Mal Plaza Kalibata Hadirkan Pameran dan Kontes Ikan Hias

Berita Kawasan

Plaza Kalibata Hadirkan Pameran dan Kontes Ikan Hias

Sedang mencari ikan hias? Atau bingung mau menghabiskan akhir pekan ini ke mana? Bagi Anda yang menyukai ikan hias, atau bahkan sedang ingin berburu ikan hias, sebaiknya sambangi Plaza Kalibata. Mengapa? Karena mulai tanggal 31 Juli 2019 sampai 4 Agustus 2019, mal yang berada di kawasan Kalibata ini menghadirkan Pameran dan Kontes Ikan Hias.

Pameran dan Kontes Ikan Hias bisa dikunjungi mulai pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Kegiatan ini dibuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya apa pun alias gratis. Selain bisa membeli ragam ikan hias di stan pameran, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan, seperti Lokakarya Bangun Industri Ikan Hias di Era 4.0, Temu Usaha Ikan Hias yang bertajuk Upaya Memperluas Pasar Ikan Hias, dan lain sebagainya.

Plaza Kalibata Hadirkan Pameran dan Kontes Ikan Hias

Acara yang bertujuan membudidayakan ikan hias ini melibatkan sekitar 500 peserta pameran dan kontes, yang terdiri pelaku usaha ikan hias, perusahaan swasta bidang perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), komunitas ikan hias, dan pembudidaya ikan hias binaan Sudin KPKP di lima wilayah kota administrasi sebagaimana dilansir beritajakarta.id (31/7/2019).

Pembukaan kegiatan yang menghadirkan ragam ikan hias nan lucu ini dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Darjamuni di hari pertama, yaitu tanggal 31 Juli 2019. Menurutnya, Pameran dan Kontes Ikan Hias ini menjadi perwujudan dan perhatian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada para pelaku usaha atau pembudidaya ikan hias. Terutama pelaku usaha kecil dan menengah, karena peserta pameran ikan hias ini mayoritas diikuti pembudidaya ikan hias rumahan atau dari kelas menengah ke bawah. Acara ini sekaligus bisa menjadi ajang pertemuan, diskusi, konsultasi, pemasaran, serta peningkatan jaringan antar pelaku usaha.

[Baca Juga: Tilik Kelengkapan Kios di Sentra Ikan Hias Raden Inten]

"Kami ingin membangkitkan kembali mulai dari masyarakat bawah yang memang pelaku utamanya. Dia bukan pengusaha besar, tapi pengusaha besar tanpa mereka tidak ada artinya. Mereka ini yang memproduksi dari bawah," ujarnya.

Dia menilai, industri ikan hias merupakan salah satu produk unggulan di Ibu Kota. Sehingga, dengan adanya acara ini bisa membangkitkan industri ikan hias di Jakarta. "Melihat potensi air dan lahan yang kecil sekali untuk industri perikanan, salah satu yang bisa kita berdayakan atau kembangkan adalah industri ikan hias ini," tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya ingin Pameran dan Kontes Ikan Hias ini bisa menjadi kegiatan rutin tahunan dalam rangka menggeliatkan kembali industri ikan hias di Jakarta. "Kami akan mendukung agar menjadi event tetap untuk lebih besar lagi kalau di tahun depan. Kami persiapkan seoptimal mungkin kalau bisa di tempat yang lebih besar lagi," ungkapnya.

[Baca Juga: Pasar Ikan Modern Jadi Destinasi Wisata Pesisir Baru]

Sementara, Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia (BPRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja berpendapat, Pameran dan Kontes Ikan Hias ini merupakan suatu prakarsa luar biasa yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP. Dia pun ingin turut mendorong industri ikan hias bisa bertransformasi yang awalnya bisnis atau usaha rumah tangga secara tradisional, agar bisa berkembang seiring perkembangan teknologi digital. 

"Melalui era digital 4.0 kita harus mengubah pola pikir. Ikan hias bukan lagi komoditas yang eksklusif milik perorangan dengan target ekspor, tapi punya tempat di hati masyarakat. Bisa lebih dipromosikan melalui media sosial agar semakin banyak generasi muda yang tertarik," tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.