Plastavfall7.jpg

Bisnis

Plastavfall Solution, Olah Pilah Limbah Kurangi Pasokan Sampah ke TPA

Bermula dari keresahannya terhadap sampah, pasangan ini menginisiasi sebuah gerakan cinta lingkungan dengan konsep zero waste. Zero waste yang mereka terapkan bukan hanya bijak dalam mengolah sampah atau meminimalisir penggunaan plastik, tapi juga mengajarkan lingkungan sekitarnya untuk dapat mendayagunakan segala sesuatu dengan lebih maksimal. Tak melulu soal recycle, gerakan mereka pun berpedoman pada 7R, yakni Rot, Refuse, Reduce, Reuse, Rethink, Repurpose Repair, barulah Recycle. Pasangan tersebut adalah Adora Beata Bethari dan Reza Ramadhan Tarik.

Melalui wawancara PingPoint bersama Adora Beata Bethari atau yang lebih akrab disapa Bea pada (06/10/21), Bea menceritakan bahwa awal mula terbentuknya gerakan ini adalah karena sang suami, Reza Tarik memiliki kesadaran terhadap isu lingkungan, terutama sampah. Sehingga terbentuklah Plastavfall pada tahun 2016 yang berbasis di Bandung.

Plastavfall.jpg

Menurut Bea, terbentuknya Plastavfall bukan semata hobi atau mencari keuntungan dalam mengolah sampah, tetapi lebih ke kesadaran pribadi. Karena menurutnya, masalah sampah bukan hanya urusan Pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama. “Jadi tujuan Plastavfall tuh untuk sama-sama mengurangi sampah ke landfill atau TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Kita sama-sama belajar, bertumbuh bersama bijak kelola sampah untuk lebih bertanggung jawab pada sampah yang dihasilkan.” ungkap Bea pada PingPoint dalam pesan suara Whatsapp.

Sebenernya Plastavfall tuh pengen mengajak semua kalangan masyarakat bahwa sampah tuh bukan cuma permasalahan negara, bukan masalah pemerintahan doang, tapi permasalahan itu lebih ke manusia, lebih ke kita sebagai makhluk hidup yang bisa melakukan sesuatu untuk bikin bumi lebih baik.” sambungnya.

Plastavfall8.jpg

Mulanya Plastavfall lebih fokus pada pengolahan sampah plastik, namun seiring berjalannya waktu, Plastavfall menemukan bahwa ternyata tak hanya sampah plastik saja yang menggunung di TPA, melainkan sampah organik yang mendominasi di pembuangan akhir dengan persentase angka mencapai 60% berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2019. Sehingga Plastavfall melakukan pendekatan untuk memilah sampah organik dengan membuat beberapa segmentasi yakni, yakni Plastavfall Solution, Plastavfall Bank, dan Backyard Plastavfall.

Plastavfall1.jpg

Plastavfall Solution merupakan waste management, service , recycle and composting facility yang bertugas untuk memanage dan mengolah sampah, baik plastik maupun organik agar dapat dimanfaatkan dengan baik hingga menjadi siklus yang berkelanjutan serta tidak mencemari lingkungan. Plastavfall Bank sendiri memiliki program yang sudah berjalan selama satu tahun terakhir, yaitu Waste to Table. Waste to Table adalah program untuk mengelola dan mengolah limbah organik masyarakat menjadi pupuk, yang selanjutnya digunakan untuk bercocok tanam dan menghasilkan sayuran serta pangan sehat.

[Baca Juga: Marimas Manfaatkan Sampah Plastik Bangun Taman Ecobrick di Semarang]

Sedangkan Plastavfall Bank merupakan pendekatan dari Plastavfall Solution yang berperan sebagai bank sampah. Bea pun menuturkan bahwa, tak mudah untuk meminta seseorang agar mengurangi penggunaan plastik, memilah sampah, atau bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan. Maka hadirlah Plastavfall Bank sebagai media untuk mengajak masyarakat agar mau memiliah, menabung dan menukar sampah mereka dengan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Plastavfall10.jpg

Cara kerjanya, Plastavfall Bank sebisa mungkin tidak membudayakan menukar sampah dengan uang, karena khawatirnya orang akan gemar nyampah jika ternyata sampah dapat menghasilkan uang. Plastavfall Bank justru melihat dari sisi kebutuhan konsumen. Misalnya, untuk kalangan pebisnis atau yang tergolong dalam segmen ekonomi menengah ke atas, sampah dapat ditukar dengan bibit tanaman, pupuk hasil pengolahan sampah organik, sayuran, dan produk-produk homemade lainnya.

[Baca Juga: Semarang Pilah Sampah, Selamatkan Lingkungan Berbasis Minyak Jelantah]

Plastavfall Bank juga menyediakan layanan penjemputan sampah organik untuk café-café / restoran, sekolah, serta limbah organik rumah tangga dengan hanya membayar fee penjemputan dan pengolahannya saja. Lalu untuk kalangan masyarakat yang segmentasi ekonominya menengah ke bawah, seperti pemulung misalnya, sampah dapat diperjual-belikan atau ditukar dengan minyak, gas elpiji, atau kebutuhan pokok lainnya.

Plastavfall2.jpg

Berada di kawasan Ujung Berung, tepatnya di Jalan Palintang, Cipanjalu, Kabutapan Bandung, Backyard Plastavfall yang juga bagian dari Plastavfall Solution merupakan siklus akhir dari hasil pemilahan sampah dan proses pengolahan sampah organik menjadi pupuk organik. Bea mengatakan, Backyard Plastavfall adalah representasi halaman belakang rumah yang dijadikan sebagai lahan berkebun. Hasil panen Backyard Plastavfall pun beragam, mulai dari selada, pakcoy, sawi, tomat, cabai, dan masih banyak lagi.

Plastavfall3.jpg

Sayuran-sayuran tersebut selanjutnya dijadikan sebagai alat tukar bagi konsumen yang menampung sampahnya di Plastavfall Bank. Tak hanya itu, Backyard Plastavfall pun turut mengajak petani-petani sekitar untuk menggunakan pupuk organik hasil olahan Plastavfall demi hasil panen yang lebih baik. Serta turut membantu memasarkan hasil panen petani sekitar dalam program Palintang Pride. Geliat Plastavfall dalam setiap kegiatannya bertujuan untuk turut membantu menyelamatkan bumi dengan mengurangi pasokan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir.

Plastavfall6.jpg

Jika kalian ingin turut serta membantu menyelamatkan bumi dan belajar mengenai konsep zero waste, kalian bisa memulai dengan stalking-stalking Instagram Plastavfall; @plastavfall, @plastavfallbank, @backyardplastavfall. Dan mulailah bijak dalam memilah serta bertanggung jawab pada sampah yang kalian hasilkan.


Read More

Plastavfall

Waste Management Company

0822-9503-2477
None

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.