rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

Kebun binatang Semarang memiliki sejarah yang cukup panjang, dimulai pada tahun 1985 lokasi kebun binatang ini awalnya berada di daerah Tegalwareng sehingga kerap disebut sebagai kebun binatang Tegalwareng, sebelum akhirnya direlokasi di Taman Lele di kecamatan Tugu, Semarang. Proses relokasi kemudian tak berhenti sampai disitu saja, pada tahun yang sama Bonbin Semarang direlokasi ke daerah Tinjomoyo dan menempati areal baru di daerah Mangkang yang beralamat di Jl. Walisongo KM 16 pada 28 Februari 2007 silam.

Bertahan Kala Pandemi, Semarang Zoo Terpaksa Merumahkan Karyawan

Kepindahan kebun binatang Semarang ini ternyata masih terus dilakukan tepatnya pada tahun 2004. Pemkot Semarang merasa perlu merelokasi kembali Bonbin Semarang karena beberapa alasan diantaranya lokasinya yang jauh dari pusat kota, bangunannya yang rusak karena lokasinya yang labil serta akses penghubung ke lokasi terputus akibat terjangan banjir. Akhirnya pada tahun 2006 dengan menempati area seluas 10 Ha, Kebun Binatang Semarang direlokasi ke daerah Semarang barat tepatnya di Jl. Urip Sumoharjo No.1 seberang terminal Mangkang hingga saat ini.

Kabar baiknya, Kebun Binatang Mangkang Semarang atau Taman Margasatwa Semarang ini direncanakan akan dibangun sebuah Rumah Sakit Hewan (RSH) yang nantinya akan digunakan untuk pelayanan kesehatan veteriner para satwa kebun Binatang Semarang maupun satwa yang berasal dari luar kebun binatang.

[Baca Juga: Program Feeding Virtual Semarang Zoo, Atasi Krisis Pakan Satwa]

Menurut Choirul Awaludin selaku Direktur Utama Bonbin Mangkang Semarang, Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya. “Rumah sakit hewan di Kota Semarang belum ada. Luas lahan 2.000 hektare, kita buat klinik dulu baru menjadi rumah sakit hewan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (20/10/2021).

rshOK.jpg

Tak hanya sekedar membangun rumah sakit hewan saja, untuk menarik lebih banyak pengunjung dan mengedukasi masyarakat, pihaknya juga merenovasi beberapa fasilitas pendukung di kebun binatang Semarang, bahkan pihaknya tak segan membangun gedung baru. “Bangun total gedung baru dan renovasi. Bagian belakang sudah pembangunan dome sudah 85 persen sudah jadi. Kandang-kandang dan wahana juga diperbaharui,” tambah Choirul.

Saat ini proses pembangunan gedung RSH sudah dalam tahap rancang bangun yang membutuhkan investor untuk merealisasikan rencana tersebut. Selain melalui investor, pihaknya juga tengah menunggu penyertaan modal dari pemerintah kota Semarang. Selama menunggu, nantinya akan dibuatkan klinik hewan terlebih dahulu untuk pelayanan kesehatan veteriner. “Sambil kita melengkapi alat-alat kesehatan untuk satwa. Karena RS butuh dana sekitar Rp150 miliar. Targetnya di angka Rp75 miliar sudah cukuplah, sisanya nanti investor,” tandas Choirul.


Read More

Kebun Binatang Mangkang Semarang

Kebun Binatang

None
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.