Pilihan Transportasi Dari dan Ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).jpg

Berita Kawasan

Pilihan Transportasi Bandara dari dan ke Yogyakarta International Airport

Bandara terbaru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yaitu Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) jaraknya sangat jauh dari pusat Kota Jogja, tentu berbeda dengan Bandara Adi Sucipto yang tidak terlalu jauh dan hanya memakan waktu selama 30 menit ke pusat kota.

Bandara yang terletak di Kulon Progo ini awalnya memang banyak yang ogah menggunakannya karena lokasinya yang jauh dan tak ada transportasi menuju dan ke arah YIA. Namun kini warga Jogja maupun wisatawan tak perlu khawatir karena sudah ada beberapa pilihan transportasi untuk menuju YIA.

[Baca Juga: Hentikan Penerbangan Komersil, 2 Bandara Jogja Sedia Konter Refund]

Melansir dari berbagai sumber (12/6/2020), total ada tiga moda transportasi yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah:

1) Kereta Api (KA) Bandara

KA Bandara sudah mulai beroperasi sejak 29 April 2019 lalu. KA bandara ini menghubungkan bandara Adisutjipto di Yogyakarta dengan YIA di Kecamatan Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Perjalanan dimulai dari Stasiun Tugu menuju Stasiun Wojo dan sebaliknya dengan melewati Stasiun Wates. Bahkan ada pula armada kereta yang berhenti di Stasiun Kebumen.

KA Bandara mulai beroperasi mulai pukul 03.00 WIB hingga 20.10 WIB untuk keberangkatan dari Tugu, sedangkan kereta pertama dari Stasiun Wojo ada mulai pukul 04.45 WIB hingga 21.30 WIB. Anda bisa membeli tiketnya dengan harga Rp60.000.

Catat! Tarif DAMRI Bandara Naik Hingga Rp15.000

2) Damri

KA Bandara memang tak beroperasi sampai bandara, maka dari itu Anda harus menggunakan transportasi darat dari Stasiun Wojo menuju YIA dengan waktu tempuh 15 menit dan harga tiket Rp10.000. Damri juga akan menyediakan trayek lain di antaranya, trayek Damri YIA ke Magelang, Kebumen, dan Purworejo.

Damri juga menyediakan trayek YIA ke Magelang maupun Borobudur dengan waktu lebih dari 1 jam 40 menit. Kemudian YIA-Kebumen sekitar 1 jam 20 menit dan ke Purworejo sekitar 50 menit. Trayek ini tentu akan muncul seiring bertambahnya jadwal penerbangan di YIA.

[Baca Juga: Catat! Tarif DAMRI Bandara Naik Hingga Rp15.000]

3) SatelQu

Selain Damri, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas shuttle bus yang bernama SatelQu. Bis ini menghubungkan Adisutjipto dan YIA dengan tarif Rp 50.000 sekali perjalanan. Mereka mengoperasikan satu unit kendaraan dari Adistjipto pukul 09.00 dan 10.00 ke YIA dan sebaliknya dari YIA-Adisutjipto pukul 13.00.

SatelQu melintasi Ringroad Utara maupun Selatan Yogyakarta, lewat Tugu, Hotel Ambarukmo, bahkan Malioboro, yang semua itu belum tentu bisa dinikmati oleh penumpang kereta. Semua tergantung arah penumpang.

Beberapa pilihan transportasi tersebut tentunya membuat Anda tak perlu khawatir lagi saat berkunjung ke Jogja menggunakan pesawat, apalagi sejak Maret lalu beberapa jadwal penerbangan sudah dipindahkan ke YIA khususnya penerbangan internasional.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.