umum serta pengetahuan lain yang biasa dilakukan PMI dalam membantu korban saat terjadi bencana alam dan kebakaran.

[Baca Juga: Menilik Sekolah Aman Bencana di Pulau Tidung]

Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Kepulauan Seribu, Purnomo mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PMI Kepulauan Seribu yang telah memberikan pengetahuan dan membentuk kader penanggulangan bencana di wilayahnya. "Harapannya, pengetahuan dan kapasitas warga dalam kebencanaan semakin meningkat dan warga lebih tanggap bencana," dia menjelaskan.

Acara ini diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Seribu. "Pembukaan di Pulau Pramuka dan Penutupan akan dilangsungkan di Pulau Karya. Setelah mengikuti pelatihan ini warga akan menjadi kader penanggulangan bencana," ujar Natsir.

[Baca Juga: Kemendagri Beri Penghargaan Tangsel dalam Penanggulangan Bencana]

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Kepulauan Seribu Purnomo mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PMI Kepulauan Seribu. Sebab, pelatihan ini meningkatkan kapasitas warga dalam siaga bencana. "Semoga melalui pelatihan ini, warga Kepulauan Seribu lebih siap dan tanggap bencana," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.