danau-linting.jpg

Hobi dan Hiburan

Pesona Danau Linting di Sumatera Utara, Indah tapi Penuh Mistis

Mungkin banyak yang mengira, di Sumatera Utara hanya terkenal dengan Danau Tobanya saja. Namun, untuk diketahui Sumatera Utara juga menyimpan banyak lokasi wisata yang tidak kalah cantiknya dengan Danau Toba.

Danau lain yang terdapat di Sumatera Utara yang dapat menjadi tujuan wisata Anda adalah Danau Linting. Danau Linting merupakan pesona wisata di Sumatera Utara yang terletak di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deliserdang, hanya 1,5 jam dari Kota Medan.

Lokasi danau yang dikelilingi oleh pepohonan yang relatif besar, menjadikan tempat ini semakin indah pemandangannya. Danau ini pun tak terlepas dari cerita mistis dan legenda. Jadi bagi Anda yang berkunjung Danau Linting harus mematuhi aturan-aturan masyarakat dan etika di sekitar danau tersebut.

danau-linting.jpg

Alasan pertama datang ke Danau Linting adalah untuk mempelajari sejarah. Wisatawan bisa mendapatkan informasi baik dari pemandu lokal maupun penduduk setempat. Konon danau tersebut memiliki sejarah mistis dan legenda menarik tentang Indonesia. Menurut penduduk setempat, danau itu dijaga oleh makhluk suci dan tidak boleh ada yang berenang di dalamnya. Cerita lain mengatakan bahwa danau itu dulunya adalah gundukan tanah yang besar. Karena ledakan misterius. Itu membentuk cekungan raksasa dan terisi dengan air dari waktu ke waktu. Tak heran, danau itu terbentuk sesudahnya.

Alasan selanjutnya untuk mengunjungi Danau Linting tidak lain adalah ketenangannya. Orang-orang memanfaatkan nuansa damai danau untuk bersantai dan menghabiskan liburan mereka dengan damai. Bahkan, beberapa orang memilih situs untuk menghilangkan stres dan suasana hati yang buruk. Meskipun pengunjung harus membayar tiket masuk, mereka tidak akan menyesali hadiah yang akan mereka dapatkan nanti. Belum lagi danau yang dikelilingi pepohonan rindang semakin menyejukkan untuk relaksasi.

[Baca Juga: Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark]

Untuk menuju ke Danau Linting ini Anda bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Amplas Medan dengan biaya sekitar Rp20.000 per orang atau menggunakan kendaraan pribadi dan ditempuh sekitar dua jam dari Medan. Sepanjang perjalanan menuju Danau Linting ini Anda akan menikmati pemandangan sejuk dari perkebunan kelapa sawit, kakao serta karet yang terhampar indah di kiri dan kanan jalan.

Setelah sampai di kawasan Danau Linting, pintu masuk danau ini dijaga dan Anda akan dikenakan tarif Rp5.000 per orang untuk menikmati kawasan wisata ini. Anda tidak akan rugi jika berkunjung di Danau Linting ini, karena ketika memasuki kawasan danau, Anda akan langsung disuguhi oleh indahnya pemandangan danau dan pepohonan yang memberikan hawa sejuk di sekitarnya yang akan menghilangkan rasa lelah ketika perjalanan.

Danau Berair Panas

Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu mengenai Danau Linting dan danau ini memang belum banyak dikenal layaknya Danau Toba. Tetapi keindahan alam Danau Linting ini patut untuk dinikmati oleh Anda apalagi jika Anda adalah pencinta keindahan alam. Keunikan lain di danau ini adalah Danau Linting tersebut berair panas dan tidak berbau belerang. Namun, air di Danau Linting jika dicicipi masih terasa belerangnya. Keindahan alam lain yang dapat Anda rasakan di tempat ini adalah di tepian danau ini terdapat pohon-pohon beringin yang besar dan kecil yang membuat sekitar danau terasa sejuk untuk berkumpul bersama keluarga.

danau-linting.jpg

Ilham Harahap, pengunjung di Danau Linting mengatakan, dia sudah beberapa kali ke danau ini. Dia menyebut, Danau Linting mempunyai daya tarik yang berbeda. Walaupun tidak seluas danau kebanyakan, namun airnya yang berwarna hijau kebiru-biruan sangat memanjakan bagi para fotografer. "Cantik danaunya bang, airnya pun ada panas-panasnya gitu. Tapi memang agak sedikit seram juga tempatnya, penuh mistis," katanya pada PingPoint.co.id, (25/3/2021).

Anda dapat berendam di tepi danau dan merasakan relaksasi air panas sekitar 30 derajat celcius. Bagi Anda yang ingin bersantai di sekitar danau tidak perlu khawatir jika Anda juga ingin menikmati aneka jajanan, karena masyarakat setempat juga menjajakan makanan dan minuman ringan dengan harga terjangkau, mereka juga dengan ramah menawarkan tikar yang dapat Anda sewa dengan harga sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000. Cukup terjangkau bukan? Tidak ada salahnya jika Anda menikmati keindahan alam Danau Linting ini bersama orang-orang tersayang untuk menghabiskan liburan.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.