Pertumbuhan Entrepreneur Perempuan di Jakarta Terus Berkembang

Bisnis

Pertumbuhan Wirausaha Perempuan di Jakarta Terus Berkembang

Saat ini sudah semakin banyak generasi muda yang terjun ke dunia wirausaha dan mayoritas mereka membuka usahanya di Jakarta. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa dunia wirausaha masih didominasi kaum Adam. Menariknya, ini disinyalir dapat segera berubah. Pasalnya, perkembangan yang terus terjadi Ibu Kota hingga kini ternyata memberikan pengaruh besar dalam mendorong pertumbuhan bisnis yang didirikan para perempuan di Jakarta.

Kabar perkembangan iklim usaha untuk para wirausaha perempuan ini muncul dari hasil riset Dell Technologies dengan perusahaan IHS Markit terkait Indek Wirausahaan Wanita di Perkotaan atau Woman Entrepreneur Cities Index (WE Cities Index). Kedua perusahaan ini bekerjasama untuk menyusun peringkat 50 kota di dunia terkait kemampuan dalam mendorong pertumbuhan pengusaha perempuan. Riset itu kemudian diulas di acara pertemuan Dell Women Entrepreneur Network pada 14-16 Juli 2019 di Singapura.

Pertumbuhan Entrepreneur Perempuan di Jakarta Terus Berkembang

Sebagaimana dilansir dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (16/7/2019), dalam proses penyusunan peringkat 50 kota tersebut terdapat kategori karakteristik utama yang dilihari dari suatu kota yang terdiri dari modal, teknologi, bakat, budaya, dan pasar. Selanjutnya lima karateristik itu dibagi menjadi dua kelompok, yakni lingkungan operasional dan lingkungan pendukung. Kemudian peringkat keseluruhan memiliki 71 indikator yang akan dihimpun untuk menentukan apakah kota tersebut mampu mendorong usaha wirausaha perempuan.

Berdasarkan riset ini, Jakarta disebut mengalami kemajuan dibandingkan tahun 2017 walau berada di peringkat 49 dalam keseluruhan kategorinya. Peningkatan ini dikontribusi oleh dua karakteristik penting dalam riset ini yaitu di bidang teknologi dan modal. Bahkan bila dilihat dari dua hal ini, Jakarta berada di posisi kedua dibandingkan kota-kota lainya di negara Asia Pasifik dan Jepang yang masuk ke dalam riset dari Dell dan HIS Markit.

[Baca Juga: Melalui Produknya, Advan Lirik Wirausaha Kuliner]

Dari bidang teknologi, Ibu Kota meraih nilai 21,2 yang diambil dari data mengenai perubahan signifikan terkait perempuan yang mengunakan internet, ponsel pintar, dan rata-rata biaya internet per bulannya.

Sedangkan dari bidang modal, Jakarta meraih nilai 24,0. Nilai ini didapatkan dari Jakarta menunjukkan kinerja yang bagus dalam peningkatan total investasi perusahaan yang memiliki minimal satu eksekutif dari kaum hawa. Selain itu ada peningkatan di dua ranah, yaitu di persentase modal usaha yang ditanamkan di sejumlah bisnis yang memiliki sekitar 25 persen eksekutifnya adalah perempuan dan nilai dari modal usaha yang ditanamkan di berbagai bisnis dengan 25 persen jajaran eksekutifnya berasal dari kaum hawa.

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Favorit untuk Pengusaha Muda]

Peningkatan Jakarta di dalam peringkat ini menunjukkan bahwa Ibu Kota terus mendorong berkembangnya wirausaha perempuan dan ini dapat memicu munculnya pengusaha perempuan yang mendirikan startup baru. Hal yang senada juga disampaikan Dell Technologies Indonesia.

“Sebagai salah satu kota yang menjadi pusat pertumbuhan perusahaan rintisan (startup), kenaikan peringkat Jakarta dalam indeks WE Cities merupakan tanda positif dari peran kota ini sebagai pusat pertumbuhan. Dan kita perlu membantu membuka lebih banyak pintu bagi wirausaha wanita untuk mewujudkan ambisi wirausahanya,” tutur General Manager Dell Technologies Indonesia Richard Jeremiah pada rilis.

Walau sudah meningkat, berdasarkan laporan peringkat 50 kota di dunia terkait kemampuan dalam mendorong pertumbuhan pengusaha perempuan, Jakarta masih perlu berbenah, khususnya dalam karateristik bakat. Riset dari Dell Technologies dan IHS Markit menjelaskan, Jakarta masih perlu memperbaiki rasio perempuan dalam pengalaman eksekutifnya, meningkatkan persentasi populasi perempuan dengan pendidikan minimal menengah atas atau lebih tinggi, dan terakhir adalah disediakannya kursus pelatihan manajemen bisnis atau keuangan untuk eksekutif perempuan.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.