PKL Ditertibkan Agar Warga Bisa Nikmati Hijaunya Jalan Semeru Bogor

Berita Kawasan

PKL Ditertibkan Agar Warga Bisa Nikmati Hijaunya Jalan Semeru Bogor

Mungkin bagi warga yang berasal dari Kota Hujan, Jalan Semeru Bogor dipandang hanya sebagai jalan biasa. Namun, jalan ini sebenarnya juga dikenal sebagai lokasi hijau yang dipenuhi pohon rindang nan hijau sehingga menimbulkan kesan yang sejuk. Sayangnya, beberapa titik di jalan ini dipenuhi pedagang kaki lima (PKL), khususnya di trotoar, sehingga menyulitkan pejalan kaki menikmati area ini. Oleh karena itulah Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memutuskan untuk melakukan penertiban PKL di sana.

PKL Ditertibkan Agar Warga Bisa Nikmati Hijaunya Jalan Semeru Bogor

Penertiban PKL ini dilakukan Dinas Pertamanan Kota Bogor bersama puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pada 5 Juli 2019. Para PKL yang ditertibkan dipandang mendirikan lapak yang menghalangi fasilitas umum seperti yang ada di samping Rumah Sakit Mata Ainun. Kegiatan ini disebut merupakan tindak lanjut dari pantauan Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim di area Jalan Semeru yang kala itu sempat disosialisasikan bahwa akan ada penertiban PKL di sana.

“PKL yang ditertibkan hari ini adalah (berada di-red) spot atau area yang harus kosong. Artinya harus terbuka dan tidak boleh ada pedagang yang berjualan di sekitarnya. Hari ini semua PKL yang berada di sekitar lapangan sepak bola kita tertibkan dan tidak boleh ada yang berjualan lagi,” ujar Kepala Satpol PP Kota Bogor Herry Karnadi, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (8/7/2019).

[Baca Juga: Waterfront City Akan Ada di Kawasan Sempur dan Pulo Geulis]

Lurah Menteng Siswanto juga turut ikut dalam penertiban PKL tersebut. Ia menjelaskan, penertiban ini dilakukan guna membuat para pejalan kaki di trotoar Jalan Semeru merasa nyaman. “Tidak terhalang atau bahkan tertutup oleh PKL, selain itu juga untuk mempercantik wajah kota,” jelasnya.

Menurut Siswanto, banyak warganya yang kerap mengeluhkan dengan keberadaan para PKL di trotoar Jalan Semeru Bogor. Para warga memandang keberadaan PKL membuat jalan Semeru menjadi terlihat kumuh dan menyulitkan mereka untuk berjalan di trotoar dekat area Bogor Gold hingga pertigaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor.

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

Sekadar informasi, Jalan Semeru Bogor merupakan penghubung Jalan Raya Cilendek di bagian utaranya dan Jalan Perintis Kemerdekaan di bagian selatannya. Selain itu, jalan ini juga kerap menjadi jalan pintas menuju RSUD Kota Bogor. Namun yang menjadi penarik perhatian di Jalan Semeru adalah rindangnya pepohonan besar yang ada di sana sehingga membuat para pejalan kaki dapat menikmati suasananya. Selain itu, jalan ini juga termasuk saksi sejarah mengingat Jalan Semeru yang dulu memiliki nama Tjilendek Weg sudah ada semenjak era Kolonialisasi Belanda.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.