Perusahaan Teknologi Pendidikan Ini Beri Layanan Belajar Online Gratis

Pendidikan

Perusahaan Teknologi Pendidikan Ini Beri Layanan Belajar Online Gratis

Sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) memutuskan menghentikan aktivitas sekolah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Proses pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka menjadi dilakukan dengan cara jarak jauh atau online.

Terkait hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan perusahaan di bidang teknologi pendidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran secara online. Kemendikbud sendiri kini mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar yang dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id.

Layanan tersebut memiliki fitur seperti Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Perusahaan Teknologi Pendidikan Ini Beri Layanan Belajar Online Gratis

"Kami menghargai mitra-mitra di sektor swasta yang secara sukarela mendukung sistem pendidikan nasional dan memastikan para siswa dapat terus belajar berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh guru dan sekolah sesuai kebutuhan dan implementasi pembelajaran dengan bimbingan orang tua dan guru dari jarak jauh," kata Nadiem, dilansir dari siaran persnya (16/3/2020).

Sejumlah perusahaan teknologi pendidikan menyatakan kesanggupannya untuk mendorong sistem belajar online dengan memberikan fasilitas yang dapat diakses masyarakat secara gratis. Dilansir dari laman Kemendikbud.go.id, berikut bentuk layanan gratis yang diberikan oleh sejumlah perusahaan teknologi pendidikan.

1) Google

Seperti Google yang membantu para siswa dan guru dengan layanan G Suite for Education, yakni media pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa yang dapat diakses gratis.

"Melalui G Suite for Education, para siswa dapat terus belajar meski ketika akses internet lambat atau tidak tersedia dan dimanapun mereka berada," kata Public Policy & Government Relations Manager Google Indonesia Danny Ardianto.

Melalui layanan G Suite for Education ini, para guru dan siswa dapat menggunakan Hangouts Meet, alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite, dan Google Classroom. Google menyediakan layanan fitur Hangouts Meet yang lengkap secara gratis hingga 1 Juli 2020.

Layanan ini dapat diakses di https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/.

2) Microsoft

Layanan gratis juga diberikan oleh Microsoft. Education Lead PT. Microsoft Indonesia Benny Kusuma mengatakan pihak sekolah cukup menyediakan domain institusi untuk dapat mengakses Office 365 secara gratis. Melalui fasilitas Teams dalam Office 365, guru dan siswa dapat bertatap muka melalui video conference.

"Guru dapat mengirimkan materi ajar berbasis teks, suara maupun video melalui teams class kepada para muridnya. Demikian pula para murid bisa berdiskusi dengan guru dan murid yang lain di dalam teams class tersebut," jelasnya.

Layanan ini dapat diakses di Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office.

[Baca Juga: Kuliah Jarak Jauh di UT Rawamangun Pilihan Bagi Anda yang Sibuk]

3) Quipper

Sementara itu, Content Associate Manager Quipper Hanani Faiza mengatakan pihaknya memberikan materi gratis bagi para siswa dan guru, seperti ideo, modul, dan kumpulan soal ujian nasional (UN) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi masuk mandiri perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Mereka juga bisa menggunakan layanan Quipper School untuk memberi tugas dan ujian serta memonitor hasilnya.

“Pelayanan ini dikhususkan untuk sekolah yang terkena dampak dan akan tersedia mulai hari Selasa, 17 Maret 2020,” tutur Hanani.

Layanan ini dapat diakses di Quipper School: https://www.quipper.com/id/school/teachers/.

4) Ruangguru

Layanan pembelajaran online gratis juga diberikan oleh Ruangguru. Chief Executive Officer (CEO) dan Pendiri Ruangguru Bela Devara mengumumkan pembukaan Sekolah Online Ruangguru Gratis. Seperti sekolah seperti biasa, para siswa dapat pembelajaran jarak jauh secara online setiap Senin-Jumat per 16 Maret 2020. Akan ada 15 kanal live teaching untuk semua mata pelajaran.

“Para guru di Indonesia juga dapat mengikuti Pelatihan Guru Online gratis selama satu bulan kedepan. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional,” terang Belva.

Layanan ini dapat diakses di Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://sekolahonline.ruangguru.com

[Baca Juga: Kemendikbud Resmi Tunda Ujian Nasional SMK di Jakarta]

6) Sekolahmu

Direktur Sekolahmu Radinka Qiera mengatakan pihaknya menyediakan kelas-kelas home learning di seluruh jenjang prasekolah sampai SMA dan orang tua. Dia mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan ratusan sekolah dan organisasi. Dia mengatakan program yang disediakan di Sekolahmu telah dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik yang mumpuni.

“Sekolahmu akan menyediakan kelas-kelas home learning bagi seluruh jenjang dari pra-sekolah sampai SMA, juga orang tua, sebagai pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah yang akan dikurangi atau ditutup karena COVID-19 secara gratis. Kami juga memfasilitasi sekolah dan guru untuk tetap dapat mengajar sesuai kurikulum yang dibutuhkan secara fleksibel," jelas Radinka.

Layanan ini dapat diakses di belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas

7) Zenius

Zenius juga memberikan layanan gratis kepada siswa untuk mempersiapkan UN dan UTBK. CEO Zenius, Rohan Monga mengatakan pihaknya memberikan akses gratis ke lebih dari 80 ribu video pembelajaran agar para siswa dapat belajar secara mandiri.

“Kami siap membantu kelancaran proses pembelajaran dengan memberikan akses gratis ke lebih dari 80 ribu video pembelajaran agar siswa bisa mendapatkan proses belajar mandiri yang terstruktur," ujarnya.

Layanan ini dapat diakses di Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri.

[Baca Juga: Disdik Kota Bekasi Imbau Sekolah Tidak Study Tour untuk Cegah COVID-19]

8) Kelas Pintar

Kelas Pintar turut memberi dukungan untuk kebijakan belajar secara online guna mencegah penyebaran COVID-19. Dengan layanan gratis Kelas Pintar, siswa dan guru dapat melakukan proses belajar. Dengan begitu proses belajar mengajar tetap berjalan.

"Selama satu bulan ke depan, Guru maupun Siswa di seluruh Indonesia bisa menggunakan solusi belajar daring dari Kelas Pintar secara gratis. Agar proses pembelajaran siswa tetap berlanjut, kapan dan dari manapun," jelasnya.

Layanan ini dapat diakses di Kelas Pintar: https://kelaspintar.id.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.