Pertahankan Zona Hijau, Rapid Test COVID-19 Diadakan di Kramat Jati.jpg

Kesehatan

Pertahankan Zona Hijau, Rapid Test COVID-19 Diadakan di Kramat Jati

Baru-baru ini kelompok Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVD-19 menggelar kegiatan rapid test di Lippo Kramat Jati, Jakarta Timur. Langkah ini disebut guna mendeteksi keberadaan COVID-19 di wilayah Jakarta Timur dalam rangka berusaha menjadikan kawasan ini sebagai zona hijau dari infeksi penyakit yang disebabkan virus Corona tersebut. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur pun sempat turun untuk meninjau kegiatan yang diadakan pada 23 Juni 2020 tersebut.

Berdasarkan keterangan Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, rapid test COVID-19 ini merupakan hasil kolaborasi antara Relawan Indonesia Bersatu Melawan COVID-19 bersama Pemkot Jakarta Timur. Di mana rapid test ini menargetkan 1.000 warga Kramat Jati.

Pertahankan Zona Hijau, Rapid Test COVID-19 Diadakan di Kramat Jati .jpg

Bila memang ditemukan hasil yang reaktif, maka warga tersebut akan langsung menjalani swab test. Langkah ini disebut penting demi terus menekan penyebaran penyakit itu, apalagi Kramat Jati memang sempat menjadi zona merah COVID-19 di kawasan Jakarta Timur.

“Tentunya kegiatan ini untuk menekan angka kasus penyebaran COVID-19. Memang, wilayah Kramat Jati ini awalnya zona merah (rawan tinggi kasus COVID-19). Namun, secara perlahan sudah menjadi zona hijau (rawan rendah), tetapi kita harus tetap mengantisipasi penyebaran COVID-19 ini,” ujar orang nomor satu di Jakarta Timur itu, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (23/6/2020).

[Baca Juga: Dipicu PSBB Kala COVID-19, Volume Sampah Jakarta Timur Berkurang Drastis]

Selain warga, para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kecamatan Kramat Jati juga turut mengikuti rapid test COVID-19. Anwar menyebut, para petugas PPSU merupakan orang-orang yang paling rentan terinfeksi COVID-19. Sehingga sebelum kembali ke lapangan, para petugas ini harus dipastikan memang bebas dari paparan penyakit yang diakibatkan Virus Corona itu.

“Mereka (PPSU) yang setiap harinya berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan maka rentan terpapar COVID-19, maka pemeriksaan ini wajib diikuti petugas PPSU,” sambung Anwar.

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah]

Pada kegiatan rapid test COVID-19 itu, Wali Kota Jakarta Timur juga menyempatkan diri untuk memberikan imbauan terkait protokol kesehatan yang harus dijalankan semua pihak pada kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar masa transisi seperti saat ini. Ia meminta semua pihak selalu menggunakan masker jika berada di luar rumah, melakukan physical distancing, dan memastikan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat demi membantu usaha pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Read More

Artikel Lainnya

2 Sutradara Perempuan Indonesia Digandeng Netflix dalam Produksi 2 Film Original

Hobi dan Hiburan

2 Sutradara Perempuan Digandeng Netflix dalam Produksi 2 Film Original

13 August 2020, 18:00

Kerjasama Netflix dengan Starvision dan Kalyana Shira dengan menggandeng dua sutradara perempuan ini menandakan investasi jangka panjang Netflix terhadap perfilman Indonesia.

Lebih Dekat dengan Jutaan Penggemarnya, realme Fans Fest Tahun Kedua Digelar.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dekat dengan Jutaan Penggemarnya, realme Fans Fest Tahun Kedua Digelar

13 August 2020, 17:00

Dalam waktu dekat, realme akan menggelar acara realme Fan Fest untuk menunjukkan apresiasinya kepada jutaan penggemarnya sekaligus untuk meluncurkan ponsel terbarunya.

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos Berdampak Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Bisnis

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bantuan Modal, Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

13 August 2020, 16:00

Ini tak terlepas dari salah satu syarat yang mesti dipenuhi pelaku UMKM untuk bisa mengajukan bantuan, yakni memiliki rekening di bank BUMN.

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan untuk PJJ

Pendidikan

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan Siswa untuk PJJ

13 August 2020, 15:00

Selain di lingkungan masyarakat, para siswa yang membutuhkan akses internet juga dapat menggunakan fasilitas internet gratis di gedung milik pemerintah.


Comments


Please Login to leave a comment.