Persiapkan Dapur Qurban 2019, Pemprov DKI Gandeng Hotel Borobudur

Berita Kawasan

Persiapkan Dapur Qurban 2019, Pemprov DKI Gandeng Hotel Borobudur

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki program khusus Iduladha yang dinamakan Dapur Qurban. Program yang diadakan semenjak tahun 2018 ini diadakan untuk menyalurkan hewan kurban dari para pegawai Pemprov DKI dan BUMD yang telah melalui proses pengolahan ke masyarakat yang membutuhkan di Ibu Kota. Untuk Dapur Qurban 2019, Pemprov DKI menggandeng Hotel Borobudur untuk mengolah daging dari ratusan kilogram hewan kurban yang telah disembelih.

Untuk tahun ini, program Dapur Qurban 2019 berhasil mengumpulkan 189 ekor sapi, satu kerbau, dan 306 ekor kambing. Kemudian setelah melalui proses penyembelihan dan pemotongan dagingnya, sebagian daging sapi ada yang dikirim ke Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Pihak hotel yang berlokasi di Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat itu mengaku ada sekitar 302,65 kilogram daging sapi yang mereka terima.

Persiapkan Dapur Qurban 2019, Pemprov DKI Gandeng Hotel Borobudur

Chef Hotel Borobudur Ade Sandi menyebut, ratusan kilogram daging sapi itu dikirimkan Pemprov DKI pada 12 Agustus 2019 dini hari. “Sesuai prosedur tim kami menerima dagingnya standar layak dan siap untuk diolah,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (12/8/2019).

[Baca Juga: DKP Pastikan Hewan Kurban Sehat Sampai Iduladha]

Daging-daging itu kemudian diolah menjadi menu daging rendang yang disajikan lengkap dengan nasi putih, sayuran tumis, dan kentang balado. Dengan bantuan 25 juru masak, makanan yang sudah selesai itu kemudian dibagi ke dalam 800 kotak untuk dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan di kawasan Kebon Sirih, Kampung Melayu, dan Tanah Tinggi.

Menariknya untuk Dapur Qurban 2019, Hotel Borobudur mendukung imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendorong dihentikannya penggunaan plastik sebagai pembungkus daging. Oleh karena itulah, pihak Hotel Borobudur memilih menggunakan boks makanan yang ramah lingkungan dan biodegradable.

[Baca Juga: Ini Harga Hewan Kurban di Kawasan Pasar Radio Dalam]

Anies Baswedan pun sempat mengunjungi Hotel Borobudur untuk menyaksikan langsung proses pengolahan daging untuk program Dapur Qurban 2019. Didampingi langsung General Manager Hotel Borobudur James Costa, Anies merasa senang dengan hasil olahan para chef di hotel bintang lima tersebut.

“Sangat bersih dan rapi, dan dari penampilannya saja masakan ini memiliki kualitas yang sama dengan sajian di hotel bintang lima,” ucap Gubernur DKI Jakarta itu sebagaimana dilansir dari beritajakarta.id (12/8/2019). Sebelum pergi, Anies Baswedan menyempatkan diri untuk memberikan apresiasi atas usaha dari para chef serta staf dapur lain di Hotel Borobudur yang bekerja dari dini hari untuk mendukung program Dapur Qurban 2019.

[Baca Juga: Ribuan Pengurus Masjid Ikut Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban]

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini.jpg

Properti dan Solusi

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini

26 January 2021, 19:09

Hadir dengan desain yang lebih premium serta fitur yang lebih oke dibandingkan pendahulunya, realme Watch S Pro dibanderol di bawah Rp2 jutaan.

Krematorium Wahana Mulia Abadi Beroperasi Kebali dengan Alat Ramah Lingkungan

Berita Kawasan

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

26 January 2021, 18:09

Wali kota pun sangat mengapresiasi keberadaan krematorium dan berharap tempat tersebut memang disiapkan sehingga bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta.

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal di Jakarta Tak Berdampak

Bisnis

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal Tidak Tingkatkan Bisnis

26 January 2021, 18:05

Penambahan jam operasi pusat perbelanjaan dan restoran sebanyak satu jam di PPKM tahap dua dinilai tidak akan membawa dampak signifikan.

Lab Sains dan Teknologi Interior ITS Ciptakan Alat Bantu Gagang Pintu Anti COVID-19 .jpg

Pendidikan

Mahasiswa ITS Surabaya Ciptakan Alat Bantu Gagang Pintu Anti COVID-19

26 January 2021, 16:27

Tim mahasiswa dan dosen di ITS rancang alat bantu untuk menyentuh gagang pintu yang mampu menekan potensi penyebaran COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.