Perwakilan PBB Tengok Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari

Berita Kawasan

Perwakilan PBB Tengok Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari

Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari yang berlokasi di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara baru-baru ini kedatangan tamu istimewa. Pasalnya, perwakilan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bagian United Nation Office on Drugs and Crime/UNODC (Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa Urusan Narkoba dan Kejahatan) melakukan kunjungan ke sana pada 5 September 2019 untuk melihat berbagai aktivitas para mantan pengguna narkotika pasca-rehabilitasi di sana.

Kunjungan ini disinyalir untuk studi percontohan terkait usaha menghentikan penyalahgunaan narkoba oleh para mantan pecandu. Country Manager and Liaison to ASEAN UNODC Collie F Brown menjelaskan, pihaknya tertarik dengan apa saja aktivitas pemberdayaan apa saja yang digelar di Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari.

Perwakilan PBB Tengok Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari

“Saya sangat tertarik dengan apa yang saya lihat di sini. Kita juga bisa berbagi dengan negara lain. Kita berpartisipasi di kegiatan internasional yang ada di seluruh dunia. Kita bekerjasama dengan publik sepanjang waktu dan ini adalah pelajaran berharga,” ucap Brown, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (6/9/2019).

Kunjungan perwakilan PBB ini juga didampingi pihak Bandan Nakotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara. Kepala BNNK Jakarta Utara Yuanita Amelia Sari menjelaskan, kunjungan ini merupakan pendalaman penelitian mengenai metode baru untuk mencegah penggunaan narkotika yang mengedepankan peran dari keluarga. Penelitian ini pun dipandang tepat dilakukan di Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari, mengingat tempat ini disebut mampu mengikis stigma negatif terkait pengguna narkoba di wilayah tersebut.

[Baca Juga: Mantan Pengguna Narkoba Rilis Album Musik]

“Jadi setelah mereka (perwakilan PBB) melihat sendiri kenyataan lapangan bagaimana sinerginya antara Pemerintah Kota, BNNK, kemudian dunia swasta dan masyarakat untuk sama-sama mencegah narkoba. Maka ke depannya mereka akan memiliki program khusus di sini dan tentunya kita tunggu program mereka nanti seperti apa,” ucap Yuanita.

Sekadar informasi, Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari mulai resmi beroperasi pada tahun 2018 yang dikelola oleh BNNK Jakarta Utara dengan dukungan program CSR perusahaan PT Indonesia Power. Di mana lokasi ini merupakan bagian dari program BNNK Jakarta Utara yang dinamakan Posko Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika Muara Bahari. Kegiatan yang ada di sini pun beragam, dari mulai mendorong terbentuknya Usaha Kecil Mikro hingga kegiatan sosial bersama warga sekitar seperti pengajian, marawis, hingga kursus untuk pelajar.

[Baca Juga: RSKO Jakarta dan GIAN Komitmen Perangi Narkoba]

Perwakilan PT Indonesia Power juga turut hadir dalam kunjungan ini. Manager Administrasi PT Indonesia Power UPJP Tanjung Priok Taufik Rahman menyebut, Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari merupakan wadah kreativitas bagi klien pasca-rehabilitasi agar dapat mengembangkan diri yang disebut mampu menekan aktivitas negatif di area Kampung Muara Bahari.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.