Pertimbangkan Hentikan KRL, Pemkot Depok Masih Tunggu Kesepakatan

Berita Kawasan

Pertimbangkan Hentikan KRL, Pemkot Depok Masih Tunggu Kesepakatan

Pada pekan ini muncul kabar yang membenarkan kekhawatiran banyak pihak selama ini terkait penyebaran COVID-19 di wilayah Jabodetabek. Pasalnya, setidaknya ada sekitar enam penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) dengan rute lintas Bekasi dan Bogor yang terdeteksi positif terinfeksi Virus Corona jenis SARS-CoV-2. Munculnya pasien positif di KRL inilah yang memicu para kepala daerah di kawasan Bogor Raya, Bekasi Raya, dan Depok mendorong agar operasional KRL dihentikan.

Munculnya para pasien positif di KRL ini setelah dilakukan tes swab dengan metode Polymerase Chain Reaction atau PCR. Di mana pada 27 April 2020 dilakukan tes masif COVID-19 Stasiun Bogor terhadap 325 pengguna kereta KRL. Dari ratusan orang tersebut terungkap ada tiga orang yang positif terinfeksi Virus Corona tersebut. Hal yang sama juga dilakukan di Stasiun Bekasi pada 5 Mei 2020 dengan 300 pengguna KRL yang menjalani tes. Pasien positif COVID-19 pun kembali ditemukan dengan jumlah tiga orang pada tes PCR itu.

[Baca Juga: Hati-hati Angker, KRL Berisiko Tinggi Jadi Tempat Penularan COVID-19]

Namun yang paling mengkhawatirkan, mayoritas dari pasien tersebut terlihat sehat dan tanpa gejala bahkan masih terus menjalani kegiatan keseharian seperti berangkat-pulang kerja dengan menggunakan kereta komuter. Wali Kota Depok Mohammad Idris pun mengangkat suara dengan munculnya kasus positif COVID-19 ini.

“Terkait usulan penghentian operasional KRL, baru wacana para kepala daerah di Bodebek. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di KRL,” ujar politikus dari partai PKS tersebut, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (7/5/2020).

Pertimbangkan Hentikan KRL, Pemkot Depok Masih Tunggu Kesepakatan

Menurut Wali Kota Depok itu, wacana penghentian kereta KRL ini sebenarnya tidak terlepas dari kebijakan physical distancing atau jaga jarak fisik yang dipandang tak dijalankan para pengguna kereta komuter dengan tepat saat jam sibuk. Sehingga tak ayal hal ini dapat semakin meningkatkan risiko terjadi penyebaran virus SARS-CoV-2.

Namun agar wacana ini memang bisa dijalankan maka menurut Mohammad Idris, harus ada kesepakatan bersama banyak pihak, yaitu pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten serta Kota Bodebek, dan operasi kereta KRL. “Kami berharap usulan ini membuahkan hasil yang terbaik dari seluruh pihak terkait,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 3 months lalu
    anisa

    Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slots online aja. Bisa cari atau search di google Dupa88’net. Yang dimana menyediakan Berbagai Hadiah yg Wow guys. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di Dupa88,net serta ambil bonusnya sekarang juga.

  • Anisa 2 years, 3 months lalu
    anisa

    Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slots online aja. Bisa cari atau search di google Dupa88.net. Yang dimana menyediakan Berbagai Hadiah yg Wow guys. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di DUPA88.NET serta ambil bonusnya sekarang juga.

  • Emma 2 years, 3 months lalu
    emma

    Mau uang tambahan ? Cara nya mudah banget , langsung saja hubungi kami di Whatsapp : +855 97 347 5903 atau Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)