Perwali Diteken Risma, Surabaya Bersiap PSBB 1

Berita Kawasan

Perwali Diteken Risma, Surabaya Bersiap PSBB

Setiap harinya angka penyebaran pandemi COVID-19 terus bertambah. Hingga Minggu (26/4/2020) malam, lawancovid-19.surabaya.go.id melansir, jumlah keseluruhan kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya sebanyak 368 kasus. Dengan rincian, 248 pasien masih dalam masa perawatan, 70 pasien dinyatakan sembuh, sementara 50 pasien telah dinyatakan meninggal dunia.

Banyak kalangan menyoroti situasi yang kian mengkhawatirkan ini, bahkan dari kalangan akademisi, belum lama ini, sempat mendesak Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya untuk segera memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Alasannya, kondisi terkini Kota Pahlawan sudah memenuhi syarat untuk kebijakan tersebut.

Pemkot Surabaya memberi jawaban atas desakan itu. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikabarkan telah menandatangani Peraturan Wali Kota (Perwali) tentang PSBB di Kota Surabaya, sebagaimana yang telah diarahkan Pemprov Jawa Timur melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 16 tahun 2020.

Perwali Diteken Risma, Surabaya Bersiap PSBB

Hal ini diungkapkan Koordinator Protokol Komunikasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya M Fikser. Sejatinya, tutur dia, pelaksanaan dari Perwali tersebut telah tercantum dalam berbagai surat edaran Wali Kota Surabaya yang sudah disebar dan disosialisasikan kepada masyarakat sejak jauh-jauh hari.

Ada pun langkah-langkah yang sudah diterapkan dan hanya ditingkatkan lebih tegas adalah cek poin yang ada di 17 titik perbatasan Surabaya, nantinya akan ada pengecekan bagi warga yang hendak memasuki Kota Surabaya. Sedangkan bagi pekerja kantoran, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pangan dan sembako, serta fasilitas vital, kebencanaan, media dan beberapa pekerja lainnya--yang diatur dalam perwali--tetap diperbolehkan beraktivitas dengan catatan mengurangi jumlah karyawan yang bertugas sebanyak 50 persen.

“Perwali itu langsung kami sosialisasikan hingga Senin, 27 April 2020. Kemudian pada Selasa, 28 April 2020 hingga Senin 11 Mei 2020 langsung pelaksanaan PSBB-nya,” ujar Fikser sebagaimana diberitakan Surabaya.go.id (24/4/2020).

[Baca Juga: Tanggap COVID-19, Pemkot Surabaya Kembali Sebar Belasan Ribu Masker]

Keesokkan harinya, Sabtu (25/4/2020), Pemkot Surabaya langsung menggelar rapat koordinasi bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), bertujuan untuk menyamakan persepsi agar selama pelaksanaan PSBB bisa berjalan efektif dan lancar.

Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Hendro Gunawan mengungkapkan, dari hasil rapat koordinasi terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam pelaksanaan PSBB nanti. Karena itu, pihaknya mengaku segera menindaklanjuti dengan pembuatan surat edaran, termasuk pengenaan jam malam dan sebagainya.

Diantaranya, pengendara roda dua dilarang berboncengan, kecuali keluarga dengan alamat yang sama. Sedangkan roda 4 maksimal hanya diperbolehkan 3 orang penumpang. Maka dari itu, sambung dia, sebelum hari pertama diterapkannya PSBB, dalam tiga hari ke depan pihaknya bakal melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

[Baca Juga: 4 Upaya Pemkot Surabaya Menekan Laju Penyebaran COVID-19]

Dalam sosialisasi tersebut, Pemkot Surabaya juga menggandeng jajaran Kepolisian, TNI, serta berbagai organisasi masyarakat lainnya. “Prinsip pengenaan ini kita lakukan secara persuasif, dan ini dilakukan bersama jajaran samping. Supaya penegakan hukumnya, kemudian pelaksanaan pembatasannya ini bisa berjalan efektif,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polrestabes Surabaya AKBP Anton Elfrino Trisanto menyatakan kesiapannya dalam mendukung penuh sekaligus membantu Pemkot soal pelaksanaan PSBB tersebut. Selaras dengan itu juga, pihaknya mengaku akan selalu bersinergi bersama TNI dalam mengamankan 17 titik akses pintu masuk ke Surabaya. “Kita bersama-sama dengan rekan-rekan TNI, rekan-rekan pemkot siap bahu membahu untuk melaksanakan PSBB tersebut,” tukasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.