PKK Jakarta Utara Olah Sampah Spanduk Kampanye Jadi Tas

Berita Kawasan

PKK Jakarta Utara Olah Sampah Spanduk Kampanye Jadi Tas

Berakhirnya pelaksanaan Pemilu 2019 hingga kini sebenarnya masih meninggalkan sisa sampah yang dulu sempat bermunculan di pohon, tiang, hingga papan di pinggiran jalan. Tentu saja yang dimaksud adalah sampah spanduk kampanye pemilihan presiden dan anggota legislatif. Melihat masih adanya keberadaan sampah tersebut, tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jakarta Utara memutuskan untuk mengolahnya menjadi tas belanja.

PKK Jakarta Utara Olah Sampah Spanduk Kampanye Jadi Tas

“Inspirasinya datang ketika melihat banyak spanduk yang menumpuk dan sudah tidak terpakai lagi. Kalau dibiarkan saja akan menjadi sampah, akhirnya kita sepakat untuk mengolah sampah spanduk ini menjadi tas yang bisa dipakai belanja ke pasar,” ucap Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Utara Rosnawati Lologau di Tempat Kumpul Kreatif Jakarta Utara, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (11/7/2019).

[Baca Juga: Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang]

Dalam kegiatan ini, tim Penggerak PKK Jakarta Utara juga mengajak sekitar 50 anggota PKK Pokja II yang berasal dari enam kecamatan untuk mengikut proses pelatihan pengolahan sampah spanduk. Menurut Rosnawati, pelatihan ini baik untuk peningkatan keahlian para anggota PKK dalam daur ulang sampah spanduk.

“Sampah spanduk yang sudah tidak terpakai itu kita olah menjadi sesuatu yang bisa digunakan kembali yaitu tas belanja. Jadi kalau mau ke pasar kita bisa bawa tas spanduk ini sehingga mengurangi penggunaan sampah plastik,” tutur Wakil Ketua II Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Utara Siti Nurlaila.

PKK Jakarta Utara Olah Sampah Spanduk Kampanye Jadi Tas

Pada hari pertama, puluhan anggota PKK Pokja II tersebut akan mengikuti pelatihan teori serta praktek untuk mengenai pembuatan pola tas belanja dengan bahan dasar spanduk, termasuk proses pembersihannya. Selanjutnya di hari kedua mereka akan mendapatkan bekal terkait proses produksinya hingga menjadi barang siap pakai.

[Baca Juga: 3 Furnitur Ini Bisa Dibuat dari Sampah]

Selain menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi, pelatihan anggota PKK dari enam kecamatan di Jakarta Utara itu dipandang juga penting untuk kebersihan lingkungan dari sampah spanduk. “Mereka juga ikut berpartisipasi dalam upaya mengurangi sampah dengan cara mendaur ulang. Kami harap peserta bisa menularkan kemampuannya kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing,” ujar Siti.

Para peserta pelatihan pengolahan sampah spanduk ini juga merasa senang karena mereka mendapatkan tambahan ilmu yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Salah satu peserta bahkan menyatakan, pelatihan ini juga menjadi ajang silaturahmi di antara para anggota PKK dari kecamatan lain di Jakarta Utara.

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  4 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.