PKT Segera Digelar, Pemprov Gencar Jaring Warga Jakarta

Bisnis

PKT Segera Digelar, Pemprov Gencar Jaring Warga Jakarta

Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) adalah program yang diprakarsai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di tahun 2018 silam. Sejak dijalankan pada Maret 2019, program ini telah mencetak ribuan pelaku wirausaha dari beragam sektor, dengan pencapaian yang diklaim melampaui target.

Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta pun bermaksud mengulang kembali sejarah baik itu. Kegiatan sosialisasi PKT kiat gencar dilakukan di tingkat-tingkat Kelurahan, salah satunya Kelurahan Cililitan Jakarta Timur. Dilansir beritajakarta.id (18/2/2020) kemarin, Kelurahan Cililitan telah menggelar acara sosialisasi PKT.

Program PKT Meningkatkan Pendapatan UKM Saat Bazar.jpg

Dalam perhelatan itu, turut juga menyampaikan pada warga bahwa pelatihan PKT tahun 2020 akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Karenanya, diharapkan para warga yang hadir turut berperan mengajak warga lainnya agar mau menjadi partisipan.

“Sosialisasi dilakukan agar peserta nantinya menyampaikan ke masyarakat luas. Bahwa kita akan menggelar pengembangan kewirausahaan terpadu, nantinya masyarakat boleh memilih salah satu jenis pelatihan yang sesuai dengan yang diminatinya,” jelas Kabag Perekonomian Pemkot Jakarta Timur Yeni Asnita.

[Baca Juga: Program PKT Meningkatkan Pendapatan UKM Saat Bazar]

Acara sosialisasi ini sukses menghadirkan 54 peserta pelatihan yang terdiri dari para ketua RT/RW, perwakilan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan kader PKK. Selain itu ada juga warga yang sudah memiliki usaha turut diundang dan menghadiri acara sosialisasi. “Diharapkan warga akan berwirausaha mengikuti pelatihan. Nantinya mereka dibantu untuk mengurus perizinan hingga bantuan permodalan,” sambung Agung Budi Santoso, Lurah Cililitan.

Bagi warga Jakarta yang berminat untuk menjadi peserta, segera mendaftar. Proses pendaftarannya pun terbilang mudah alias tidak menyulitkan. Dilansir pktdev.jakarta.go.id, sebagai syarat pendaftaran warga cukup membawa fotocopy KTP DKI Jakarta dan fotocopy KK ke sekretariat PKT di Kecamatan terdekat.

[Baca Juga: Produksi Minuman Binaan PKT Laris Terjual di Job Fair]

Nantinya, warga yang telah mendaftar akan mendapatkan pelatihan selama empat hari (sektor makanan, minuman, fesyen, dan kerajinan) dan dua hari (sektor sabun detergen). Selain itu, warga juga difasilitasi untuk perizinan sertifikat halal, perizinan hak merk, perizinan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil), desain kemasan, informasi pemasaran dan pendampingan dalam pembuatan pembukuan laporan keuangan.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi-Kapulaga-Sumut-Tetap-Melesat-6.jpg

Berita Kawasan

Ekspor Kapulaga Sumatera Utara Tetap Melesat di Masa Pandemi

14 July 2020, 20:00

Jumlah ekspor kapulaga tetap meningkat meskipun sedang masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tak terlepas dari kualitas yang dihasilkan.

Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

14 July 2020, 19:00

Film dokumenter ini bakal tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 di Kanada.

toba-unesco-2.jpg

Berita Kawasan

Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

14 July 2020, 18:00

Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO.

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

14 July 2020, 17:00

Melalui sosialisasi mengenai Perwal adaptasi kebiasaan baru, Pemkot Medan berharap Stikes Senior dapat menjadi influencer new normal.


Comments


Please Login to leave a comment.