MATRAMAN-KAWASAN-PERUSAHAAN RINTISAN KU KA MEMBAWA RIBUAN PRODUK LOKAL KE JEPANG-RACHLI-1100 px X 600 px-02.jpg

Bisnis

Perusahaan Rintisan Ku Ka Membawa Ribuan Produk Lokal ke Jepang

Ku Ka marketplace khusus produk lokal Indonesia, konsisten dengan janjinya untuk selalu berjalan maju bersama produk lokal. Jika platform daring lain memudahkan masuknya produk luar ke Indonesia, Ku Ka justru baru saja menerbangkan 3.200 produk dari 30 merek lokal Indonesia.

Produk-produk tersebut akan dipamerkan dan diperjualbelikan dalam momen Hello 2019, Love Indonesia, 1-14 Januari 2019 di SEIBU Shibuya Jepang. Melalui proses panjang selama delapan bulan terakhir, Ku Ka mengakui membawa produk lokal menuju pasar global bukan perkara mudah.

CEO & Founder of Ku Ka Indonesia Titonius Karto mengatakan, kesempatan ini berawal dari ketika pihaknya membawa enam produk lokal fesyen dan aksesoris ke Amazon Fashion Week Tokyo 2018, melengkapi koleksi (X)SML bulan Maret lalu. Setelah event tersebut selesai, Ku Ka mendapat penawaran untuk membawa produk-produk lokal Indonesia untuk pameran dan diperjualbelikan di SEIBU Jepang.

[Baca Juga: Tampil Cantik Dengan 5 Cushion Lokal Ini]

“Buat kami, ini kesempatan besar yang tidak layak dilewatkan untuk membesarkan produk Indonesia, walaupun kami tau tantangannya akan besar apalagi dengan timeline, yang bisa dibilang mepet dan status Ku Ka sebagai perusahaan rintisan. Bermodal spirit yang sering kami gaungkan lewat tagar #saatnyalokal, kami memutuskan untuk menerima tawaran ini.” ujarnya melalui rilis yang diterima PingPoint.co.id (28/12/2018).

Aplikasi Ku Ka Made In Indonesia

Tantangan di Lapangan

Perihal tantangan di lapangan, perusahaan rintisan yang berlokasi di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur ini menyadari keputusan menerima tawaran menghadirkan produk Indonesia di SEIBU Jepang akan menjadi awal tantangan tersendiri bagi perusahaan rintisan yang berdiri sejak tahun 2015 ini.

Pihaknya berkomitmen untuk menerima tawaran tersebut, meskipun menemui tantangan terkait memajukan produk lokal ke pasar global. Tantangannya mulai dari kesiapan beberapa brand lokal, hingga mempelajari sistem instansi pemerintahan. Brand yang lolos pemetaan kurasi dari segi design dan kualitas dari Ku Ka, begitu diajukan ke Jepang kadang terkendala administrasi usaha dan sertifikasi.

[Baca Juga: Mengintip Bisnis Kuliner Ayam Saus Telur Asin Beromzet Miliaran]

“Ku Ka akhirnya memiliki insight baru untuk brand lokal Indonesia, bahwa untuk pasar di negara maju, produk-produk yang berkaitan dengan makanan atau bersentuhan langsung dengan kulit, sertifikasi adalah hal penting. Dalam kasus pasar Jepang, Ku Ka akhirnya memproses sertifikasi internasional untuk beberapa produk yang menurut kami layak diperjuangkan, menggunakan dana operasional sendiri,” cerita Titonius.

Namun apapun rintangannya, Ku Ka berhasil melewati. Sejumlah 3.200 produk lokal telah tiba di Tokyo, Jepang pada tanggal 18 Desember 2018 lalu. Ku Ka mengaku masih tetap optimistis akan kemajuan produk lokal dan akan terus mencari jalan yang tepat untuk mengembangkannya.

“Dari berdiri, kami menyadari bahwa produk lokal memiliki pasarnya sendiri, unik. Kualitas dan nilai dibalik sebuah produk masih menjadi keunggulan produk-produk Indonesia. Porsi pasarnya belum besar,” ucap Titonius.

Read More


Artikel Lainnya

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

Bisnis

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

20 June 2019, 10:00  |  11 Views

MMA sebentar lagi menggelar penghargaan Smarties, asosiasi ini mengajak pengusaha lokal di Indonesia untuk ikut dalam perhelatan tersebut.

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

Kesehatan

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

20 June 2019, 11:00  |  13 Views

Kanker masih jadi penyakit yang menyeramkan di Indonesia. Kenali kanke rotak lebih dalam agar bisa ditangani dengan tepat.

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

Berita Kawasan

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

20 June 2019, 09:00  |  10 Views

Kelas Berlari MILO merupakan wadah bagi para peserta khususnya pelari pemula untuk mempersiapkan diri mengikuti MILO Jakarta International 10K.

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Bekerjasama Memajukan Wilayah Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur

20 June 2019, 12:00  |  4 Views

Pemkot Jaktim menerima audiensi PT. JIEP pada 17 Juni 2019. Kedua pihak membahas penataan kota demi bersama memajukan wilayah kota Jakarta Timur.


Comments


Please Login to leave a comment.