Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis

Properti dan Solusi

Pilihan Tanaman untuk Pekarangan Rumah Minimalis

Pada rumah minimalis dengan konsep simpel, biasanya memiliki lahan yang terbatas. Namun jika masih ada sedikit ruang di halaman depan, maka dapat difungsikan sebagai taman rumah. Taman pada rumah minimalis memang memiliki peran yang cukup penting, selain membuat tampilan rumah lebih indah dan segar, ruang kosong sebagai taman juga bermanfaat untuk menyejukkan rumah.

Untuk membuat konsep taman ini, Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk membangun dan mendesain konsep taman yang anda inginkan. Desain taman sangat dipengaruhi ukuran lahan. Hal ini bertujuan untuk menentukan konsep dan pilihan tanaman.

Bagi Anda yang memiliki lahan cukup luas, pemilihan tanaman hias dapat beraneka ragam. Sedangkan untuk lahan sempit, tanaman bonsai atau tanaman hias kecil yang tidak mudah berkembang menjadi salah satu pilihan yang tepat.

[Baca Juga: 3 Tanaman Hias yang Bantu Ademkan Rumah]

Perhatikan pula kondisi sekeliling lahan. Pemilihan cat rumah juga sangat mempengaruhi suasana taman. Jika ruang taman yang Anda miliki cenderung sempit Anda dapat menggunakan warna cat cerah untuk memberikan kesan lebih luas dan segar. Ornamen pendukung seperti jalan setapak, batu alam atau pun rumput merupakan ornamen taman yang biasanya digunakan untuk menyempurnakan tampilan taman.

Untuk membuat tampilan taman terkesan cantik dan rapi, sebaiknya pilih beberapa jenis tanaman saja, hal ini juga bertujuan untuk membuat taman tidak terkesan penuh sesak. Selain itu pilih tanaman hias yang multifungsi, tak hanya sedap dipandang, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan dan lingkungan.

Dari berbagai jenis tanaman hias, berikut adalah beberapa jenis tanaman mungkin menjadi pilihan tepat bagi taman rumah minimalis Anda.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis Kamboja

1) Kamboja

Ingin punya pekarangan rumah dengan sentuhan khas Bali? Coba tanam pohon Kamboja di halaman rumah, maka taman akan terlihat cantik oleh warna-warni pohon Kamboja. Pohon Kamboja merupakan pelengkap yang paling tepat bagi gaya arsitektur tradisional.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis Kembang Sepatu

2) Kembang Sepatu

Kembang sepatu memiliki berbagai variasi warna yang indah seperti merah, putih, hingga kuning. Bunga dengan nama asli Hibiscus rosa-sinensis ini memiliki kelopak yang indah dan mencolok, sehingga bakal membuat pekarangan rumah halaman rumah terlihat lebih segar dan mengesankan.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis Asoka

3) Asoka

Awalnya tanaman asal India ini adalah tanaman perdu yang biasa ditemui di hutan. Karena bunganya yang indah dengan warna cerah, akhirnya tanaman ini dibawa ke rumah dan menjadi tanaman hias. Bunga asoka tumbuh dengan bermacam warna, dari merah muda, merah terang, kuning, dan oranye. Bunganya kecil-kecil akan tersusun bergerombol.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis Pandan

4) Pandan

Tanaman pandan memiliki manfaat baik jika berada di pekarangan rumah, karena mampu mengusir serangga yang kerap singgah di depan halaman rumah karena kandungan alaminya yang tidak disukai oleh kecoak dan serangga lain.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis Siklok

5) Siklok

Siklok atau yang memiliki nama latin Agave attenuata merupakan tanaman dengan daun yang berbentuk runcing dan memiliki pangkal batang yang kuat. Tanaman siklok ini memiliki warna hijau keputihan dengan duri di tepian daun. Selain tahan terhadap panas, tanaman ini juga dapat hidup di tanah yang gembur atau berpasir.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis Bonsai

6) Bonsai

Bonsai merupakan salah satu tanaman hias yang dibentuk versi mini. Pada umumnya tanaman bonsai lebih didominasi tanaman kamboja dengan berbagai varietas. Tanaman bonsai sangat sesuai untuk taman minimalis karena selain dapat tumbuh di tempat yang kering, tanaman bonsai juga mudah dalam perawatan selain bentuknya yang mini dan sulit berkembang.

[Baca Juga: TPS Disulap Menjadi Taman Bunga Matahari]

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang sangat cocok untuk diterapkan pada konsep taman minimalis. Selain jenis bunga dan tanaman hias tersebut, Anda juga dapat menghiasi taman minimalis anda dengan bunga mawar, anggrek, melati air, maupun bunga matahari melalui perpaduan warnanya yang cerah. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Berita Kawasan

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

26 February 2020, 14:15

Akting memukau Elisabeth Moss membuat The Invisible Man tak hanya sukses membius penonton. Aktingnya menguatkan pesan dampak psikologis dari abusive relationship.


Comments


Please Login to leave a comment.