MATRAMAN-KAWASAN-PERUSAHAAN RINTISAN KU KA MEMBAWA RIBUAN PRODUK LOKAL KE JEPANG-RACHLI-1100 px X 600 px-02.jpg

Bisnis

Perusahaan Rintisan Ku Ka Membawa Ribuan Produk Lokal ke Jepang

Ku Ka marketplace khusus produk lokal Indonesia, konsisten dengan janjinya untuk selalu berjalan maju bersama produk lokal. Jika platform daring lain memudahkan masuknya produk luar ke Indonesia, Ku Ka justru baru saja menerbangkan 3.200 produk dari 30 merek lokal Indonesia.

Produk-produk tersebut akan dipamerkan dan diperjualbelikan dalam momen Hello 2019, Love Indonesia, 1-14 Januari 2019 di SEIBU Shibuya Jepang. Melalui proses panjang selama delapan bulan terakhir, Ku Ka mengakui membawa produk lokal menuju pasar global bukan perkara mudah.

CEO & Founder of Ku Ka Indonesia Titonius Karto mengatakan, kesempatan ini berawal dari ketika pihaknya membawa enam produk lokal fesyen dan aksesoris ke Amazon Fashion Week Tokyo 2018, melengkapi koleksi (X)SML bulan Maret lalu. Setelah event tersebut selesai, Ku Ka mendapat penawaran untuk membawa produk-produk lokal Indonesia untuk pameran dan diperjualbelikan di SEIBU Jepang.

[Baca Juga: Tampil Cantik Dengan 5 Cushion Lokal Ini]

“Buat kami, ini kesempatan besar yang tidak layak dilewatkan untuk membesarkan produk Indonesia, walaupun kami tau tantangannya akan besar apalagi dengan timeline, yang bisa dibilang mepet dan status Ku Ka sebagai perusahaan rintisan. Bermodal spirit yang sering kami gaungkan lewat tagar #saatnyalokal, kami memutuskan untuk menerima tawaran ini.” ujarnya melalui rilis yang diterima PingPoint.co.id (28/12/2018).

Aplikasi Ku Ka Made In Indonesia

Tantangan di Lapangan

Perihal tantangan di lapangan, perusahaan rintisan yang berlokasi di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur ini menyadari keputusan menerima tawaran menghadirkan produk Indonesia di SEIBU Jepang akan menjadi awal tantangan tersendiri bagi perusahaan rintisan yang berdiri sejak tahun 2015 ini.

Pihaknya berkomitmen untuk menerima tawaran tersebut, meskipun menemui tantangan terkait memajukan produk lokal ke pasar global. Tantangannya mulai dari kesiapan beberapa brand lokal, hingga mempelajari sistem instansi pemerintahan. Brand yang lolos pemetaan kurasi dari segi design dan kualitas dari Ku Ka, begitu diajukan ke Jepang kadang terkendala administrasi usaha dan sertifikasi.

[Baca Juga: Mengintip Bisnis Kuliner Ayam Saus Telur Asin Beromzet Miliaran]

“Ku Ka akhirnya memiliki insight baru untuk brand lokal Indonesia, bahwa untuk pasar di negara maju, produk-produk yang berkaitan dengan makanan atau bersentuhan langsung dengan kulit, sertifikasi adalah hal penting. Dalam kasus pasar Jepang, Ku Ka akhirnya memproses sertifikasi internasional untuk beberapa produk yang menurut kami layak diperjuangkan, menggunakan dana operasional sendiri,” cerita Titonius.

Namun apapun rintangannya, Ku Ka berhasil melewati. Sejumlah 3.200 produk lokal telah tiba di Tokyo, Jepang pada tanggal 18 Desember 2018 lalu. Ku Ka mengaku masih tetap optimistis akan kemajuan produk lokal dan akan terus mencari jalan yang tepat untuk mengembangkannya.

“Dari berdiri, kami menyadari bahwa produk lokal memiliki pasarnya sendiri, unik. Kualitas dan nilai dibalik sebuah produk masih menjadi keunggulan produk-produk Indonesia. Porsi pasarnya belum besar,” ucap Titonius.

Read More

Artikel Lainnya

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

Kecantikan dan Fashion

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

15 September 2019, 19:00  |  15 Views

Sekarang ini, kecantikan bukan hanya sebagai kebutuhan tambahan saja, tetapi menjadi sebuah keharusan yang dirawat secara rutin. Salah satunya adalah suntik kromosom.

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Berita Kawasan

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

15 September 2019, 18:00  |  12 Views

Pelaksanaan workshop Shoot Free Urban Bus Fleet in Asia bertujuan untuk mencari solusi adanya pencemaran udara di kota-kota besar di Asia termasuk Jakarta.

Tulang Belakang Anda Suka Sakit Perhatikan Tips Ini

Kesehatan

Tulang Belakang Anda Suka Sakit? Perhatikan Tips Ini!

15 September 2019, 17:00  |  21 Views

Terlalu lama duduk saat di kantor atau dalam perjalanan panjang dapat menyebabkan sakit tulang punggung belakang.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis

Properti dan Solusi

Pilihan Tanaman untuk Pekarangan Rumah Minimalis

15 September 2019, 16:00  |  23 Views

Mendesain dan menata taman pada rumah minimalis tergolong tidak sulit, cukup berikan perhatian pada beberapa hal dan jangan lupa dirawat secara teratur.


Comments


Please Login to leave a comment.