Pertahankan Kota Ramah Anak Jaksel Bangun Dua RPTRA di Jagakarsa.jpg

Berita Kawasan

Pertahankan Kota Ramah Anak, Jaksel Bangun Dua RPTRA di Jagakarsa

Pemerintah kota terus berusaha mewujudkan konsep kota ramah anak. Salah satunya yang dilakukan Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Sudin PRKP) Jakarta Selatan adalah dengan membangun dua Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di wilayah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ditargetkan pembangunan bisa selesai akhir tahun ini.

Kepala Sudin PRKP Jakarta Selatan Herry Purnama mengatakan, dari dua titik yang akan dibangun, baru lahan milik Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta yang sudah disurvei dan terkonfirmasi. Sementara lahan milik Dinas Kehutanan DKI Jakarta masih dikoordinasikan. "Satu lahan Dinas SDA DKI itu ada di Jalan Aselih Dalam, RT 12 RW 01, dengan luas sekitar 1.000 meter persegi. Kita sudah survei ke sana," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (4/3/2019).

[Baca Juga: Literasi Media untuk Jakarta Cerdas Gelar Dongeng di RPTRA]

Menurut Herry, lokasi lahan bersebelahan dengan Waduk Aselih. Sehingga nantinya desain RPTRA bisa menyesuaikan dengan kondisi sekitar waduk. "Rencananya Juli atau Agustus dibangun. Anggaran pembangunannya sekitar Rp2 miliar," tandasnya.

Dalam kesempatan berbeda, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta menyampaikan kehadiran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Ibukota merupakan bukti keberhasilan eksekutif dalam mewujudkan kota layak anak.

"Jadi bukan kita mandek jalankan program kota layak anak. RPTRA bagian dari implementasi program kota layak anak. Tempat di mana anak-anak bisa bermain dengan aman dan nyaman," ujar Kepala Dinas PPAPP DKI Dien Emmawati dalam rapat bersama Banggar DPRD masih dari sumber yang sama.

[Baca Juga: 8 Taman Kota di Kawasan Pasar Minggu]

Sebagai buktinya, kata Dien, pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Riau, Juli 2017 lalu, DKI berhasil meraih juara umum sebagai kota layak anak. Di acara yang sama, SMAN 3 Jakarta dan Puskesmas Petojo Selatan juga dinobatkan sebagai sekolah serta puskesmas layak anak. "Terakhir kita, DKI Jakarta dinobatkan sebagai provinsi penggerak kota layak anak," tandasnya.

RPTRA menjadi bagian penting dari kota ramah anak karena berbagai kegiatan dipusatkan di ruang publik ini. Beberapa wilayah di DKI Jakarta memanfaatkan RPTRA sebagai tempat untuk mengadakan pertunjukan dongeng multimedia, pelatihan menari, dan bahkan belajar musik bersama.


Read More

Artikel Lainnya

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online

16 April 2021, 11:17

Wali Kota Bogor bersama dengan Kapolresta Bogor Kota mengikuti launching aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR untuk pembuatan SIM baru serta perpanjangan SIM A dan C oleh Kapolri secara virtual di Mako Polresta Bogor Kota, Selasa (13/4/2021).


Comments


Please Login to leave a comment.