Persiapkan New Normal, Pemkot Medan Minta Masukan Perguruan Tinggi.jpg

Pendidikan

Persiapkan New Normal, Pemkot Medan Minta Masukan Perguruan Tinggi

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Medan sudah mempersiapkan Peraturan Wali Kota (Perwal) yang ditujukan untuk menyambut kondisi new normal di tengah pandemi COVID-19. Namun demi merampungkannya, Pemkot Medan meminta masukan banyak pihak terkait perwal tersebut. Di mana salah satunya adalah dari dunia akademisi seperti yang baru-baru ini dilakukan Pemkot Medan dengan mengunjungi dua perguruan tinggi yang ada di Kota Melayu Deli.

Pada 23 Juni 2020, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama jajarannya mendatangi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau UMSU yang berada di Jalan Muchtar Basir, Kecamatan Medan Timur. Di sana ia bertemu dengan Wakil Rektor I UMSU Muhammad Arifin serta Sekretaris UMSU Gunawan bersama jajarannya dan mengajak PLT Wali Kota Medan untuk berdialog di ruang rektorat.

Persiapkan New Normal, Pemkot Medan Minta Masukan Perguruan Tinggi .jpg

Akhyar Nasution pun menjelaskan, kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan terkait arahan yang tepat untuk new normal di Kota Medan. Ia bahkan memaparkan secara singkat apa saja poin penting yang masuk ke dalam Perwal new normal.

[Baca Juga: Medan Bersiap Terapkan New Normal]

“Pemko Medan sudah menyiapkan Perwal Baru baru, yakni Perwal Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi COVID-19. Dalam Perwal ini diatur setiap masyarakat wajib menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) antara lain dengan melakukan cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir atau pembersih tangan (hand sanitizer), physical distancing (jaga jarak), serta menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah. Akan tetapi agar lebih mengefektifkan Perwal tersebut, kami membutuhkan masukan dan saran dari pakar akademisi,” ucap Akhyar Nasution, sebagaimana dikutip dari pemkomedan.go.id (23/6/2020).

Pihak UMSU sendiri menyambut baik usulan masukan dari Pemkot Medan dan mencanangkan untuk membentuk tim dalam membantu proses pembuatan Perwal new normal itu. “Nantinya kami akan membentuk guna menghasilkan masukan yang nantinya akan disampaikan langsung ke Pemerintah Kota Medan sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan baru di tengah Pandemi COVID-19,” ujar Gunawan.

[Baca Juga: Belum Terapkan PSBB, Pemkot Medan Adakan Cluster Isolation]

Kunjungan Pemkot Medan ke perguruan tinggi dalam rangka persiapan new normal pada hari yang sama dilanjutkan dengan mendatangi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan (UNPAB). Pada kunjungan ke universitas yang berada di Kecamatan Medan Sunggal itu, Akhyar Nasution bertemu langsung Rektor UNPAB Muhammad Isa Indrawan.

Muhammad menyambut positif dengan permintaan masukan akademisi dari universitasnya untuk Perwal new normal. Karena ia tak memungkiri dalam menangani pandemi COVID-19 diperlukan kerjasama Pemkot Medan dan dunia pendidikan. Pasalnya, wabah akibat virus Corona ini juga memiliki dampak terhadap proses perkuliahan di perguruan tingginya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.