GL-2

Hobi dan Hiburan

Pigo dan Trena, Bayi Penguin Lucu Penghuni Baru GL Zoo

Setelah beberapa waktu berhenti beroperasi karena kebijakan PPKM, mulai pekan ini Gembira Loka Zoo ( GL Zoo ) Yogyakarta kembali terbuka kunjungan untuk umum. Namun sesuai aturan pemerintah, pengunjung dibawah usia 12 tahun belum diperkenankan masuk. Yang menarik, pekan ini GL Zoo mempunyai beberapa binatang penghuni baru yang diyakini mampu menjadi daya tarik pengunjung.

Manager Pemasaran GL Zoo Yosi Hermawan mengungkapkan, penghuni baru GL Zoo antara lain adalah dua ekor bayi penguin , yang menetas bulan Juli lalu Karena dirawat dengan baik, anak Penguin tersebut mulai terlihat tumbuh besar dan sangat lucu.

“Banyak pengunjung yang penasaran ingin melihat anak-anak Penguin,“ ujar Yosi kepada wartawan Minggu, pekan lalu.

GL-1

Bayi Penguin Penghuni Baru GL Zoo

Dijelaskan Yosi, bayi Penguin penghuni baru GL Zoo diberi nama Trena dan Pigo. Dua ekor anakan Penguin ini merupakan jenis Penguin Jackass hasil perkawinan dari sesama Penguin koleksi Penguin koleksi GL Zoo yang didatangkan dari Afrika tahun 2014 lalu. Trena si kakak menetas pada tanggal 26 Juli sedangkan sang adik Pigo pada 29 Juli 2021. Induk mereka bernama Elly & Mike . Sejak kedatangannya, Penguin ini menjadi primadona pengunjung GL Zoo.

Nama Trena diberikan pada penguin ini yang mempunyai arti Hadiah dari Tuhan, sedangkan n ama Pigo bermakna cerdas, aktif, dan kadang cerewet. Nama ini disematkan oleh keeper karena melihat tingkah dan perilaku selama perawatan si Pigo yang cenderung aktif. Keeper memberi pakan melalui spet/ loloh dan potongan kecil fillet ikan. Tentunya asupan nutrisi dan vitamin sangat diperhatikan guna menjaga kesehatan baby penguin.

Sejak menetas, Trena dan Pigo dirawat secara hati-hati oleh seorang keeper ( perawat binatang ) agar asupan makanannya tercukupi. Keeper melakukan hand-rearing (rawat manusia) pada bayi penguin agar perawatan dan pemantauan tumbuh kembangnya lebih optimal.

Dalam pemberian pakan, seperti anak burung pada umumnya dengan cara di spet/ loloh. Tetapi karena pakan penguin adalah ikan, maka keeper menyiapkan fillet ikan yang diblender dan ditambahkan suplemen berupa minyak ikan dan vitamin B complex. Selain makanan tersebut, pada waktu tertentu, bayi-bayi Penguin juga diberikan tambahan makanan berupa potongan fillet ikan kecil-kecil disamping “jus ikan” yang diblender .

“ Pakan diberikan 6x sehari dengan porsi & nutrisi menyesuaikan dengan perkembangan berat badan/ pertumbuhan bayi penguin,“ ujar Yosi.

GL-3

Zoopeda. Bersepeda sambil belajar satwa

Yosi menambahkan, selama re-opening ini GL Zoo juga mempunyai program baru yang diberi nama #Zoopeda. Program #Zoopeda ini adalah program wisata kebun binatang Gembira Loka dengan menggunakan Sepeda. Program ini menggabungkan konsep penghobi olahraga sepeda dengan pecinta satwa. Adapun maksud dari konsep #Zoopeda sendiri adalah peserta tidak hanya mendapatkan manfaat kesehatan dari bersepeda, namun juga ikut serta dalam mendukung kelestarian satwa di Gembira Loka Zoo

Program bersepeda dengan jalur keliling area GL Zoo ini terbuka setiap Sabtu dan Minggu pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. Peserta boleh membawa sepeda sendiri maupun menyewa dari koleksi yang ada di GL Zoo. Selama berkeliling kebun binatang, pengunjung akan diawasi oleh petugas yang berpengalaman sehingga pengunjung tak perlu khawatir akan tersesat.

GL-4

Berfoto Selfie Dengan Satwa di GL Zoo

Sementara itu, GL Zoo Buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00, dengan tiket masuk GL Zoo masih tarif seperti biasa , yaitu Rp60.000 ( Senin-Kamis ) dan Rp.75 ribu ( Sabtu-Minggu dan Libur Nasional ) dan hari Jumat tutup. Hanya saja, sesuai anjuran pemerintah, anak-anak dibawah usia 12 tahun belum diperkenankan masuk ke lokasi GL Zoo dan pengunjung hendaknya sudah menerima vaksin , sedikitnya sebanyak 1 kali yang akan di cek lewat aplikasi pedulilindungi.


Read More

Gembira Loka Zoo

Kebun Binatang dan Konservasi Satwa

0274-373861, WA :0812-2266-2290
info@gembiralokazoo.com

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.