peternak ayamOK3.jpg

Bisnis

Peternak Ayam Petelur di Kendal Terancam Gulung Tikar

Naiknya harga pakan ternak membuat para peternak ayam petelur di Kabupaten Kendal menangis. Pasalnya kenaikan harga pakan ternak ini tak sebanding dengan harga telur yang beredar di pasaran. Salah seorang pekerja ternak ayam di Kendal meminta agar pemerintah menaikkan harga telur di tingkat peternak, karena jika kondisi ini terus berlangsung akan sangat mungkin banyak peternak yang gulung tikar dan berimbas pada pekerja ternak yang kehilangan pekerjaan. “Saat ini harga jagung pipilan untuk campuran pakan ternak, yang biasanya dijual Rp4.000 per kilogram kini naik menjadi Rp6.000 per kilogram,” ujar Ismari salah satu pekerja ternak ayam.

peternak ayamOK2.jpg

Ismari mengungkapkan jika kenaikan harga pakan ternak ini sangat berdampak pada biaya produksi. Dikatakan bahwa saat ini biaya produksi untuk menyediakan pakan ternak naik menjadi 70 persen. Ia bahkan menyebut jika para peternak hanya mampu menyediakan stok pakan selama dua hari saja padahal biasanya mereka bisa menyediakan stok pakan hingga satu bulan. “Bahkan peternak biasanya menyetok pakan hingga satu bulan, namun karena kondisi harga jagung naik maka ia hanya menyetok pakan untuk dua hari saja,” tambahnya.

Suwardi selaku Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Indonesia Jawa Tengah mengungkapkan jika memang saat ini harga pakan tidak sebanding dengan harga telur di pasar tradisional. Ia menyebut jika harga telur saat ini berkisar Rp15.000 di tingkat peternak, namun harga pakan malah mengalami kenaikan mulai Rp6.500 hingga Rp6.800 per kilogramnya. “Sedangkan harga pakan selalu naik. Sehingga para peternak ayam telur terancam gulung tikar,” ujar Suwardi dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (11/9/2021).

Menurut Suwardi naiknya harga pakan yang tidak dibarengi naiknya harga telur akan sangat merugikan peternak ayam petelur yang ada di Kendal. Saat ini saja di Kabupaten Kendal setidaknya terdapat 967 peternak ayam petelur dengan jumlah ayam mencapai 9,6 juta ekor. Dalam sehari saja, produksi telur mencapai 325 ton namun yang terjadi saat ini harga telur di pasar tradisional masih tinggi dan tidak menunjukkan adanya penurunan yaitu berkisar antara Rp20.000 hingga Rp22.000 per kilogram.

peternak ayamOK.jpg

Jika diasumsikan BEP akan tercapai jika harga pakan per kilo dikalikan tiga, maka saat ini kenyataannya para peternak mengalami kerugian yang cukup besar. “Idealnya, harga telur mestinya Rp19.500 per kilogram. Namun kenyataan saat ini harga telur cuma Rp15.000. Maka satu kilogram telur peternak mengalami kerugian sekitar Rp5.000, dikalikan 325 ton, maka akan ketemu sekitar Rp16 miliar,” terang Suwardi.

Sekjen Koperasi Unggas Sejahtera Kendal, Sigit Purnomo berharap agar pemerintah lebih memperhatikan kondisi para peternak ayam petelur. Para peternak saat ini masih bertahan dengan mengurangi populasi ayam tanpa mengurangi jumlah pegawai. Bahkan Sigit mengatakan jika saat ini ayam berusia 65 minggu telah diafkir yang normalnya baru dilakukan pada usia 85 minggu. “Selama ini para peternak juga sudah memberikan bantuan telur bagi nakes di tengah pandemi. Sehingga dengan adanya campur tangan pemerintah, para peternak diharapkan bisa bergairah lagi,” tandasnya berharap.


Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.