Pertunjukan Ondel-Ondel Digelar di Ibu Kota Hingga 26 Juni 202 2.jpg

Berita Kawasan

Pertunjukan Ondel-Ondel Digelar di Ibu Kota Hingga 26 Juni 2022

Ondel-ondel dan Jakarta merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Mengingat pertunjukan boneka besar ini sangat erat hubungannya dengan budaya masyarakat Betawi sehingga tak mengherankan ondel-ondel merupakan ikon dari Ibu Kota. Namun aspek yang disayangkan oleh banyak pihak adalah masih menjadikan ondel-ondel sebagai objek untuk mengamen padahal Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah memiliki Perda yang melarang kegiatan ini. Langkah pengamen ondel-ondel ini dinilai dapat merusak citra dari ikon Jakarta. Oleh karena itulah kerap dilakukan penertiban. Namun selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga memilih langkah humanis dalam penertiban ini dengan cara menggandeng para pengamen ondel-ondel.

Realisasi upaya menggandeng para pengamen ondel-ondel ini bisa dilihat dari kegiatan pembinaan yang sudah digelar sebenarnya sejak awal Juni 2022. Di mana para pegiat ondel-ondel di Jakarta diundang mengikuti workshop serta pagelaran pertunjukan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

Pertunjukan Ondel-Ondel Digelar di Ibu Kota Hingga 26 Juni 2022.jpg

Setelah pembinaan dengan para budayawan Betawi itu barulah sejak 18 Juni 2022, pertunjukan ondel-ondel ini dilanjutkan dengan penampilannya di berbagai lokasi pusat keramaian Ibu Kota. Digelarnya pertunjukan ini disebut tak terlepas dari langkah penerapan +Jakarta, yakni berkolaborasi dengan antaraelemen, termasuk terhadap pihak swasta serta pelaku seni ondel-ondel di Ibu Kota.

“Sebagai ikon budaya Betawi yang telah ditetapkan, ondel-ondel perlu mendapatkan perhatian khusus. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai perwujudan Jakarta Kota Kolaborasi di mana pemerintah, swasta, dan sanggar ondel-ondel bersama-sama melestarikan kebudayaan yang ada di Jakarta,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (20/6/2022).

[Baca Juga: Rayakan HUT ke-494 DKI Jakarta, Ancol Hadirkan Ondel-Ondel Dalam Air]

Pada pertunjukan ondel-ondel ini terdapat sekitar 35 sanggar ondel-ondel yang dilibat dari seluruh wilayah Jakarta dengan total pesertanya ada 525 orang. Menurut Iwan, ratusan pegiat ondel-ondel itu akan menampilkan pertunjukan yang dinamis di lokasi seperti Mal Kota Kasablanka, Kawasan Kota Tua Jakarta, Baywalk Mall, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Taman Ismail Marzuki, Pekan Raya Jakarta, AEON Mall JGC, dan di kawasan Pecinan Glodok.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.