Program Jarik Masjid

Berita Kawasan

Pimpin Gerakan Jarik Masjid, Hendi Edukasi Masyarakat Jaga Kebersihan Masjid

Gerakan Jarik Masjid atau Jumat Resik-Resik Masjid merupakan gerakan partisipasi masyarakat yang diinisiasi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada tahun 2017. Pada Jumat (16/4/2021), Hendi melanjutkan kembali gerakan Jarik Masjid di kota Semarang. Ia secara langsung memimpin kegiatan tersebut di Masjid Baiturrahman, Barusari, Semarang Selatan.

Menurutnya kegiatan Jarik Masjid pada tahun ini sekaligus menjadi upaya menjaga kesehatanmasyarakat dalam berkegiatan di seluruh Masjid di Kota Semarang. Hal ini mengingat beberapa kegiatan telah berlangsung di mesjid walaupun Pandemi COVID-19 masih melanda. "Tahun ini, dalam kegiatan Jarik Masjid kita tidak hanya membersihkan masjid dari kotoran yang tampak saja tetapi karena masih dalam pandemi COVID-19, maka kita juga melakukan penyemprotan disinfektan untuk membunuh virus-virus di sekitar kita," ujarnya seperti dilansir dari semarangkota.go.id (16/4/2021).

Program Jarik Masjid

Rencananya kegiatan Jarik Masjid pada Ramadhan tahun 2021 ini akan dilaksanakan secara serentak empat kali dalam satu bulan. Hendi dijadwalkan hadir langsung di empat lokasi, yaitu Masjid Baiturrahim Barusari, Masjid Siti Fatimah Abimanyu, Masjid Al Muslim Bojong Salaman dan Masjid Al Iman Semarang Utara. Dirinya mengatakan bahwa kegiatan Jarik masjid ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada jamaah untuk bersama-sama menjaga kebersihan, khususnya di tempat ibadah yaitu masjid.

Pihak Pemkot telah membuat surat edaran yang ditujukan kepada kepala wilayah untuk melaksanakan Jarik Masjid di RT dan RW. Ia berharap Jarik Masjid ini mendapat dukungan masyarakat Kota Semarang khususnya di masjid yang berada di wilayahnya masing-masing. “Kami sudah buat surat edaran kepada camat dan lurah untuk melaksanakan kegiatan jarik masjid ini di setiap Jumat di masjid masing-masing. Jadi misalkan di kelurahan tersebut ada empat masjid, pihak kelurahan dibagi ke empat masjid itu bersama dengan takmir masjid setempat melaksanakan jarik masjid," terangnya lagi.

[Baca Juga: Benarkah Berjemur Bisa Membunuh Virus Corona?]

Terkait Jarik Masjid dan petunjuk pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah Tahun 2021, Pemerintah Kota Semarang mengeluarkan Surat Edaran Nomor B/1627/451/ IV/ 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H di Kota Semarang. Surat edaran tersebut berisi tentang petunjuk pembersihan tempat ibadah khususnya masjid, diperbolehkannya sholat tarawih di seluruh masjid di Kota Semarang dengan protokol kesehatan di antaranya mempersiapkan sarana mencuci tangan, handsanitizer, thermogun, pemakaian masker bagi jamaah dan menjaga jarak di dalam masjid.

Selain itu ada anjuran kepada masyarakat untuk berbuka dan sahur di rumah masing-masing. Jika ada kultum atau tausiyah saat tarawih di Masjid dibatasi maksimal hanya 15 menit. Peringatan Nuzulul Quran dan Sholat Idul Fitri diperbolehkan dengan ketentuan jumlah audiens maksimal 50 persen dari kapasitas tempat ibadah dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.