Produk Susunya Dipastikan Aman, Peternakan Sapi Perah Greenfields Bebas PM K.jpg

Bisnis

Peternakan Sapi Perah Greenfields Bebas PMK, Produkya Dipastikan Aman

Saat ini wabah Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK masih terus membayangi hewan ternak di Indonesia. Di mana setidaknya ada ratusan ribu hewan ternak yang tersebar di 268 kabupaten/kota di 22 provinsi Indonesia yang terjangkit PMK. Melihat kondisi ini, PT Greenfields Indonesia berupaya memastikan bahwa produk susu yang dihasilkan sapi-sapi mereka yang ada peternakannya di Jawa Timur selalu aman dikonsumsi. Oleh karena itulah pada akhir Juni 2022, pihak Greenfields Indonesia menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk melakukan pengecekan sapi-sapi di peternakannya.

PT Greenfields Indonesia memiliki lebih dari 16 ribu ekor sapi jenis Holstein dan Jersey yang tinggal di peternakannya yang berlokasi di dataran tinggi Kabupaten Malang serta Kabupaten Blitar. Di mana dari sisi perawatan hingga produksi, pihak Greenfields disebut berusaha menghadikan produk yang kaya akan nutrisi dan sehat. Melihat kabar PMK yang telah mewabah, Greenfields menyadari bahwa tak sedikit konsumen yang mungkin khawatir mengonsumsi produk dari sapi dan kambing, karena berasumsi ada potensi paparan. Walau virus yang menyebabkan PMK sebenarnya tak menular ke manusia, pihak Greenfields tetap berupaya memastikan keamanan produk serta sapi-sapi di peternakan mereka.

Produk Susunya Dipastikan Aman, Peternakan Sapi Perah Greenfields Bebas PMK.jpg

Keamanan ini dipertegas melalui Surat Keterangan Nomor 524.3/7875/122.3/2022 dari Dinas Pertenakan Jawa Timur pada akhir Juni 2022. Melalui surat keterangan itu, dipastikan produk susu sapi segar serta produk turunannya bebas dari paparan PMK. Menurut pihak Greenfields Indonesia, pihaknya juga telah mengambil berbagai langkah antisipasi untuk memastikan belasan ribu sapi di peternakannya di Jawa Timur dalam keadaan sehat.

“Peternakan PT Greenfields Indonesia menerapkan prosedur biosecurity yang sangat ketat. Ini termasuk penyemprotan desinfektan semua bagian kendaraan dari atas ke bawah; hanya truk dan mobil yang diberikan izin yang boleh masuk; semua kendaraan telah melalui proses pembersihan tambahan dan kontrol yang sangat ketat juga diterapkan terhadap kendaraan pengangkut tangki susu. Semua pakaian wajib dalam keadaan bersih termasuk alas kaki yang digunakan setiap harinya oleh semua pekerja. Tidak diperkenankan ada pengunjung dari luar yang datang. Setiap potensi transmisi dari pakaian kotor, ban, dan pakan ditangani dengan ketat,” papar General Manager Farms Greenfields Indonesia Richard Slaney, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPOint.co.id (26/7/2022).

[Baca Juga: Ini 3 Menu Inspirasi untuk Berbuka Puasa ala Greenfields]

Dari sisi kesehatan sapinya, Richard juga menyebut, pihaknya telah memiliki dokter yang rutin bekerja untuk memastikan populasi sapi di kedua peternakannya selalu dalam keadaan sehat. Hal ini diterapkan melalui pengecekan kesehatan rutin, vaksinasi, pemberian vitami, perawatan kuku sapi, hingga memastikan kebersihan dari lingkungan peternakan. Tak lupa pemrosesan susu sapi sebelum dikemas ke konsumen juga telah melewati proses pasteurisasi di suhu 126 derajat celsius selama empat detik dan dilanjutkan dengan sterilisasi UHT selama empat detik di suhu 137 derajat celsius.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.