Pertahankan Kota Ramah Anak Jaksel Bangun Dua RPTRA di Jagakarsa.jpg

Berita Kawasan

Pertahankan Kota Ramah Anak, Jaksel Bangun Dua RPTRA di Jagakarsa

Pemerintah kota terus berusaha mewujudkan konsep kota ramah anak. Salah satunya yang dilakukan Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Sudin PRKP) Jakarta Selatan adalah dengan membangun dua Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di wilayah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ditargetkan pembangunan bisa selesai akhir tahun ini.

Kepala Sudin PRKP Jakarta Selatan Herry Purnama mengatakan, dari dua titik yang akan dibangun, baru lahan milik Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta yang sudah disurvei dan terkonfirmasi. Sementara lahan milik Dinas Kehutanan DKI Jakarta masih dikoordinasikan. "Satu lahan Dinas SDA DKI itu ada di Jalan Aselih Dalam, RT 12 RW 01, dengan luas sekitar 1.000 meter persegi. Kita sudah survei ke sana," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (4/3/2019).

[Baca Juga: Literasi Media untuk Jakarta Cerdas Gelar Dongeng di RPTRA]

Menurut Herry, lokasi lahan bersebelahan dengan Waduk Aselih. Sehingga nantinya desain RPTRA bisa menyesuaikan dengan kondisi sekitar waduk. "Rencananya Juli atau Agustus dibangun. Anggaran pembangunannya sekitar Rp2 miliar," tandasnya.

Dalam kesempatan berbeda, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta menyampaikan kehadiran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Ibukota merupakan bukti keberhasilan eksekutif dalam mewujudkan kota layak anak.

"Jadi bukan kita mandek jalankan program kota layak anak. RPTRA bagian dari implementasi program kota layak anak. Tempat di mana anak-anak bisa bermain dengan aman dan nyaman," ujar Kepala Dinas PPAPP DKI Dien Emmawati dalam rapat bersama Banggar DPRD masih dari sumber yang sama.

[Baca Juga: 8 Taman Kota di Kawasan Pasar Minggu]

Sebagai buktinya, kata Dien, pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Riau, Juli 2017 lalu, DKI berhasil meraih juara umum sebagai kota layak anak. Di acara yang sama, SMAN 3 Jakarta dan Puskesmas Petojo Selatan juga dinobatkan sebagai sekolah serta puskesmas layak anak. "Terakhir kita, DKI Jakarta dinobatkan sebagai provinsi penggerak kota layak anak," tandasnya.

RPTRA menjadi bagian penting dari kota ramah anak karena berbagai kegiatan dipusatkan di ruang publik ini. Beberapa wilayah di DKI Jakarta memanfaatkan RPTRA sebagai tempat untuk mengadakan pertunjukan dongeng multimedia, pelatihan menari, dan bahkan belajar musik bersama.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.