Pertahankan Zona Hijau, Rapid Test COVID-19 Diadakan di Kramat Jati.jpg

Kesehatan

Pertahankan Zona Hijau, Rapid Test COVID-19 Diadakan di Kramat Jati

Baru-baru ini kelompok Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVD-19 menggelar kegiatan rapid test di Lippo Kramat Jati, Jakarta Timur. Langkah ini disebut guna mendeteksi keberadaan COVID-19 di wilayah Jakarta Timur dalam rangka berusaha menjadikan kawasan ini sebagai zona hijau dari infeksi penyakit yang disebabkan virus Corona tersebut. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur pun sempat turun untuk meninjau kegiatan yang diadakan pada 23 Juni 2020 tersebut.

Berdasarkan keterangan Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, rapid test COVID-19 ini merupakan hasil kolaborasi antara Relawan Indonesia Bersatu Melawan COVID-19 bersama Pemkot Jakarta Timur. Di mana rapid test ini menargetkan 1.000 warga Kramat Jati.

Pertahankan Zona Hijau, Rapid Test COVID-19 Diadakan di Kramat Jati .jpg

Bila memang ditemukan hasil yang reaktif, maka warga tersebut akan langsung menjalani swab test. Langkah ini disebut penting demi terus menekan penyebaran penyakit itu, apalagi Kramat Jati memang sempat menjadi zona merah COVID-19 di kawasan Jakarta Timur.

“Tentunya kegiatan ini untuk menekan angka kasus penyebaran COVID-19. Memang, wilayah Kramat Jati ini awalnya zona merah (rawan tinggi kasus COVID-19). Namun, secara perlahan sudah menjadi zona hijau (rawan rendah), tetapi kita harus tetap mengantisipasi penyebaran COVID-19 ini,” ujar orang nomor satu di Jakarta Timur itu, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (23/6/2020).

[Baca Juga: Dipicu PSBB Kala COVID-19, Volume Sampah Jakarta Timur Berkurang Drastis]

Selain warga, para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kecamatan Kramat Jati juga turut mengikuti rapid test COVID-19. Anwar menyebut, para petugas PPSU merupakan orang-orang yang paling rentan terinfeksi COVID-19. Sehingga sebelum kembali ke lapangan, para petugas ini harus dipastikan memang bebas dari paparan penyakit yang diakibatkan Virus Corona itu.

“Mereka (PPSU) yang setiap harinya berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan maka rentan terpapar COVID-19, maka pemeriksaan ini wajib diikuti petugas PPSU,” sambung Anwar.

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah]

Pada kegiatan rapid test COVID-19 itu, Wali Kota Jakarta Timur juga menyempatkan diri untuk memberikan imbauan terkait protokol kesehatan yang harus dijalankan semua pihak pada kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar masa transisi seperti saat ini. Ia meminta semua pihak selalu menggunakan masker jika berada di luar rumah, melakukan physical distancing, dan memastikan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat demi membantu usaha pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.