Peserta Jambore Pramuka Bogor Ikut Pelatihan Keterampilan

Pendidikan

Peserta Jambore Pramuka Bogor Ikut Pelatihan Keterampilan

Kegiatan Jambore Cabang (Jamcab) ke-VI Gerakan Pramuka Kota Bogor telah resmi digelar sejak beberapa hari lalu. Pada kegiatan yang diadakan dari 2-5 Oktober 2019 ini dihadiri 2.972 peserta dan ratusan Pembina Pendamping. Menariknya, pada rangkaian kegiatan Jamcab yang digelar di Kampus Bogor Center School Asokal Hajar ini, para peserta Pramuka Penggalang selain berkemah, mereka juga turut mengikuti pelatihan keterampilan atau skill.

Pelatihan keterampilan ini masuk ke dalam rangkaian kegiatan hari kedua Jamcab ke-IV Pramuka Kota Bogor. Para peserta memperhatikan secara secara seksama berbagai materi yang disampaikan mentor. Di mana pelatihan keterampilan ini mencakup kegiatan seperti memasak, teknik sablon, mendaur ulang kertas, membuat kerajinan tangan, dan yang paling seru adalah ketika para peserta mempelajari mengenai drone hingga cara menerbangkannya.

Peserta Jambore Pramuka Bogor Ikut Pelatihan Keterampilan

“Jadi hari ini, anak-anak diberikan materi keterampilan dan kerajinan terdiri dari delapan sub model. Mulai dari memasak, membuat kerajinan dari limbah, hingga belajar fotografi dan sinematografi. Saya harap rasa ingin tahu yang tinggi dari anak-anak dapat tersalurkan dan dari kegiatan ini menambah wawasan mereka,” ucap Koordinator Modul Teknologi dan Kerajinan Adi Waskita di Kampus Bogor Center School Asokal Hajar, Jalan Atang Senjata, Kabupaten Bogor, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (3/10/2019).

[Baca Juga: Ini Lokasi Digelarnya Jambore Pramuka Kota Bogor 2019]

Para mentor yang hadir dalam kegiatan Jamcab ke-IV Pramuka Kota Bogor ini disebut merupakan para profesional di bidangnya masing-masing yang berasal dari berbagai komunitas serta organisasi di Kota Hujan. Salah satunya adalah mentor kerajinan limbah kayu Abdul Gopar. Dengan materi yang disampaikannya, ia ingin menunjukkan bahwa mempelajari mengaplikasikan gambar di media kayu yang notabene mudah didapatkan merupakan hal yang tidak sulit.

Abdul memandang, para peserta Pramuka Penggalang merasa antusias ketika mencoba langsung mempraktikan materi yang disampaikannya. “Saya harap anak-anak sepulang kegiatan ini memiliki keterampilan, baik dalam bidang teknologi maupun kerajinan. Dan membangun kesadaran mereka akan produk berbahan dasar limbah juga dapat memiliki nilai ekonomis,” tambahnya.

[Baca Juga: Mencicipi Macam-macam Jenis Madu Pramuka Sambil Berwisata]

Pada hari pertama Jamcab ke-IV Pramuka Kota Bogor, Wali Kota Bogor Bima Arya turut hadir untuk membukanya. Kala itu, ia mengatakan, pada hakikatnya kegiatan ini merupakan ajang berkumpulnya para Pramuka Penggalang demi meningkatkan keimanan serta ketakwaan Tuhan yang Maha Esa, rasa persaudaraan, nasionalisme, dan patriotisme dengan kepribadian yang berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika dan jiwa Pancasila.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.