Pilkada 2020 Tetap Digelar, Begini Protokol Kesehatan di TPS1.jpg

Berita Kawasan

Pilkada 2020 Tetap Digelar, Begini Protokol Kesehatan di TPS

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pemilihan Kepala Daerah telah diterbitkan pada 4 Mei lalu. Perppu yang lahir dari kesepakatan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ini mengamanatkan untuk tetap digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Tahun 2020.

Senada dengan itu, sebagaimana diberitakan kompas.com Kamis (11/6/2020), Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, menegaskan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember mendatang.

Pilkada 2020 Tetap Digelar, Begini Protokol Kesehatan di TPS2.jpg

"Kalau menunggu kapan Corona selesai juga tidak ada yang tahu. Sedangkan pemerintah itu perlu bekerja secara efektif. Artinya, kepala daerah-daerah itu harus definitif, kalau ditunda terus tanpa tahu kapan selesainya, itu kan pemerintahan nanti Plt (pelaksana tugas),” jelas Mahfud.

Adanya kepastian ini, KPU pun kini tengah menyiapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Selaras itu juga turut disiapkan protokol di tempat pemungutan suara (TPS) saat hari pencoblosan nanti. Ketua KPU Arief Budiman menyatakan setiap petugas nantinya juga dibekali vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular COVID-19. Nantinya bagi petugas yang bertugas di TPS harus memakai masker sejak dari rumah hingga di TPS.

"Protokol new normal di TPS. Nah ini khusus yang untuk di TPS, menggunakan masker sejak dari rumah. KPU juga menganggarkan penyediaan masker bagi pemilih, mencuci tangan dengan sabun cair pada tempat yang disiapkan. Jadi di setiap TPS itu ada gentong berisi air dan sabun cair. Dilarang bersalaman, dilarang berdekatan antara pemilik," kata Arief, dalam diskusi daring, dikutip detik.com Kamis (11/6/2020).

Lebih lanjut dia menuturkan, Nantinya di tiap TPS juga akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, KPU yang akan menyediakan alat pengukur suhunya. Sementara itu bagi pemilih juga akan disiapkan sarung tangan plastik. "Menggunakan sarung tangan plastik karena setiap pemilih yang masuk nanti kita berikan sarung tangan plastik supaya ketika mereka memegang surat suara, memegang alat coblos itu tidak terkontaminasi dengan yang lain," ujarnya.

Pilkada 2020 Tetap Digelar, Begini Protokol Kesehatan di TPS3.jpg

Selain itu KPU juga akan merutinkan penyemprotan disinfektan di tengah-tengah proses pemungutan, yaitu saat sebelum dimulai proses pemungutan, di tengah-tengah proses pemungutan, dan sebelum dimulainya penghitungan. Selain itu KPU mengungkapkan jumlah TPS yang ada diperkirakan lebih dari 300.000 TPS sehingga dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit untuk memenuhi kebutuhan anggaran alat-alat kesehatan seperti APD, sarung tangan, hand sanitizer, disinfektan, dan lainnya.

Arief juga menjamin, untuk melindungi hak pilih pasien COVID-19 yang dirawat di RS rujukan COVID-19, petugas KPU akan mendatangi RS rujukan COVID-19 dengan dilengkapi baju APD. Khusus bagi pemilih dengan bersuhu tubuh tinggi, disediakan bilik suara khusus.

Sementara, petugas PPK dan KPPS yang berusia di atas 45 tahun akan kembali dikonfirmasi kesediaannya untuk bertugas pada proses Pilkada. Meski demikian, KPU akan selalu berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 soal protokol yang ideal untuk diberlakukan saat diselenggarakan Pilkada 2020.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 2 months lalu
    anisa

    Slot Games QQHarian Terbaik & Terlengkap Se Indonesia Ingin menghasilkan uang asli hanya dengan bermain? Daftar sekarang di QQHARIAN ( bisa cari atau search di google )

  • Suki 2 years, 2 months lalu
    suki

    guys ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan...