PKK Jakpus Sajikan Kuliner Khas Betawi

Berita Kawasan

PKK Jakpus Adakah Lomba Kuliner Betawi di Setu Babakan

Berbagai macam kuliner khas Betawi bisa Anda temukan di Jakarta. Anda dapat dengan mudah menemukannya di berbagai jalanan Ibu Kota Jakarta. Namun, kuliner khas betawi yang hampir punah alias sangat jarang Anda temukan, bisa ditemukan di wilayah Setu Babakan.

Setu Babakan merupakan tempat wisata yang memiliki ciri khas perkampungan budaya Betawi. Di tempat inilah berbagai macam kesenian, kultur budaya, serta kuliner khas Betawi tersedia di sini, yang berlokasi di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Lokasi ini juga seringkali menyelenggarakan event khas Betawi yang tidak pernah sepi. Melansir pusat.jakarta.go.id (24/6/2019), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jakarta Pusat mengikuti lomba kuliner khas betawi tingkat Provinsi DKI Jakarta di kawasan perkampungan Betawi Setu Babakan.

[Baca Juga: Merawat Budaya Kuliner Betawi dengan Berjualan Bir Pletok]

Dalam lomba tersebut tersedia berbagai khas kuliner Betawi yang ikut dilombakan. Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Pusat, Chintya Ayuningrum menjelaskan dalam lomba kuliner ini PKK Jakpus menyajikan hidangan khas Betawi berupa pindang bandeng, kue bugis, semur jengkol, pecak peda, dan buah khas Betawi seperti buah menteng dan alkesah. Dan, ada juga makanan yang langsung dimasak saat perlombaan tersebut, seperti memasak kerak telor.

Ketua TIM PKK Chintya menjelaskan dirinya Ibu Wakil Wali Kota serta Ibu Sekretaris Kota akan memasak langsung dan menyajikannya.

[Baca Juga: Walau Bau, Jengkol Jadi Makanan Favorit Orang Betawi]

Lomba ini sudah disiapkan TP PKK dengan matang. Maka dari itu, Chintya mengaku telah membagi tugas ke berbagai SKPD untuk membantu menyiapkan berbagai kuliner khas Betawi yang akan dilombakannya. Sementara itu, untuk persiapan lomba masak kerak telor, ia sudah belajar langsung dari pedagang kerak telor di Lapangan Banteng.

"Kita belajar langsung dari ahlinya, supaya tidak melenceng dari pakem yang sudah ada. Kita sudah berusaha yang terbaik, harapannya tentu bisa menjadi pemenang," jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua PKK Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati menegaskan, diadakannya perlombaan kuliner khas Betawi ini dalam rangka melestarikan budaya dan makanan khas Betawi. Sehingga masyarakat dapat mengenal dan menikmati kuliner khas Betawi.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.