ads
Platform MadingSekolah.id Berguna untuk Seluruh Pelajar Indonesia

Pendidikan

Platform MadingSekolah.id Berguna untuk Seluruh Pelajar Indonesia

Majalah Dinding atau Mading tentu sangat akrab dengan dunia sekolah. Mading biasanya kita jumpai di dinding sekolah, namun kini kita bisa melihat mading dalam tampilan online yang dapat dibaca oleh pelajar di Indonesia bahkan seluruh dunia dengan hadirnya platform madingsekolah.id.

Mengutip langsung dari madingsekolah.id (18/3/2019), platform madingsekolah.id adalah portal komunikasi antar pelajar sekolah menengah seluruh Indonesia secara online. Mading online ini merupakan hasil kerjasama Maarif Institute, Love Frankie, Yayasan Ruang Guru, Peace Generation, Cameo Project dan didukung oleh Google Indonesia dalam rangka melestarikan budaya mading di sekolah.

[Baca Juga: 3 Soal Utama dalam Pembangunan Pendidikan di Indonesia]

Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Siber Kreasi dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) juga turut mendukung terciptanya madingsekolah.id. Misi yang dimiliki tim madingsekolah.id adalah memberikan fasilitas generasi muda yang memiliki kemampuan multimedia dan jurnalistik dengan harapan anak-anak muda Indonesia menjadi lebih skillfull sehingga dapat bersaing di masa depan dan menggunakannya untuk hal yang positif.

Dalam platform madingsekolah.id sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti mading konvensional yang dapat dilihat di dinding sekolah yakni sebagai sumber informasi dan ajang kreativitas. Namun dengan hadirnya madingsekolah.id bisa semakin mendukung kreativitas seluruh siswa sekolah dan guru di Indonesia.

[Baca Juga: 5 Tips Memilih Sekolah Anak]

Seluruh pelajar di Indonesia bisa membentuk tim dan memasukkan konten kreatif dalam bentuk artikel, desain, animasi, fotografi hingga video yang bisa dilihat oleh siapapun dari seluruh pelosok negeri hingga dunia.

Madingsekolah.id hingga kini sudah memiliki 18 sekolah yang mendaftar dari provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan untuk bisa berkreativitas dan berbagi informasi dalam platform tersebut.

Selain menjadi platform mading online yang bisa digunakan seluruh pelajar Indonesia untuk memuat konten kreatifnya, madingsekolah.id juga mengajak para generasi muda untuk mengikuti workshop dan roadshow untuk menjadi Creator Muda di bidang fotografi, videografi, story telling dan desain yang handal dalam CreatorMuda Academy yang akan diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia.

[Baca Juga: Pancing Minat Baca dengan Mendongeng]

Mengutip akun Instagram madingsekolah.id @madingsekolah.id (18/3/2019), para creator muda harus memenuhi beberapa syarat untuk bisa mengikuti workshop dan roadshow CreatorMuda Academy di antaranya adalah :

  1. Mengajak teman-teman para creator muda yang hobi menulis, desain grafis, video dan foto.
  2. Lalu bentuk sebuah tim yang terdiri dari lima orang (dari sekolah yang sama)
  3. Kirim portofolio tim Anda yang terdiri dari satu artikel, satu video, satu foto dan satu desain terbaik.
  4. Buat ide konsep majalah dinding yang kreatif versi tim Anda dengan tema Keberagaman di Sekolahku
  5. Wajib melampirkan surat izin atau surat tugas dari sekolah
  6. Kirim semua persyaratan di atas ke email yang tertera di akun Instagram @madingsekolah.id
  7. Konfirmasi email Anda ke nomor yang juga tertera di akun Instagram @madingsekolah.id

Bagi seluruh pelajar di Indonesia, jangan sia-siakan kesempatan untuk bisa menyalurkan kreativitas kalian di mading online madingsekolah.id dengan hal-hal postif dan untuk mengasah kemampuan melalui workshop dan roadshow CreatorMuda Academy. Selamat berkreativitas generasi muda Indonesia!

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads