Peserta Jambore Pramuka Bogor Ikut Pelatihan Keterampilan

Pendidikan

Peserta Jambore Pramuka Bogor Ikut Pelatihan Keterampilan

Kegiatan Jambore Cabang (Jamcab) ke-VI Gerakan Pramuka Kota Bogor telah resmi digelar sejak beberapa hari lalu. Pada kegiatan yang diadakan dari 2-5 Oktober 2019 ini dihadiri 2.972 peserta dan ratusan Pembina Pendamping. Menariknya, pada rangkaian kegiatan Jamcab yang digelar di Kampus Bogor Center School Asokal Hajar ini, para peserta Pramuka Penggalang selain berkemah, mereka juga turut mengikuti pelatihan keterampilan atau skill.

Pelatihan keterampilan ini masuk ke dalam rangkaian kegiatan hari kedua Jamcab ke-IV Pramuka Kota Bogor. Para peserta memperhatikan secara secara seksama berbagai materi yang disampaikan mentor. Di mana pelatihan keterampilan ini mencakup kegiatan seperti memasak, teknik sablon, mendaur ulang kertas, membuat kerajinan tangan, dan yang paling seru adalah ketika para peserta mempelajari mengenai drone hingga cara menerbangkannya.

Peserta Jambore Pramuka Bogor Ikut Pelatihan Keterampilan

“Jadi hari ini, anak-anak diberikan materi keterampilan dan kerajinan terdiri dari delapan sub model. Mulai dari memasak, membuat kerajinan dari limbah, hingga belajar fotografi dan sinematografi. Saya harap rasa ingin tahu yang tinggi dari anak-anak dapat tersalurkan dan dari kegiatan ini menambah wawasan mereka,” ucap Koordinator Modul Teknologi dan Kerajinan Adi Waskita di Kampus Bogor Center School Asokal Hajar, Jalan Atang Senjata, Kabupaten Bogor, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (3/10/2019).

[Baca Juga: Ini Lokasi Digelarnya Jambore Pramuka Kota Bogor 2019]

Para mentor yang hadir dalam kegiatan Jamcab ke-IV Pramuka Kota Bogor ini disebut merupakan para profesional di bidangnya masing-masing yang berasal dari berbagai komunitas serta organisasi di Kota Hujan. Salah satunya adalah mentor kerajinan limbah kayu Abdul Gopar. Dengan materi yang disampaikannya, ia ingin menunjukkan bahwa mempelajari mengaplikasikan gambar di media kayu yang notabene mudah didapatkan merupakan hal yang tidak sulit.

Abdul memandang, para peserta Pramuka Penggalang merasa antusias ketika mencoba langsung mempraktikan materi yang disampaikannya. “Saya harap anak-anak sepulang kegiatan ini memiliki keterampilan, baik dalam bidang teknologi maupun kerajinan. Dan membangun kesadaran mereka akan produk berbahan dasar limbah juga dapat memiliki nilai ekonomis,” tambahnya.

[Baca Juga: Mencicipi Macam-macam Jenis Madu Pramuka Sambil Berwisata]

Pada hari pertama Jamcab ke-IV Pramuka Kota Bogor, Wali Kota Bogor Bima Arya turut hadir untuk membukanya. Kala itu, ia mengatakan, pada hakikatnya kegiatan ini merupakan ajang berkumpulnya para Pramuka Penggalang demi meningkatkan keimanan serta ketakwaan Tuhan yang Maha Esa, rasa persaudaraan, nasionalisme, dan patriotisme dengan kepribadian yang berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika dan jiwa Pancasila.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.