Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Saat Musim Hujan

Properti dan Solusi

Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Saat Musim Hujan

Tinggal di rumah yang bocor, tampias tentulah sangat membuat risih penghuninya. Bukan hanya untuk kesehatan pemilik hunian, tetapi juga keamanan saat menempati kediaman tersebut. Memiliki rumah yang nyaman membutuhkan perawatan berkala, terutama saat memasuki musim hujan.

Mengetahui hujan akan melanda, dalam ulasan kali ini PingPoint.co.id akan memberikan tips beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai persiapan untuk rumah saat menghadapi cuaca musim hujan agar Anda tetap merasa nyaman dan aman. Di antaranya:

Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Saat Musim Hujan
  • Periksa dan Perbaiki Talang Air

Talang air adalah media yang dilewati air saat hujan. Anda wajib memeriksa kondisi talang air sebelum musim hujan tiba. Segera perbaiki talang air yang rusak atau bocor. Talang air yang rusak akan membuat air merembes dan bocor ke dalam rumah. Buat talang air dengan ukuran tepat dan material berkualitas supaya lebih tahan lama.

  • Perhatikan Posisi Atap Rumah

Bergesernya posisi Atap rumah dan berantakan akan menyebabkan bocor saat musim hujan. Meski Anda baru saja menempati rumah baru, bukan berarti boleh mengabaikan kondisi atapnya. Anda harus memperbaiki dan mengganti atap yang geser atau tidak beraturan sebelum musim hujan tiba. Dengan demikian, musim hujan tidak akan membuat Anda kewalahan mengatasi kebocoran.

[Baca Juga: Jaket Musim Hujan Pilihan Timberland]

  • Sistem Ventilasi yang Baik

Hawa lembab yang masuk ke dalam rumah selama musim hujan dapat merusak material kayu, besi, dan tembok di dalam rumah. Karena itu, sistem ventilasi rumah harus terpasang dengan baik. Jika curah hujan dan kelembapan udara sedang tinggi, Anda bisa menutup ventilasi untuk sementara.

Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Saat Musim Hujan
  • Jangan Lupakan Saluran Air

Saluran air yang tersumbat endapan lumpur dan sampah rentan mengakibatkan banjir. Jadi, Anda jangan sampai lupa memeriksa dan membersihkan saluran air secara berkala sebelum memasuki musim hujan. Bersihkan saluran air di sekitar rumah setidaknya setiap dua minggu sekali agar daya tampungnya maksimal.

  • Perhatikan Jaringan Listrik

Ketika musim hujan, kabel listrik yang sudah rapuh dan terkelupas berisiko mengakibatkan korsleting dan kebakaran. Hal ini dapat diatasi dengan memeriksa seluruh jaringan listrik di dalam dan luar rumah. Pastikan seluruh kabel dan stop kontak dalam keadaan baik sehingga risiko korsleting dapat diminimalkan.

Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Saat Musim Hujan
  • Pangkas Tanaman di Sekitar Rumah

Musim hujan biasanya membuat tanaman yang rimbun menjadi sarang yang nyaman bagi nyamuk dan serangga lainnya. Selain itu, pohon rimbun berukuran besar juga berisiko tumbang karena tidak kuat menahan hempasan angin. Karena itu, Anda perlu memangkas dan merapikan seluruh tanaman di sekitar rumah agar tetap aman saat musim hujan.

[Baca Juga: Musim Hujan Menjelang, Ini Tips untuk Jaga Kesehatan]

Jika beberapa persiapan di atas sudah dilakukan, niscaya rumah Anda siap menghadapi musim hujan. Rawatlah rumah Anda secara cermat agar suasananya tidak kalah nyaman dengan rumah lainnya. Tak hanya itu, tentu Anda juga ingin memiliki hunian yang sehat dan aman bukan?


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.